http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

16/10/19

Tema 4 Subtema 1 Pb 3

Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 1 Berbagai Pekerjaan



Bacalah cerita tentang ‘Semut dan Belalang’. Cerita ini memberikan contoh akibat seseorang tidak mau bekerja.

Semut dan Belalang
Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan yang dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.

Pada suatu hari ketika Sang Semut sedang bekerja, ia bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.

“Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas malasan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak memedulikan belalang itu. Dia tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.

Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena ia tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.

Tulislah pendapatmu tentang sikap yang diperlihatkan oleh Semut dan Belalang.
Pendapatku tentang sikap semutPendapatku tentang sikap belalang
Sangat setuju dengan sikap semut.Setiap hari
semut itu selalu bekerja mengumpulkan
makanan dan menyimpannya di dalam lumbung
untuk persiapan musim dingin
Tidak setuju terhadap sikap belalang
Belalang malas bekerja sehingga pada saat
musim dingin tiba mereka keurangan  makanan
Sikap yang perlu kita contoh adalah sikap semut, dengan bekerja kita dapat menyimpan persediaan makanan yang dibutuhkan pada saat tertentu.

Siswa membuat rencana kegiatan dalam rangka menjaga sumber daya alam di sekitar sekolah tetap terjaga. Siswa harus memilih paling sedikit dua sumber daya alam yang ada di sekitar sekolah. Mereka harus merencanakan tiga kegiatan untuk menjaganya dengan mengisi tabel berikut.
Sumber daya alamRencana kegiatanAlat yang Dibutuhkan
Sungai
  1. Tidak membuang sampah ke dalam sungai.
  2. Menanam banyak pohon
  3. Melakukan pengijauan
Keranjang sampah, cangkul
Air sumur
  1. Tidak membuang sampah ke dalam sumur.
  2. Membersihkan sumur
  3. Menghemat penggunaan air bersih
Keranjang sampah, alat-alat kebersihan

Tulislah laporanmu. Laporan harus memuat dua sumber daya alam yang dipilih, kegiatan untuk menjaganya, alat yang dibutuhkan dan rencana selanjutnya.
Nama kegiatan :Kegiatan membersihkan sumur
Tujuan kegiatan:Memelihara sumur agar ketersediaan air bersih tetap terjaga
Alat-alat yang dibutuhkan:Sapu
Keranjang sampah
Sikat
Langkah kerja:
  1. Persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan seperti keranjang sampah, sapu, dan sikat..
  2. Bersihkan bagian sumur yang dapat dijangkau dengan mudah, misalnya bagian lingkaran sumur. Bersihkan tumbuhan seperti lumut atau tumbuhan lainnya.
  3. Bersihkan bagian bak mandi menggunakan sikat sampai bersih.
Rencana selanjutnyaKegiatan membersihkan sumur dilakukan rutin setiap bulannya bersama anggota keluarga yang lain.

Jika kelak ingin menjadi seorang pencinta lingkungan, kamu memerlukan tidak hanya keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan, namun juga keterampilan dan pengetahuan tentang macam-macam tumbuhan dan hewan yang hidup di wilayah yang berbeda.

Latihan soal :

5. Tuliskan unsur-unsur instrinsik dalam cerita....

6. Apa saja yang menyebabkan pencemaran air sungai...., serta bagaimana upaya pelestariannya....





0 komentar:

Posting Komentar