http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

27/11/20

Tematik 27 November 2020

Hari/Tanggal : Kamis/26 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 pembelajaran 1, 2, 3 & 4 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang kita pelajari tentang Makna Kosakata serta Melengkapi Peta Pikiran, Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan, Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem, Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat, Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari, Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Makna Kosakata serta Melengkapi Peta Pikiran

Setiap kali kita membaca teks, kamu akan menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.

Muatan IPA ( KD 3.5 dan 4.5)

Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai makanan adalah urutan proses memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.

Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

 


Berdasarkan contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Di sisi lain, rumput laut dan phytoplanktonmenjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplanktondan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

Muatan Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)

Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi

Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks. Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya yang dapat digunakan adalah:

● APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.
● SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.
● KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.
● (di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.
● MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.
● BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.
● BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

Muatan IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem

Komponen-komponen dalam suatu ekosistem harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan terganggu.

Akibat terganggunya jaring –jaring makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di ekosistem yang berbeda.

Muatan SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)

Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari

Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi

Menyimpulkan berarti menyarikan informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah artikel. Artikel merupakan  sebuah tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya terdapat dalam majalah ataun surat kabar.

Muatan IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )

Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh letak strategis Indoneisa memberikan keuntungan sebagai berikut :

1.      Terjadi akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.

2.      Memudahkan  penyebran  budaya Indonesia ke luar negeri.

Sedangkan kerugiananya dalah banyak budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di Indonesia.

Indonesian dikenal sebagai Negara maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia memiliki  potensi maritim yang melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang beraneka ragam.

Selain potensi maritime, Indonesia dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang  bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.

Muatan PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi

Keragaman latar belakang rakyat Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;

1.      Saling menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.

2.      Bergotongb royong membersihkan lingkungan.

3.      Bekerja saman membangun sarana umum

4.      Membantu korban bencana alam

5.      Menghargai kebudayaan suku lain.

Berikut cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Bersikap terbuka terhadap pelaku ekonomi lain

2.      Menhgormati dan menghargai sesame pelaku ekonomi

3.      Menyelesaikann masalah yang dihadapi dengan musyawarah

4.      Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana

5.      Menjalinn kerja sama dengan baik dan bersikap jujur

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Kebutuhan ekonomi rakyat dapat terpenuhi

2.      Pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai

3.      Terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangi penggangguran

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan atau sudah membaca & memahami materi silahkan kalian tinggalkan komentar di blog ini ya dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha V E semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktunya dilaksanakan ya nak.

Wassalamualaikum.wr.wb 

22 komentar:

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Nama:AULIA Qurota A'YUN
Kelas:5e
Terima kasih bu infonya

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Nama:AULIA Qurota A'YUN
Kelas:5e
Terima kasih bu infonya

Luthfi al kadafi mengatakan...

Luthfi al kadadi
Sudah membaca materi hari ini
Terimakasih bu

Unknown mengatakan...

Asyka alifa
Kls 5e
Terima kasih Bu atas materinya insyaallah bisa dipahami

Talha al idrus mengatakan...

Aydin Khalfani Reagan
Kls 5E
Terima kasih bu materinya

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, sama2 ya nak, terimakasih Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari materi di cerdas & buku siswa ya nak, selalu semangat beribadah & belajar Sholeh Sholeha V E๐Ÿ˜Š

Fika mengatakan...

Fadhil Degantara
5E
Terima kasih materinya bu

Alif mengatakan...

Alif Hamizan AP
Terima kasih materi nya bu

Wiwik mengatakan...

M.ARAIKAL HASAN
TERIMA KASIH MATERI NYA BU

Fachri bintang arabi mengatakan...

Fachri bintang arabi
Kls 5
Terima kasih materi tematik hari ini Bu

Adis Fernando NR mengatakan...

Adis Fernando NR
Terimakasih materinya Bu

Marita Erayanti mengatakan...

Qanita
Sudah mempelajari materi hari ini

Anggun Khairunnisa mengatakan...

Anggun Khairunnisa
Kelas 5E
Sudah mempelajari materi hari ini Bu

Maritza Audrey D.NP. mengatakan...

Maitza audrey dewi np
Terima kasih materi nya bu

Unknown mengatakan...

M.Ridho aldita kelas 5E,saya sudah membaca dan memahami materi yg ibu berikan,terima kasih Bu Risa๐Ÿ™

Endah Quatri mengatakan...

Zhafira zalfa sudah membaca dan inshaa allah sudah memahami materi yg ibu brikan...trimakash bu risa..

Unknown mengatakan...

Nama : Azriel alfarizky. S
Kelas : V.e
Sudah mempelajari materinya

Unknown mengatakan...

Nama: Azriel alfarizky.s
Kelas: V.E
Teeimakasih materinya bu

Unknown mengatakan...

Nama:kanza ayu gazala
Kelas:5E
Terima kasih Bu Risa atas materinya

Mazaya Qirani mengatakan...

Mazaya Qirani L.
5E
Terimakasih untuk materinya bu risa

Unknown mengatakan...

Nama Cr All Rizky Dehan
Kelas 5E
Sudah mempelajari materi hari ini Bu

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, sama2 ya nak, terimakasih Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari materi di cerdas & buku siswa ya nak, selalu semangat beribadah & belajar Sholeh Sholeha V E๐Ÿ˜Š

Posting Komentar