03/11/24

P. Pancasila & B. Indonesia

  Hari/Tanggal : Senin, 4 November 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd        

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyimak suatu cerita
         2. Mengenal identitias dirinya sendiri dan lingkungan sekitar

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
    2. Peserta didik dapat mengenal identitas dirinya dan lingkungan sekitarnya.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang hak dan kewajiban anak di sekolah serta belajar tentang bagaiamana cara menyimak cerita. 

Adakah yang masih ingat apas aja contoh hak dan kewajiban anak di sekolah? Yaps Good job, salah satu contoh hak anak di sekolah yaitu mendapatkan pembelajaran dari bapak dan ibu guru.. Nah, pada hari ini kita masih akan mempelajari tentang cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^


📌Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^

        

       Mengenal identitas diri adalah fondasi penting dalam perkembangan anak. Dengan memahami siapa       dirinya, anak akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. 

        Apa Saja yang Termasuk dalam Identitas Diri?
        Identitas diri bisa mencakup:
  1.         Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
  2.         Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
  3.         Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
  4.         Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
  5.         Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
        
        Mengapa Penting Mengenal Identitas Diri Sejak Dini?
        Mengenal identitas diri sejak dini sangat penting untuk membantu anak:
  1.        Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2.       Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
  3.       Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
  4.       Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

    Latihan 





📌 Materi Bahasa Indoenesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.

Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?

  • Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
  • Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
  • Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
  • Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?


Latihan:





📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menceritakan tentang identitas dirinya sendiri,serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyimak dan memahami isi dari suatu gambar dan cerita singkat, namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan membaca dan menyimak cerita, beberapa peserta didik masih memerlukan waktu yang lama untuk membaca dan menuliskan cerita dikarenaka membaca masih terbata-bata. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan wajtu tambahan dan membantu peserta didik yang bersangkutan untuk memahami isi dari cerita yang dibacanya.


Dokumentasi hari in:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar