http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

30/01/20

Tema 7 Subtema 1 Pb 2


IPA (KD  3. 3) PEMANFAATAN GAYA OTOT


manfaat gaya otot

Saat kita mendorong benda atau menarik benda seperti mendorong meja, menarik kursi, mengangkat kotak atau mengangkat ember yang berisi air maka gaya tersebut disebabkan oleh aksi otot di tubuh kita. Gaya ini dikenal sebagai gaya otot. Gaya otot tidak akan lepas dengan kehidupan kita sehari-hari karena gaya itu ada pada diri kita. Sadar atau tidak disadari dengan memanfaatkan gaya otot kita dapat berjalan, berlari, mengangkat barang, bekerja dan kegiatan lainnya.

Pengertian Gaya Otot

Untuk memahami gaya otot maka kita pahami terlebih dahulu tentang gaya dan otot. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang diberikan kepada suatu benda. Dengan adanya gaya maka dapat menimbulkan perubahan posisi benda, gerak atau terjadi perubahan bentuk pada benda. Sedangkan otot adalah suatu jaringan dalam tubuh manusia maupun hewan yang berperan sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan rangka tubuh manusia serta pergerakan dari organ dalam tubuh. Gaya Otot ditemukan oleh Luigi Galvani. Ia adalah seorang fisikawan dan dokter Italia yang tinggal di kota Bologna. Yang dimaksud dengan gaya otot adalah gaya berupa tarikan atau dorongan terhadap suatu benda yang ditimbulkan/ dihasilkan oleh tenaga otot manusia dan hewan. Ada juga yang mengartikan bahwa gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh manusia atau hewan misalnya pada saat sedang menarik, mendorong, mengangkat ataupun menahan suatu benda.

Manfaat Gaya Otot

Pemanfaatan Gaya Otot
NoManfaat GayaContoh Kegiatan
1Memindahkan bendaSapi menarik pedati, seseorang mengangkat ember yang berisi air, memindahkan kursi dan meja, dan lain sebagainya.
2Menggerakkan tubuhBerjalan, berlari, menoleh, mengangguk, meremas, dan lain sebagainya.
3Melatih dan membentuk tubuhPush up, Sit up, Pull up, dan sebagainya.
4Melakukan pekerjaanMemotong buah, mengayukan palu, menulis, mengetik dan lain sebagainya
5Mempertahankan postur tubuhBerdiri, jongkok dan duduk.


SBdP ( 3. 2)

Naik turunnya nada adalah salah satu hal yang kerap kita temukan dalam sebuah lagu. Perbedaan tinggi nada diperlukan bukan hanya untuk membentuk lagu untuk mengiringi lirik, tetapi juga untuk menambah unsur keindahan sebuah lagu sebagai karya sastra yang estetis. Adapun naik turunnya sebuah lagu dapat kita ketahui dari perbedaan posisi not balok pada paranada atau perbedaan angka yang digunakan pada notasi angka.

KITA DAPAT MERASAKAN NAIK TURUNNYA NADA PADA LAGU APUSE. HAL INI DAPAT DIBUKTIKAN DENGAN MENGACU PADA PERBEDAAN POSISI NOT BALOK PADA PARANADA ATAU PERBEDAAN ANGKA YANG DIGUNAKAN PADA NOTASI ANGKA.



0 komentar:

Posting Komentar