01/08/24

P5

Hari/Tanggal : Kamis/01 Agustus 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd

 📌 Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, projek “Keberagaman Budayaku” bertujuan mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaan terhadap keberagaman etnik, agama, dan budayaHal ini dimaksudkan untuk membangusikap toleransi peserta didik dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan rumah, serta menjunjuntinggi nilai Bhinneka Tunggal Ikdengan menuangkan ide dan kreativitas peserta didik dalam mencintai keberagaman melaluberbagai karya  seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tahap:

1.     Tahap Pengenalan

Peserta didik diajak mengenal dan mengidentifikasi konsep kebhinnekaan dengan melakukan eksplorasi materi.

2.     Tahap Kontekstualisasi

Peserta didik diberikan ruang untuk berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selanjutnya, peserta didik mengeksplorasi keberagaman yang addi kelasnya dan lingkungan sekolahkemudian menuliskan keberagaman yang ada dilingkungan sekitarnya.

3.     Tahap Aksi

Peserta didik didampingi guru membuat salah satu karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah tempat tinggalnya, seperti membuat kolase mahkota adat Lampung dari bahan bubur kertas.. Selanjutnya, peserta didik diajaberkreasi melalui pembuatan mahkota siger yang di hias sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta didik.

4.    Tahap Refleksi dan Evaluasi

Selama proses projek ini berjalan, peserta didik tidak hanya membentupengetahuan, tetapjuga membangun kesadaran dan melakukan observasiPada akhirnya, peserta didik dapat menentukan sikap yang baik dalam menghadapi keberagaman budaya yang ada di lingkungan sekitarnya.


📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Bernalar Kritis, khususnya elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengelompokkan banyak benda yang berjumlah 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


Sebelum kita melakukan aktivitas mari kita nyanyikan lagu untuk Indoenesia berikut ini. 

Let's check it out!!^^






📌PERTEMUAN 2



Jenis Kegiatan             : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan  : Kamis, 01 Agustus 2024

Waktu                          : 1 x pertemuan

Materi                          : Mengenal Keberagaman Agama dan Suku di Kelas

Peran Guru                  : Fasilitator dan Narasumber

 

 

AKTIVITAS 1 KEBERAGAMAN AGAMA

 

Alat dan bahan            : Video pembelajaran, LKPD, buku tulis, dan alat tulis

Tujuan                         : Peserta didik mulai mengenal dan memahami definisi dari P5

 

     Persiapan:

1.      Guru menyiapkan video pembelajaran Keberagaman Agama di Sekitarku, lembar kerja yang akan digunakan   peserta didik berupa LKPD menjodohkan gambar.

Pelaksanaan:

1.             Guru memulai projek dengan menampilkan gambar tempat ibadah masing-masing agama di Indonesia

2.             Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi, seperti:  

a.             Apakah kalian mengenal bangun bangun ini?

b.             Biasanya di gunakan untuk acara apa?

3.             Guru menampilkan video pembelajaran terkait Keberagaman agama di Indonesia



4.             Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok tentang Keberagaman Agama di sekitarku.

5.             Peserta didik secara berkelompok bergantian menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas

6.             Peserta didik mengerjakan lembar kerja dengan menjodohkan gambar

7.             Guru memberi kesempatan pada peserta didik menceritakan ibadah sesuai agama yang dianutnya


 

 


LEMBAR KERJA AKTIVITAS 1 

(Asesmen Diagnostik)

KEBERAGAMAN AGAMA

 


 

Rubrik Penilaian

 

 

 

 

 

No.

 

 

 

 

Nama

Dapat menyebutkan agama

,tempat ibadah dan hari Raya agama yang dianutnya

 

Dapat menyebutkan tempat ibadah agama yang dianutnya

 

Dapat menyebutkan hari raya agama yang dianutnya

 

Belum dapat menyebutkan agama ,tempat ibadah dan hari besar agama yang dianutnya.

SB

B

C

PB

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 


AKTIVITAS 2

MENGENAL BERAGAM SUKU

Persiapan :

1.  Guru menyiapkan video pembelajaran Beragam Suku di Indonesia, video lagu satu nusa satu bangsa

 

Pelaksanaan :

1.          Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Bersama-sama dengan penuh semangat.

2.          Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi beragam suku, seperti:

a.          Apakah kalian tahu bahwa Indoensia memiliki beragam suku?

b.          Apakah kalian tahu suku orangtua kalian?

3.          Guru menjelaskan tentang beragam Suku yang ada di nusantara. Guru menampilkan video tentang beragam suku. 


4.          Peserta didik mengamati contoh contoh suku di Nusantara

5.          Peserta didik melakukan diskusi Bersama teman kelompoknya terakait suku dari tiap anggota kelompok.

6.          Peserta didik mengerjakan tugas kelompok yaitu membuat data asal daerah (suku) dari anggota kelompoknya.

7.          Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menyebutkan nama suku yang sudah di kenalnya.  Contoh gambar


 

LEMBAR KERJA AKTIVITAS 2

Mengenal Beragam Suku

 

Nama Kelompok   : ……………………….

Kelas                     : ……………………….

Hari, tanggal         : ……………………….

 

Petunjuk:

Peserta didik menuliskan asal daerah anggota kelompoknya.

 

No.

Nama Anggota Kelompok

Asal Daerah

Makanan daerah

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

Jumlah soal keseluruhan ada 10 soal

Pedoman penilaian = Nilai akhir = Jumlah soal

Penilaian



Refleksi Pertemuan 1



Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  2. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


📌Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang keberagaman agama dan suku di Indoensia, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar