http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

14/04/19

TUGAS LIBUR UASBN&USBN (Tema 9 Sub 1, 2 & 3)


Tema                          : 9 (Kayanya Negeriku)
Kelas                          : IV B

Isilah  Pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
PKn KD 3. 2
1.      Jelaskan pengertian hak dan kewajiban….
2.      Manakah yang harus dilakukan terlebih dahulu, hak ataukah kewajiban? Jelaskan!
3.      Tuliskan hak & kewajibanmu terhadap :
       a.       Lingkungan
       b.      Sumber energi
       c.       SDA
4.      Hak & kewajibanmu sebagai warga Negara antara lain….
5.      Contoh kerjasama antar warga masyarakat yang dapat dilakukan sebagai kewajiban menjaga kelestarian lingkungan & SDA antara lain….
6.      Apa saja contoh kerjasama yang dapat dilakukan antara masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan….
7.      Manfaat apa saja yang didapatkan warga masyarakat & pemerintah setelah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan….
8.      Hari air sedunia (World Water) diperingati setiap tanggal….
9.      Tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi krisis air bersih….
10.  Tuliskan hak & kewajibanmu terhadap SDA air….
11.  Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan persatuan & kesatuan dalam melestarikan lingkungan di rumah, sekolah serta masyarakat….
12.  Apa saja manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan & kesatuan….
13.  Akibat apa saja yang ditimbulkan apabila seseorang tidak melaksanakan kewajibannya & tidak mendapatkan haknya….

Bahasa Indonesia KD 3. 3
1.      Wawancara adalah….
2.      Orang yang melakukan wawancara disebut…. , sedangkan orang yang memberikan informasi saat wawancara disebut….
3.      Langkah-langkah/tahapan yang dilakukan pewawancara sebelum melakukan wawancara, saat wawancara serta setelah wawancara antara lain….
4.      Tujuan dari wawancara adalah untuk….
5.      Sikap apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara….
6.      Yang dilakukan pewawancara setelah melakukan wawancara adalah….
7.      Sebutkan langkah-langkah dalam membuat laporan hasil wawancara….
8.      Narasumber yang tepat untuk diwawancarai agar memperoleh informasi mengenai sumber daya laut adalah….
9.      Buatlah daftar pertanyaan yang tepat untuk diajukan kepada narasumber yang berkaitan dengan “Konservasi Bekantan” (lihat BUPENA hal 104-105)!
10.  Buatlah sebuah laporan hasil wawancara yang berkaitan dengan menjaga kelestarian lingkungan….

IPA KD 3. 5
1.      Energi adalah…. , energi berasal dari….
2.      Apa saja yang termasuk sumber energi alternatif….
3.      Sumber-sumber energi yang menghasilkan listrik antara lain….
4.      Fungsi air dalam PLTA adalah….
5.      Mengapa dalam kegiatan PLTA bendungan/waduk sangat berperan penting….
6.      Jelaskan serta berikan contoh sumber energi yang dapat diperbaharui & sumber energi yang tidak dapat diperbaharui….
7.      Sumber energi terbesar bagi bumi adalah….
8.      Manfaat energi matahari bagi alam, manusia, hewan serta tumbuhan antara lain….
9.      Pembangkit listrik Tenaga Air/Angin memanfaatkan perubahan energi….  menjadi energi….
10.  Berikan contoh pemanfaatan perubahan energi berikut dalam kehidupan sehari-hari :
      a.       Energi listrik menjadi energi gerak
      b.      Energi listrik menjadi energi panas
      c.       Energi listrik menjadi energi bunyi
      d.      Energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi
      e.       Energi cahaya menjadi energi listrik
      f.       Energi gerak menjadi energi listrik
      g.       Energi gerak menjadi energi bunyi
11.  Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat sumber energi agar tidak cepat habis antara lain….
12.  Matahari merupakan sumber energi yang menghasilkan energi…. dan energi….
13.  Yang termasuk sumber energi migas dan sumber energi nonmigas adalah….

IPS KD 3. 1
1.      Jelaskan pengertian lingkungan….
2.      Ada berapa jenis lingkungan? Sebutkan!
3.      Apa saja fungsi lingkungan bagi kehidupan manusia….
4.      Kegiatan/aktivitas ekonomi apa saja yang dapat dilakukan masyarakat di daerah :
      a.       Pantai
      b.      Laut
      c.       Sungai
      d.      Dataran tinggi
      e.       Dataran rendah
5.      SDA dapat dibedakan menjadi 2 yaitu….berikan contoh masing-masing SDA tersebut….
6.      Berikan contoh yang termasuk SDA bukan logam, SDA logam dan SDA industri….
7.      Jelaskan yang dimaksud SDA hayati dan SDA nonhayati….
8.      Sebutkan SDA yang dimanfaatkan sebagai :
       a.       Bahan makanan
       b.      Bahan minuman
       c.       Bahan bakar
       d.      Bahan perhiasan
9.      Kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem lingkungan antara lain….
10.  Usaha-usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk melestarikan SDA….

SBdP KD 3. 1
1.      Jelaskan perbedaan nada, tempo dan birama….
2.      Kecepatan lagu dapat diukur dengan alat yang bernama….
3.      Tuliskan 3 buah judul lagu yang bertemakan lingkungan….
4.      “Bungong Jeumpa” merupakan salah satu judul lagu daerah yang menggambarkan tentang….
5.      Lagu yang berjudul “Memandang Alam” dinyanyikan dengan tempo…. dan memiliki makna….










2 komentar:

mom mengatakan...

Assalammualaikum bu... Bu mau tanya jawabam dikirim ke sini apa ke email

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Waalaikumussalam, email bun

Posting Komentar