http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

08/04/20

MTK & Tema 9 Subtema 3 Pb 1

Matematika (KD 3. )



Latihan soal.
Petunjuk!
1. Pelajari materi sudut yang ada di buku cetak matematika & blogger Bu guru.
2. Kerjakan latihan soal yang ada pada link yang akan Bu guru bagikan di grup kelas.
3. Quis bisa dimulai pukul 07. 45 wib diakhiri pukul 10.45 wib.

Bahasa Indonesia (KD 3. 3)


IPA (KD 3. 5) & IPS (KD 3.1)

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Pengelolaan dan pemanfaatan yang tidak memerhatikan kelestarian tentu akan merusak lingkungan dan berakibat buruk juga terhadap kehidupan manusia.

Manusia selalu membutuhkan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan laju pertambahan penduduk yang semakin meningkat maka pemenfaat tumbuhan dan hewan pun semakin meningkat pula. Namun, dalam pengelolaan dan pemanfaatannya sebagian manusia ada yang bertindak serakah. Menebang pohon sembarangan tanpa diiringi usaha penanaman kembali. Hewan diburu dan ditangkap tanpa aturan. Akibatnya, sejumlah tumbuhan dan hewan terancam punah.

Manusia juga memanfaatkan tanah dan kandungan bahan tambang di dalamnya. Demi mendapatkan bahan tambang tersebut, manusia mengadakan penggalian secara besar-besaan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kendungan kesuburan tanah akibat pembukaan lahan yang semakin luas.

Kegiatan penggalian diikuti dengan pengolahan bahan-bahan tembang menggunakan bahan-bahan kimia. Pembuangan limbah bahan kimia dapat mencemari tanah dan air di sekitarnya. Hal tersebut berakibat tanah menjadi tercemar dan tandus, sehingga tumbuhan tidak bisa lagi tumbuh di atas lahan tersebut.

Pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam yang tidak memikirkan kelestarian lingkungan sangat berdampak merugikan manusia. Sumber daya alam yang didapat manusia begitu cepat tetapi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akan berakibat buruk kepada manusia juga. Hal tersebut dapat menyebabkan bencana alam dan mengancam kepada manusia.Oleh karena itu, pemanfaatan dan pengolahan harus sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan sehingga dapat terus bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Materi Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dari Pembelajaran 3 tema 9

Latihan soal.
Petunjuk!
1. Pelajari materi B. Indonesia, IPA & IPS  yang ada di buku Tema & Bupena, Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 & materi yang ada di blogger Bu guru.
2. Kerjakan latihan soal yang ada pada link yang akan Bu guru bagikan di grup kelas.
3. Quis bisa dimulai pukul 11. 00 wib diakhiri pukul 13.00 wib. 










0 komentar:

Posting Komentar