http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

06/11/24

P. Pancasila & Matematika

Hari/Tanggal : Rabu, 06 November 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd           


Hari, tanggal   : Rabu, 06 November 2024
Kelas                  : 1.A
Guru                  : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                : Pendidikan Pancasila & Matematika


 

      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengenal angka 11 sampai 20

  2. Mengenali identitas dirinya dan teman di sekitarnya


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait  operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah
  2. Peserta didik dapat mengenali mengenali dan mengurutkan angka 11 sampai 20

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal dirinya sendiri dan teman di sekitarnya. Peserta didik mampu menceritakan identitas dirinya dan menceritakan identitas teman di sekitarnya. 

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah  serta mempelajari tentang warna hangat dan warna dingin. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang identitas diri dan teman di sekitar kita serta belajar untuk menyelesaikan permasalahan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun ke bawahOke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila



Mari kita simak bersama video berikut ini!^^

        

       Mengenal identitas diri adalah fondasi penting dalam perkembangan anak. Dengan memahami siapa       dirinya, anak akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. 

        Apa Saja yang Termasuk dalam Identitas Diri?
        Identitas diri bisa mencakup:
  1.         Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
  2.         Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
  3.         Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
  4.         Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
  5.         Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
        
        Mengapa Penting Mengenal Identitas Diri Sejak Dini?
        Mengenal identitas diri sejak dini sangat penting untuk membantu anak:
  1.        Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2.       Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
  3.       Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
  4.       Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

    Latihan 
Buatlah cerita tentang memperkenalkan anggota keluargamu atau teman di sekitarmu!






📌Materi Matematika





Mengenal Angka 11 Sampai 20

  • Angka 11 sampai 20 itu apa sih? Angka-angka ini adalah bilangan yang lebih besar dari 10. Kita sering melihat angka-angka ini dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat menghitung jumlah teman, jumlah buku, atau jumlah kelereng.

  • Bagaimana cara membacanya? Untuk membaca angka 11 sampai 20, kita bisa menggabungkan kata "sebelas" dengan angka satuannya. Contoh:

    • 11: sebelas
    • 12: dua belas
    • 13: tiga belas
    • dan seterusnya sampai 20: dua puluh

Mengurutkan Angka 11 Sampai 20

  • Urutan angka dari yang terkecil ke terbesar Kita bisa mengurutkan angka-angka ini mulai dari yang paling kecil (sebelas) sampai yang paling besar (dua puluh). Semakin ke kanan, angkanya semakin besar.

  • Urutan angka dari yang terbesar ke terkecil Kita juga bisa mengurutkan angka-angka ini mulai dari yang paling besar (dua puluh) sampai yang paling kecil (sebelas). Semakin ke kanan, angkanya semakin kecil.

Contoh Pengurutan:

  • Dari yang terkecil: 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
  • Dari yang terbesar: 20, 19, 18, 17, 16, 15, 14, 13, 12, 11


LATIHAN SOAL








📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menyampaikan cerita mengenai identitas teman di sekitarnya dengan baik dan berani, serta peserta didik sudah mampu mengenal dan menuliskan lambang bilangan 11 sampai 20 dan mengurutkan bilangan 11 sampai 20. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran hari ini yaitu apsa saat menegrjakan latihan mengurutkan bilangan 11 sampai 20, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang memahami cara mengurutkankan bilangan, sehingga masih memerlukan arahan dan bimbingan dari guru. 


Dokumentasi hari in:







0 komentar:

Posting Komentar