13/08/24

Matematika & Pend. Pancasila

  Hari/Tanggal : Rabu/14 Agustus 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Menyebutkan contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

  3. Menerapkan pengamalan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Peserta didik dapat menyebutkan contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah
  3. Peserta didik dapat menerapkan pengamalan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita melaksanakan penilaian harian untuk mata pelajaran pendidikan Pancasila dan matematika. Alhamdulillah materi di bab 1 telah kita tuntaskan dengan baik yaa^^

Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta contoh-contoh pengamalam nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.  Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Matematika


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^





Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa penjumlahan merupakan penggabungan bilangan. Penjumlahan digunakan untuk mengetahui jumlah dari gabungan kelompok benda.

Mari perhatikan contoh berikut ini.

balok kuning berjumlah 3 dan balok biru berjumlah 2, apabila digabungkan maka hasilnya adalah 5.


Nah anak-anak untuk melatih kemampuan kalian dalam melakukan operasi hitung pemjulahan, ayo kerjakan soal-soal di bawah ini:
Noted: Kerjakan di buku tulis matematika yaa anak-anak^^


📌Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video tentang penerapan nilia-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari berikut ini^^ 

Nah anak-anak dari video di atas pelajaran apa yang dapat kita ambil?
Pertama, sebelum makan hendaklah membaca do'a terlebih dahulu, dengan melakukan hal ini itu tandanya kita telah mengamalkan nili Pancasila sila ke 1 yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna dan nilai yang luhur. Hal ini tak hanya memberi identitas kepada bangsa dan negara, tetapi dijadikan sebagai pedoman aturan dan perbuatan bagi masyarakat. Oleh karena itu, anak-anak perlu mengetahui dan memahami contoh pengamalam nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

1. Pengamalan Sila ke-1 (Ketuhanan Yang Maha Esa)
  • Rajin beribadah dan berdo'a
  • Melakukan murojaah atau mengaji
  • Bersedekah
  • Menghormati saudara, teman yang berbeda agama
  • Menghormati dan menghargai hari-hari besar keagamaan teman yang berbeda agama

2. Pengamalan Sila ke-2 (Kemanusiaan yang adil dan beradab)
  • Saling tolong menolong sesama manusia
  • Tidak mengejek dan melecehkan sesama teman
  • Membantu dan menghormati orang tua dan saudara di rumah
  • Menghormati antar sesama suku
  • Berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan di sekolah atau masyarakat

3. Pengamalan Sila ke-3 (Persatuan Indonesia)
  • Mengikuti upacara di Sekolah
  • Mempelajari lagu, tarian atau kebudayaan dari daerah lain
  • Selalu menjaga kerukunan dengan sesama anggota keluarga di rumah
  • Menjadi perwakilan sekolah saat mengikuti lomba atau acara tertentu
  • Cinta produk Indoenesia

4. Pengamalan Sila ke-4 (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan)
  • Melakukan musyawarah pemilihan ketua kelas
  • Melakuka kerja kelompok dengan tertib
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Menyelesaikan masalah dengan musyawarah
  • Tidak main hakim sendiri

5. Pengamalan Sila ke-5 (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia)
  • Tidak membeda-bedakan teman baik suku, agama, dan budayanya
  • Bersikap adil kepada sesama teman 
  • Menghargai hasil karya orang lain
  • Memberikan bantuan kepada teman yang sedang kesusahan
  • Hidup hemat

AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Bertemu dengan teman baru di sekolah. Sebaiknya sikap yang kita lakukan adalah....
  2. Sikap yang kita lakukan jika teman sedang terjatuh adalah....
  3. Sikap yang bisa dicontoh dari sila ke-3 pancasila adalah....
  4. Berdikusi dalam mengerjakan tugas kelompok adalah contoh sikap yang sesuai dengan pancasila sila ke.....
  5. Bersyukur dan berdoa merupakan pengamalan nilai pancasila ke....



 📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik dapat memahami materi operasi hitung penjumlahan sampai 10 dengan cukup baik, hanya saja masih terdapat beberapa peserta didik yang memerlukan bimbingan dan arahan dalam menuliskan bentuk angka dengan benar. Serta untuk materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Alhamdulillah peserta didik dapat memahaminya denyan baik. 


Dokumentasi hari ini:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar