http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

23/09/19

Tema 3 Subtema 3 Pb 6

Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan
Sebelumnya kamu telah menulis laporan tentang hasil wawancara. Ayo, presentasikan laporan tersebut dalam kelompok!
Laporan Hasil Wawancara
I. Latar Belakang
Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang sikap mencintai lingkungan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai sikap warga di sekitar tempat tinggal kami dalam mencintai lingkungan.

III. Topik Wawancara
Mencintai Lingkungan Sekitar

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 12 November 2106
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Suka Makmur

V. Laporan Hasil Wawancara
Narasumber : Bapak Basuki
Pewawancara: Agus Budiyanto
Hasil Wawancara :
Pada hari Sabtu, 12 Desember 2016, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Basuki tentang sikap warga  mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau menjelaskan bahwa warga Kampung Suka makmur sebagian besar sudah melaksanakan sikap mencintai lingkungan sekitranya. Hal ini dapat dicermati dari kegiatan warga yang membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik. Namun masih ada sebagaian warga yang masih belum sadar akan pentingnya cinta lingkungan.
    VI. Kesimpulan
    Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh warga masyarakat Kampung Suka Makmur. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan.

    Kamu telah membuat diagram frayer tentang mencintai lingkungan pada pertemuan sebelumnya. Ayo, ceritakan isi diagram tersebut! Sebelumnya kamu telah menuliskan pada diagram frayer tentang mencintai lingkungan. Pada diagram tersebut kamu menuliskan: Contoh sikap mencintai lingkungan., Bukan contoh sikap mencintai lingkungan. Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan, dan Kesimpulan.
    Mencintai Lingkungan
    Ceritakan diagram frayer tersebut dalam kelompok. Kamu dan teman dalam satu kelompok dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab rasa ingin tahumu.

    Mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik.

    Namun masih ada beberapa sikap warga yang belum menunjukan sikap mencintai lingkungan. Beberapa contoh sikap warga yang belum mencintai lingkungan antara lain membuang sampah sembarangan, enggan membersihkan lingkungan, belum menanam pohon di sekitar rumah, membuang sampah sembarangan, dan tidak peduli kebersihan lingkungan.

    Sebagai warga yang mencintai lingkungan dapat dilihat dari ciri-ciri tindakannya. Ciri orang yang mencintai lingkungan antara lain peduli terhadap lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan merasa tidak senang apabila melihat orang membuang sampah sembarangan.

    Kesimpulannya adalah mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan.

    0 komentar:

    Posting Komentar