http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

20/03/20

Tema 9 Subtema 1 Pb 5 & 6

IPS g(KD 3. )
Kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan 
dengan potensi lain daerah
Negara kita terdiri dari kenampakan alam yang beraneka ragam.ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, daerah pedesaan, daerah pantai, daerah perkotaan. Kondisi yang berbeda-beda tersebut sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Kegiatan ekonomi ini ada yang di budidayakan karena adat kebiasaan yang turun temurun.
Ada pula yang di budidayakan karena pengaruh sumber daya alam . contohnya: kegiatan ekonomi yang sudah ada turun temurun seperti seni kayu ukir Jepara, batik dari Surakarta, dan klopen dari Tasikmalaya. Kegiatan ekonomi berdasarkan potensi lain di beberapa daerah adalah sebagai berikut:
1.        Potensi di daerah tinggi
Masyarakat di daerah pegunungan selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bertani, ada juga yang memanfaatkan potensi lain yang tersimpan di daerahnya. Potensi lain tersebut diantaranya adalah daerah wisata, sebagian masyarakat bekerja sebagai pemandu wisata, berjualan di tempat wisata, dan membuka penginapan.
2.       Potensi lain di dataran rendah
Daerah ini banyak dipakai untuk pemukiman penduduk. Masyarakat yang berada didaerah ini sangat beraneka ragam. mereka terbagi pada wilayah pedesaan dan perkotaan, masyarakat di pedesaan selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bercocok tanam, ada juga yang bekerja di pabrik, berjualan, dan sebagai pengrajin.
Masyarakat di perkotaan sebagian besar berusaha di bidang industri. masyarakat di perkotaan biasanya tidak mempunyai tanah yang cukup luas sehingga jarang yang melakukan kegiatan bercocok tanam. Sebagian lagi masyarakat perkotaan menjadi pegawai pemerintahan dan pegawai.

3.       Potensi lain di daerah pantai

Daerah pantaibanyak di huni oleh para nelayan.sebagian besar masyarakat  didaerah ini memanfaatkan keadaan alam seperti laut dan pantai untuk kegiatan ekonomi. Para nelayan mencari aneka hasil laut seperti rumput laut, kerang dan ikan laut untuk di jual kepelanggan ikan. Selain itu ada penduduk yang melakukan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan daerah wisata pantai. Kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan daerah wisata itu diantaranya adalah dengan menjual sovenir, membuka restoran dan penginapan, serta menyediakan jasa transportasi.


  4.       Potensi lain di daerah padang rumput
Daerah padang rumput merupakan daerah yang sangat subur di tanami rumput. Namun, daerah ini tidak cocok untuk di tanami tanaman jenis lain. daerah semacam ini bisa dimanfaatkan untuk beternak sapi, kambing atau kuda. Hasil peternakan seperti daging, susu dan kulit, dapat menunjang usaha dibidang industri.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa sumber daya alam apapun bentuknya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dimaksud adalah berupa pengolahan sumber daya alam untuk menunjang kelangsungan hidup manusia. Untuk itu diperlukan tenaga terampil dan cekatan agar sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara maksimal.
PKn (KD 3. 

Beberapa Kewajiban Manusia Terhadap Hutan

  • Menjaga dan melestarikan hutan dari kerusakan.
  • Menanam kembali pohon-pohon untuk hutan yang rusak.
  • Menjaga hutan dari penebangan secara liar / ilegal.
  • Menjaga hutan dari kebakaran hutan yang marak terjadi.
  • Memanfaatkan hasil hutan secara proporsional (tidak berlebihan).

Kewajiban Manusia Terhadap Sungai
  • Melakukan penghijauan disekitar sungai.
  • Menjaga atau melestariakan sungai.
  • Membersihkan sungai dari sampah-sampah.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mengikuti sosialisasi / penyulusan tentang kebersihan sungai
Latihan soal
Kerjakan di buku latihan tema jawabannya saja dengan tulisan tegak bersambung yang rapi,  hari/tanggal bismillah jangan lupa ditulis.

1. Tuliskan hak dan kewajibanmu jika kamu berada di lingkungan berikut ;
a. Air sungai di belakang rumah yang berwarna hitam dan mengeluarkan aroma tidak sedap
b. Banyak coretan pada alat permainan di taman bermain

2. Tuliskan hak dan kewajibanmu terhadap :
a. pohon 
b. hewan yang terancam punah 

3.. Buatlah  daftar pertanyaan untuk mewawancarai narasumber yang berkaitan dengan konservasi Bekantan di Indonesia (bupena  hal 104-105). Pertanyaan yang diajukan mencakup Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana.

4. Narasumber yang dapat  kamu wawancarai berkaitan dengan teks   konservasi Bekantan di Indonesia adalah....

5. Tuliskan potensi alam yang ada pada lingkungan berikut :
a. Sungai
b. Dataran rendah

6. Tuliskan 2 jenis pekerjaan dari masing-masing lingkungan berikut :
a. Dataran tinggi
b. Pantai

7. Tuliskan 2 judul lagu yang bertemakan lingkungan!

8. Lagu Bungong Jeumpa adalah salah satu lagu daerah yang menggambarkan tentang....

0 komentar:

Posting Komentar