Hari/Tanggal : Selasa/3 september 2024
KELAS I.A
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10
Menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris dalam karya 2 atau 3 dimensi
- Peserta didik dapat menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar
- Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis.
- Peserta didik dapat membuat bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang aturan dirumah dan disekolah serta mengenal tanda tanya dan tanda seru. Ada yang masih ingat apa saja aturan dirumah ? iya benar salah satunya ada berpamitan kepada orang tua ketika berangkat ke sekolah. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.
Perhatikan video berikut ini!
- Ada berapa jari yang terbuka?
- Ada berapa jari yang tertutup?
- Jadi semuanya ada berapa?
📌Materi Seni Rupa
GARIS MEMBUAT BENTUK
Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.
Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.
Contoh Bentuk Geometris Dasar:
LATIHAN
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan latihan soal operai hitung penjumlahan dengan baik, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang menuliskan bentuk angka terbalik, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. untuk materi seni rupa yaitu tentang bentuk geometris, alhamdulillah peserta didik sudahbmampu menyebutkan contoh bentuk geometri dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar