http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

29/09/20

Tematik 29 September 2020

Tema 3 : Makanan Sehat                                                                                                                Subtema 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran ke : 1 dan 2

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4), IPA (KD 3. 3, 4. 3), SBdP (KD 3. 4, 4. 4)

Untuk menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan, kita harus mencermati informasi yang disampaikan dalam iklan dengan seksama, baik berupa suara maupun gambar. Perhatikan isi iklan tersebut, apakah menawarkan barang, jasa, atau layanan masyarakat ! jika iklan tersebut menawarkan sebuah produk, perhatikan dengan seksama nama dan keunggulan produk tersebut! Perhatikan juga hal yang membuat iklan tersebut menarik, misalnya gaya atau ucapan tokoh dalam iklan tersebut. 

Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia dapat mengalami gangguan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia antara lain sebagai berikut :

Kurangnya asupan makanan berserat

makanan yang berserat penting bagi tubuh. Salah satu fungsi serat adalah membantu usus untuk menyerap sari-sari makanan yang masuk dan melancarkan pembuangan kotoran dari dalam tubuh. Jika tubuh kurang sehat, seseorang dapat mengalami kesulitan buang air besar( sembelit). Serat dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Pola makan yang kurang teratur

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit mag. Penyakit mag disebabkan lambung terus menerus menghasilkan asam lambung. Jika tidak digunakan untuk mencerna makanan, asam lambung dapat mengikis dinding lambung dan menyebabkan nyeri.

Makanan dan minuman yang tidak bersih

Beberapa jenis penyakit seperti diare dan kolera disebabkan oleh bakteri atau virus. Bakteri dan virus tersebut terdapap dalam makanan yang kurang bersih dalam proses pengolahannya. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan menginfeksi sistem pencernaan kita.

Makanan Yang Sehat bagi Sistem Pencernaan

Makanan yang sehat adalah makanan yang bersih, memiliki kandungan gizi yang seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh. Berikut contoh makanan yang menyehatkan bagi sistem pencernaan :



Batik sebagai karya seni rupa daerah
Karya seni rupa daerah merupakan suatu bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang disuatu daerah di Indonesia. Berbagai bentuk kesenian nusantara yang ada sekarang ini merupakan budaya masyarakat yang sesuai dengan adat istiadat serta kondisi lingkungan di wilayah masing-masing. 
Batik adalah Kain bergambar yang dibuat khusus dengan menggunakan malam. Dan canting adalah Alat yang digunakan untuk membuat batik tulis

Tugasnya hari ini kalian Bu guru minta untuk membaca dan pelajari materi yang ada di blog hari ini & materi yang ada di buku siswa Tema 3 subtema 3 Pb 1 & 2, sebagai bukti kalian mengikuti pembelajaran hari ini tinggalkan komentar di blog tentang materi yang sudah kalian baca & pelajari serta mengirimkan foto ke WA pribadi Bu guru saat kalian membaca materi di buku siswa, jika ada materi yang belum kalian pahami kalian bisa menulis pertanyaannya di kolom komentar atau chat wa pribadi Bu guru ya, selalu semangat untuk mengumpulkan tugasnya tepat waktu ya anak Sholeh & Sholeha Bu guru :) 


32 komentar:

Talha al idrus mengatakan...

Nama:aydin
Kls:5E
Ket:hadir
Saya sudah membaca materi yg ibu berikan

Maritza mengatakan...

nama:maritza audrey dewi nugroho putri
kelas:VE dan saya sudah mempelajarinya pelajaran hari ini

Unknown mengatakan...

Nama: kanza ayu gazala
Kelas:5E
Ket: hadir
Saya sudah membaca materi ibu

Alif mengatakan...

Alif Hamizan AP
5E
Saya sudah mempelajari materi
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Nama: Asykaalifa
Kls 5e
Saya sudah mempelajari materinya Bu terimakasih

Marita Erayanti mengatakan...

