http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

06/01/20

Tema 6 Subtema 1 Pb 1

Bahasa Indonesia (KD 3. 6)

√ Puisi merupakan sebuah karya sastra yang berisi curahan perasaan penyair tentang apa yang dirasakan, dilihat, dan dipikirkan dengan menggunakan kata-kata.

√ Pengarang puisi disebut penyair.

√ Ciri-ciri puisi :
1. Tersusun dalam baris dan bait.
Puisi biasanya tersusun dalam bentuk bait-bait. Dalam suatu bait puisi terdapat beberapa baris kata ataupun kalimat.
2. Bahasanya terikat irama dan rima.
Irama adalah keselarasan bunyi pada puisi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata, irama berhubungan dengan panjang pendeknya bunyi serta kemerduan bunyi saat membacakan puisi.
Rima adalah persamaan bunyi yang ada dalam baris-baris puisi/bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi. Rima biasanya terdapat pada puisi-puisi lama, seperti pantun.
Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris dengan rima akhir a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.

IPA (KD 3. 2)

√ Semua mahluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

√Pertumbuhan adalah perubahan bentuk tubuh karena adanya pertambahan tinggi dan bobot tubuh.

√Perkembangan adalah proses pematangan fungsi alat tubuh seperti perkembangbiakan, kemampuan gerak, kemampuan berbicara, dan kemampuan berpikir.

√ Hewan & manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan & perkembangan dalam kehidupannya.

√ Pertumbuhan dan perkembangan terjadi selama siklus hidup mahluk hidup, tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

√ Hewan mengalami tahapan pertumbuhan & perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk disetiap tahap hidupnya, namun ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

√ Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis, sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

√ Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan & perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna, sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Contoh siklus hidup :
1. kucing
Anak kucing --- kucing muda --- kucing dewasa.
 2. Ayam
Telur ayam menetas --- anak ayam --- ayam muda --- ayam dewasa

MATEMATIKA (KD 3. )


0 komentar:

Posting Komentar