http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

17/01/20

Tema 6 Subtema 2 Pb 5







Indonesia merupakan negara yang terdiri atas berbagai suku bangsa dan memiliki keanekaragaman di berbagai bidang, salah satunya adalah makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan-makanan khas daerah di tempat asalnya saja. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah di berbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya, pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan di berbagai daerah, bahkan di mancanegara. Indonesia adalah negara yang sangat luas dan memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Begitu juga dengan hal kuliner yang setiap daerah memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Berikut ini adalah daftar makanan daerah yang ada di Indonesia.
  1. Makanan Khas Aceh
         Dari namanya kita tahu kalau mie ini berasal dari Aceh. Mie ini berstruktur tebal dan dicampur dengan irisan daging, disajikan dalam kuah kari yang pedas dan gurih, dicampur dengan sayuran segar dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, cabe dan lain-lain.
mie-aceh-mie-laksa
sumber gambar : selerasa
         2.  Makanan Khas Sumatra Barat
                Rendang adalah makanan yang sangat terkenal hingga keseluruh dunia. Bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Makanan ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Memang benar sekali rendang setelah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Banyak sekali penikmat kuliner berlomba lomba menikmati rendang.
rendang-makanan-khas-sumatera-
sumber gambar : katalog kuliner
        3. Makanan Khas Banten
              Sate Bandeng adalah masakan tradisional khas Banten, Indonesia. Sate Bandeng dibuat dari ikan bandeng yang dihilangkan durinya, dagingnya dibumbui dan dimasukkan kembali ke kulitnya, lalu ditusuk atau dijepit tusukan tangkai bambu, lalu dibakar di atas bara arang.
sate bandeng
sumber gambar : IDN Times
         4. Makanan Khas Jakarta
           Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencurjahemerica butiran, garam dan gula pasir.

kerak telor

sumber gambar : dapur kobe 
      5.  Makanan Khas Jawa Tengah / Yogyakarta
           Gudeg adalah  makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jatiyang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampungtelurtahudan sambal goreng krecek.
gudeg
sumber gambar : katering murah
6. Makanan Khas Bali
              Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk.
ayam
sumber gambar : cookpad
7. Makanan Khas Maluku
                  Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.
papeda
sumber gambar : wikipedia
8. Makanan Khas Palembang
        Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.
Resep-Pempek-Lenjer.jpg
sumber gambar : resep koki
9. Makanan Khas Jawa Timur
        Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.
rujak cingur
sumber gambar : Tribunnews
10. Makanan Khas Sulawesi Utara
          Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara.
tinatuan

0 komentar:

Posting Komentar