Qanita Shabira Harahap
Materi hari ini Tema 3 Subtema 3 pembelajaran 1 & 2

Rifqi mengatakan...

Nama: Rifqi Aditia Pratama
Kls:5E
Saya sudah mempelajari materi nya buk

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Kelas 5e
Saya sudah mempelajari materinya bu terimah kasih

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Kelas 5e
Saya sudah mempelajari materinya bu terimah kasih

Innesia Ramadani Shaka Dermawan mengatakan...

Nama : Innesia Ramadani Shaka Dermawan
Kelas : 5E
Materi sudah dipelajari

Fachri bintang arabi mengatakan...

Fachri bintang arabi 5E
Saya sudah mempelajari materi pelajaran hari ini

Adis Fernando NR mengatakan...

Adis Fernando NR
5E
Hadir
Saya sudah mempelajari materinya Bu terimakasih

Unknown mengatakan...

Nama : M.Ridho aldita. Kelas: VE. Ket. : Hadir. Terima kasih Bu Risa,saya telah mempelajari materi Tema 3,yang ibu berikan🙏

Unknown mengatakan...

Nama : Cr. All Rizky Dehan
Kls : 5 E
Ket. : Hadir
Saya telah mempelajari materi hri ini tentang berbagai mcm gangguan pncrnaan manusia. Trmksih buk risa

Mazaya Qirani mengatakan...

Nama: Mazaya Qirani L.
Kls:5E
Ket:hadir
Saya sudah mempelajari materinya.

Fika mengatakan...

Fadhil Degantara
5E
Saya sudah membaca dan mempelajari materi hari ini

Wiwik mengatakan...

M.araikal hasan
5E
Saya sudah membaca dan mempelajari materi hari ini

Unknown mengatakan...

Khanza aurelia sekar putri
5E
Saya sudah mempelajari materi hari ini

Zhafira Zalfa Q mengatakan...

Zhafira Zalfa Qotrunnada
5E
Saya sudah mengerti materi hari ini

Unknown mengatakan...

Nama:Rohmatu Syifa
Kls:5E
KET: Hadir
Saya sudah membaca dan mempelajari materi hari ini

Unknown mengatakan...

Nama:Rohmatu Syifa
Kls:5E
KET: Hadir
Saya sudah membaca dan mempelajari materi hari ini

Anggun Khairunnisa mengatakan...

Nama: Anggun Khairunnisa
Kelas: 5E
Ket: Hadir
Saya sudah mempelajari materi hari ini tentang pentingnya menjaga asupan makanan sehat sub tema 3 terimakasih Bu materi nya

Unknown mengatakan...

NAME:SITI SAFA
CLASS:5E
KET:HADIR
TERIMAKASIH BU

Adinda Sakhi Salamah mengatakan...

Nama: adinda sakhi Salamah
Kelas:5E
Ket:hadir
Saya sudah membaca dan mempelajari materi hari ini

Unknown mengatakan...

Asyka alifa
Kls 5e
Hadir
Saya sudah membaca dan memahami materi hari ini

Melvin mengatakan...

Nama : melvin
Kls: 5e
Ket: hadir
Saya sudah membaca materi yg ibu berikan

Luthfi al kadafi mengatakan...

nama:luthfi al kadafi
kelas:5e
saya sudah membaca materi hari ini

Nabila Khaerunnisa mengatakan...

Yusuf musharaf khan
Sudah membaca materi bi

Unknown mengatakan...

nama:m dhimas besto
kela:5 e
no absen:22

nazwa aulia putri mengatakan...

Nama : Nazwa Aulia Putri
Kelas : 5E
Sudah membaca materi di blogger

Unknown mengatakan...

Nama: Nadine kalila putri
Kelas 5E
Sudah membaca materi

Nanta mengatakan...

Nama:m.priananta
Kelas:5E
Ket:hadir

Bu saya sudah membaca materi hari ini

Posting Komentar