Hari/Tanggal : Senin, 4 November 2024
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajarana
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang hak dan kewajiban anak di sekolah serta belajar tentang bagaiamana cara menyimak cerita.
Adakah yang masih ingat apas aja contoh hak dan kewajiban anak di sekolah? Yaps Good job, salah satu contoh hak anak di sekolah yaitu mendapatkan pembelajaran dari bapak dan ibu guru.. Nah, pada hari ini kita masih akan mempelajari tentang cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
- Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
- Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
- Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
- Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
- Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
- Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
- Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
- Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
- Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?
- Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
- Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
- Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
- Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menceritakan tentang identitas dirinya sendiri,serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyimak dan memahami isi dari suatu gambar dan cerita singkat, namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan membaca dan menyimak cerita, beberapa peserta didik masih memerlukan waktu yang lama untuk membaca dan menuliskan cerita dikarenaka membaca masih terbata-bata. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan wajtu tambahan dan membantu peserta didik yang bersangkutan untuk memahami isi dari cerita yang dibacanya.
Dokumentasi hari in:
0 komentar:
Posting Komentar