Hari/Tanggal : Senin, 05 November 2024
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Peserta didik dapat menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.
Adakah yang masih ingat identitas diri terdiri dari hal apa saja? Yaps Good job, salah satu yang ada di dalam identitas diri adalah nama lengkap, umur, dan hobi kitaa anak-anak. Nah, pada hari ini kita akan belajar matematika yaitu tentang operasi hitung penjumlahand an pengurangan dengan cara bersusun ke bawah, selain itu kita juga akan mempelajari macam-macam warna.
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
Penjumlahan (Addition)
- Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
- Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
Pengurangan (Subtraction)
- Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
- Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah
- 5 - 2 = 3 buah permen.
📌Materi Seni Rupa
WARNA
Pengenalan Warna Dasar
- Apa itu warna?
- Warna adalah sesuatu yang membuat benda terlihat berbeda-beda.
- Warna bisa membuat kita senang, sedih, atau tenang.
Warna-warna dasar:
- Merah: Seperti warna apel, tomat, atau mobil pemadam kebakaran.
- Biru: Seperti warna langit, laut, atau baju seragam sekolah.
- Kuning: Seperti warna matahari, pisang, atau bunga matahari.
- Hijau: Seperti warna rumput, daun, atau semangka.
- Ungu: Seperti warna bunga lavender, anggur, atau balon ulang tahun.
Warna Panas
- Ciri-ciri: Memberikan kesan hangat, semangat, dan energi.
- Contoh warna: Merah, oranye, kuning.
- Efek psikologis: Membangkitkan semangat, gairah, dan perhatian. Sering digunakan untuk menonjolkan sesuatu atau menciptakan suasana yang ceria.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Matahari, api, makanan pedas.
Warna Dingin
- Ciri-ciri: Memberikan kesan tenang, sejuk, dan damai.
- Contoh warna: Biru, hijau, ungu.
- Efek psikologis: Menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan menciptakan suasana yang nyaman. Sering digunakan untuk menciptakan kesan luas dan kedalaman.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Langit, laut, salju.
Warna Netral
- Ciri-ciri: Tidak memiliki karakteristik warna panas atau dingin yang kuat.
- Contoh warna: Putih, hitam, abu-abu, cokelat.
- Efek psikologis: Menyeimbangkan warna-warna lain, menciptakan latar belakang yang netral, dan memberikan kesan elegan.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Dinding, lantai, pakaian formal.
Perbandingan warna panas, dingin, dan netral
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu mengenal identitas dirinya sendiri dan mampu menceritakan tentang identitasnya. Serta peserta didik juga sudah mampu mengerjakan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara bersusun ke bawah dengan mandiri.
Dokumentasi hari in:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar