04/09/24

P5

Hari/Tanggal : Kamis/5 september 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd. 


 📌 Tujuan Projek:


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.                 Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan kontekstual taitu mengenal mahkota siger dalam wujud asli, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat poster tentang keberagaman budaya yang ada di Inodnesia yang dikemas dalam bentuk poster :Bhineka Tunggal Ika". Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 6

 

Jenis Kegiatan                        : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan     : Kamis, 05 September 2024

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                     : Membuat Poster Bhineka Tungggal Ika

Peran Pendidik                      : Fasilitator dan Narasumber

 

Persiapan :

1.      Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang menghargai keberagaman (suku, agama, dan hobi)

2.      Pendidik menyiapkan karton putih, stiker dna hiasan untuk poster

 

Pelaksanaan :

1.      Pendidik mengajak peserta didik mengingat berbagai keragaman yang ada di Indonesia

2.      Pendidik memberikan pertanyaan:

a.       Apa saja keberagaman yang terdapat pada teman-teman di kelasmu?

b.      Apa saja ciri-ciri yang membedakan kalian dengan teman di kelasmu?

3.      Peserta didik menyaksikan video animasi “Berbeda itu Indah” 



4.      Tanya jawab mengenai keberagaman dalam perbedaan yang ada dalam video tersebut

5.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi bersama temannya didalam kelompok

6.      Peserta didik diminta untuk berdiskusi mengenai perbedaan yang ada pada teman sekelompoknya

7.      Setelah selesai berdiskusi, peserta didik diminta untuk mnggambar poster mengenai ragam budaya seperti poster yang sudah disediakan oleh pendidik


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 6

TUGAS 1

TABEL PERBEDAAN

 

PETUNJUK

Isilah tabel sesuai dengan keragamannya!

Nama Kelompok        :  

Kelas                           :

No.

Nama Anggota

Agama

Suku

Hobi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS 2

MENGGAMBAR POSTER BHINEKA TUNGGA IKA

 

PETUNJUK

Buatlah poster ragam budaya sesuai gambar berikut!

 Nama :

Kelas :



HASIL POSTER:


 


 

RUBRIK PENILAIAN:

No

Nama

Menggambar

Menggambar

Hanya

Hanya

 

 

dengan rapi,

dengan rapi,

menggambar

menggambar

 

 

terdapat tulisan,

mewanai dengan

saja, tidak diberi

saja, namun

 

 

dan mewanai

warna yang

warna namun

tidak diberi

 

 

dengan warna

menarik namun

terdapat tulisan

warna dan

 

 

yang menarik

tidak terdapat

 

tulisan

 

 

 

tulisan

 

 

 

 

PB

C

B

SB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB (Perlu Bimbingan), C (Cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar