http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

01/11/24

PAK

        Hari/Tanggal : Jumat, 01 November 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd             



    
    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar membuat sketssa mehkota siger Lampung dan mahkora emas. Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengenal nilai-nilai anti korupsi, yaitu sikap adil. Okmari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi PAK


PENERAPAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI 

DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




Penerapan nilai-nilai antikorupsi yang bisa diajarkan kepada anak dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Kejujuran:

  • Contoh: Ketika bermain petak umpet, mengajarkan anak untuk tidak bersembunyi di tempat yang tidak sesuai aturan atau berbohong tentang tempat persembunyiannya.
  • Penerapan: Saat mengerjakan tugas, menekankan pentingnya menulis jawaban sendiri tanpa mencontek teman.

2. Tanggung Jawab:

  • Contoh: Mengajarkan anak untuk merapikan mainan setelah bermain dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
  • Penerapan: Jika anak memecahkan gelas, ajarkan untuk mengakui kesalahannya dan membantu membersihkannya.

3. Disiplin:

  • Contoh: Membiasakan anak untuk bangun pagi, mengerjakan tugas tepat waktu, dan mengikuti jadwal kegiatan sehari-hari.
  • Penerapan: Mengajarkan anak untuk selalu datang tepat waktu saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

4. Mandiri

  • Kegiatan sehari-hari:
    • Berpakaian: Ajak anak memilih pakaian sendiri dan mencoba memakainya sendiri.
    • Makan: Biarkan anak mencoba makan sendiri dengan sendok dan garpu, meskipun mungkin masih berantakan.
    • Merapikan mainan: Setelah bermain, ajak anak merapikan mainannya sendiri ke tempatnya masing-masing.
    • Menyikat gigi: Ajar anak untuk menyikat gigi sendiri dengan pengawasan.
  • Tugas sekolah:
    • Mengerjakan PR: Biarkan anak mencoba mengerjakan PR sendiri, meskipun mungkin membutuhkan bantuan.
    • Membawa buku: Ajar anak untuk memeriksa sendiri apakah semua buku dan alat tulis sudah lengkap sebelum berangkat sekolah.

5. Sikap Jujur

  • Bermain:
    • Permainan papan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan saat bermain permainan papan.
    • Menang dan kalah: Ajarkan bahwa menang dan kalah adalah hal yang biasa dan harus diterima dengan lapang dada.
  • Di sekolah:
    • Mengerjakan tugas: Ajak anak untuk jujur jika tidak mengerti suatu materi.
    • Menemukan barang temuan: Ajak anak untuk mengembalikan barang temuan kepada pemiliknya.
  • Di rumah:
    • Membuat kesalahan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan jika melakukan kesalahan.
    • Berbagi: Ajak anak untuk berbagi mainan atau makanan dengan adik atau teman.


⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 



31/10/24

RISA MELINDA SYAHRIE_UKG2024

Hari/Tanggal : Kamis, 31 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd        

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (diskusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, kartu suku kata, gambar
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyimak suatu cerita

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
        1. Peserta didik dapat menyebutkan suku kata yang diawali dengan suku kata 'ka, ki, ku, ke, ko'.
        2. Peserta didik dapat memilih kartu suku kata yang sesuai dengan gambar yang ada.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibacadipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi mengenal kata yang diawali dari suku kata 'ka, ki, ku, ke, ko'. Nah, untuk hari ini kita akan belajar  menyebutkan kata yang diawali suku kata 'ka, ki, ku, ke, ko' dan memilih kartu suku kata yang sesuai dengan gambar yang ada dalam kegiatan berdiskusi. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌Materi Bahasa Indonesia

Mari bernyanyi lagu 'Ayo Cuci Tangan'


Perhatikan gambar berikut!





      Dari gambar diatas kita bisa lihat Lani sedang bersin. Yang mana bersin mengeluarkan kuman sehingga bersin ada aturannya yaitu Tutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu atau lengan baju dalam. Hal ini agar virus tidak menyebar ke udara dan menular ke orang lain. Segera buang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun.


    Latihan 

P5

      Hari/Tanggal : Kamis, 31 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd                   



      📌 Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.    Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati  keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang. 

📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kegiatan menghias mahkota siger menggunakan manik-manik dan payet, Nah, untuk hari ini kita akan melanjtkan menghias mahkota siger dan kalung papan jajar adat Lampung ya nakk. Oke mari simak dan perhatikan materi dan langkah-langkah berikut ini yaa^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 13

 

Jenis Kegiatan                      : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan    :  Kamis, 31 Oktober 2024

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                      : Menghias Aksesoris adat Lampung (Mahkota siger dan 

                                                  kalung papan jajar)

Peran Pendidik                     : Fasilitator dan Narasumber

 

Persiapan:

2.   Mahkota siger dan kalung papan jajar dari kardus

 

Pelaksanaan:

1.      Pendidik gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar

 



2.      Pendidik menampilkan cara membuat gelang adat lampung dari bahan kardus: https://youtu.be/NYuqbnbZV1k?si=nkz1I4NEoXRWQV9Y

3.      Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menghias aksesoris adat Lampung

4.      Bersama Pendidik, peserta didik mencoba menghias mahkota siger dan kalung papan jajar seperti yang ada  pada video.

 

 


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 12

MENGHIAS MAHKOTA SIGER DAN KALUNG PAPAN JAJAR

 

Alat dan Bahan:

  • Manik-manik
  • Lem
  • Alat tulis
  • Gunting
  • Penggaris
  • Sedotan plastik warna kuning
  • Benang/tali kasur warna putih


Langkah-Langkah:

  1.       Peserta didik menyiapkan alat dan bahan
  2.       Pendidik memberikan gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar kepada peserta didik
  3.       Peserta didik menyiapkan kalung papan jajar yang sebelumnya telah dibuat dan siap untuk dihias
  4.       Peserta didik menghias kalung papan jajar menggunakan manik-manik
  5.       Setelah itu tambahkan manik-manik Mutiara ditengah kalung papan jajar
  6.       Setelah dihias, bolongi ujung atas kalung papan jajar
  7.       Setelah kalung papan jajar telah siap, ambil sedotan lalu gunting-gunting kecil sepanjang  2-3 cm.
  8.       masukanbenang/tali kasur ke salah satu bolongan di kalung paoan jajar
  9.       kemudian masukan sedotang yang telah digunting kecil sampai seluruh benang tetrupi oleh sedotan
  10.       setelah selesai doronce, pakailah kalung papan jajar tersebut lalu sesuaikan ukurannya.

 


  ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


30/10/24

P. Pancasila & Matematka

                 

Hari/Tanggal : Rabu, 30 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd        



      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menyelesaikan masalah terkait operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah

  2. Mengenali identitas dirinya dan teman di sekitarnya


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait  operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah
  2. Peserta didik dapat mengenali iddentitas dirinya dan teman di sekitarnya.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal dirinya sendiri dan teman di sekitarnya. Peserta didik mampu menceritakan identitas dirinya dan menceritakan identitas teman di sekitarnya. 

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah  serta mempelajari tentang macam-macam warna. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang identitas diri dan teman di sekitar kita serta belajar untuk menyelesaikan permasalahan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun ke bawahOke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila



Mari kita simak bersama video berikut ini!^^

        

       Mengenal identitas diri adalah fondasi penting dalam perkembangan anak. Dengan memahami siapa       dirinya, anak akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. 

        Apa Saja yang Termasuk dalam Identitas Diri?
        Identitas diri bisa mencakup:
  1.         Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
  2.         Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
  3.         Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
  4.         Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
  5.         Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
        
        Mengapa Penting Mengenal Identitas Diri Sejak Dini?
        Mengenal identitas diri sejak dini sangat penting untuk membantu anak:
  1.        Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2.       Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
  3.       Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
  4.       Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

    Latihan 





📌Materi Matematika






Penjumlahan (Addition)

  • Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
  • Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
  • Gambar apples: 3 apples + 2 apples = 5 apples

Pengurangan (Subtraction)

  • Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
  • Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah 
  • 5 - 2 = 3 buah permen.


LATIHAN SOAL








📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran