Hari/tanggal : Selasa/06 Agustus 2019
Tema/subtema : 2. Selalu Berhemat Energi/1.
Sumber Energi
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah
mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks
visual yang diamati dengan terperinci.
· Setelah
mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks
visual yang diamati dengan terperinci.
· Setelah
mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual
yang diamati dengan terperinci.
· Dengan
percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
· Setelah
percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.
· Dengan
diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam
dan pemanfaatannya dengan tepat.
· Dengan
diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber
daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
IPA (KD 3. 5)
Materi Ajar : Energi Matahari
dalam Kehidupan Sehari-hari
Rangkuman Materi :
Ø
Energi
adalah kemampuan untuk melakukan kerja.
Ø
Energi
tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan tetapi energi dapat
berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Ø
Energi
dihasilkan oleh sumber energi/penghasil energi disebut sumber energi.
Ø
Sumber
energi terbesar di bumi adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas
dan energi cahaya. Matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan mahluk
hidup lain di bumi. Berikut contoh manfaat matahari sebagai sumber energi :
1.
Panas
matahari membantu aktivitas manusia misalnya untuk mengeringkan pakaian,
menguapkan air laut untuk membuat garam, dan mengeringkan bahan makanan .
2.
Panas
matahari menguapkan air di permukaan bumi dalam peristiwa daur air.
3.
Panas
matahari mempertahankan suhu atmosfer bumi/panas matahari membuat bumi menjadi
hangat sehingga dapat menjadi tempat tinggal mahluk hidup.
4.
Cahaya
matahari membantu proses fotosintesistumbuhan untuk tumbuh, fotosintesis juga
menghasilkan oksigen dan bahan makanan untuk mahluk hidup lain.
5.
Cahaya
matahari menerangi permukaan bumi.
6.
Cahaya
matahari dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik, penggunaan panel surya
memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik.
Bahasa
Indonesia (KD 3. 2)
Materi Ajar : Gagasan Pokok dan
Gagasan Pendukung Teks Visual
Rangkuman Materi :
Ø
Menemukan
informasi penting dengan menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
teks visual dapat dilakukan dengan mengamati gambar yang disajikan.
Ø
Mengolah
informasi teks visual adalah mengolah sumber data berupa gambar menjadi sebuah
informasi yang lebih jelas.
Ø
Salah
satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat peta pikiran.
Contoh :
Materi Ajar : Sumber Daya Alam
dan Pemanfaatannya.
Rangkuman Materi :
Ø
Energi
yang digunakan oleh mahluk hidup berasal dari alam.
Ø
Segala
sesuatu yang berasal dari alam/kekayaan alam berupa benda mati maupun benda
hidup dan dimanfaatkan untuk melangsungkan hidup disebut Sumber Daya Alam
(SDA).
Ø
Sumber
Daya Alam (SDA) ada dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan
sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Ø
Sumber
Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat
digunakan berulang-ulang dan dapat dilestarika, contohnya tumbuhan, hewan, air,
udara, dan sinar matahari.
Ø
Sumber
Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang
jumlahnya terbatas karena proses terbentuknya membutuhkan waktu berjutaan
tahun, contohnya minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, intan, dan bahan
tambang lainnya.
Ø
Setiap
daerah mempunyai potensi sumber daya alam yang berbeda. Sumber daya alam
berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Misalnya penduduk di daerah
pegunungan berprofesi sebagai petani atau peternak hewan, penduduk di tepi
pantai berprofesi sebagai nelayan atau petani garam.
Ø Setiap daerah saling berhubungan meskipun memiliki sumber daya alam yang berbeda. Misalnya penduduk di pegunungan dapat menikmati sumber daya alam yang dihasilkan di tepi pantai, begitu juga sebaliknya. Hal itu dapat terjadi karena penduduk di tiap daerah menjual hasil sumber daya alamnya ke daerah lain.
Ø Setiap daerah saling berhubungan meskipun memiliki sumber daya alam yang berbeda. Misalnya penduduk di pegunungan dapat menikmati sumber daya alam yang dihasilkan di tepi pantai, begitu juga sebaliknya. Hal itu dapat terjadi karena penduduk di tiap daerah menjual hasil sumber daya alamnya ke daerah lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar