26/08/24

Matematika & Seni rupa

 Hari/Tanggal : Selasa/27 Agustus 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd.


  📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber

  3. Mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometris dan non geometris

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dengan benar
  2. Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentukyang digambarnya.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang hubungan jumlah bulu pada burung Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indoensia serta menulis kata yang di awali suku kata ha-, hi-, hu-, he-, dan ho. Nah, untuk hari ini kita akan mempelajari materi tentang operasi hitung penjumlahan serta melaksanakn (PH) Seni RupaOke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Matemtika


Perhatikan gambar berikut!


Berapakah banyak bunga semuanya?
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
                        4 + 5 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
2. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 3 tangkai bunga kuning
                       5 + 3 = 8, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 8 bunga.
3. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 4 tangkai bunga kuning
                       5 + 4 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.

AYO BERLATIH!

1.      Ada 4 mobil yang sudah parkir

Jika ada 3 mobil lagi yang datang

Manakah gambar yang sesuai dengan cerita di atas?



📌Materi Seni Rupa


GARIS MEMBUAT BENTUK




Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


AYO BERLATIH!!



📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang aturan yang ada di lingkungan rumah, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang dibantu karena belum lancar dalam membaca soal, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. Untuk materi operasi hitung pejumlahan Alhamdulillan peserta didik sudah memahaminya dan mengerjakan latihan soal dengan baik.


Dokumentasi hari ini:










Tidak ada komentar:

Posting Komentar