http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

05/09/23

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

Hari/Tanggal : Selasa/05 September 2023

Sholeh Sholeha VE

MUATAN TEMATIK VI B

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd

TEMA 2. PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA  3.  BERSATU KITA TEGUH

PEMBELAJARAN 1


Muatan Pelajaran:
Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4
IPA KD 3.3 dan 4.3

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memaparkan informasi penting dengan menggunakan aspek apa, dimana, kapan, siapa mengapa dan bagaimana dengan menggunakan kosa kata baku
- Peserta didik mampu menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan


RINGKASAN MATERI

BAHASA INDONESIA

 

KATA BAKU DAN KATA TIDAK BAKU

Kata baku adalah kata yang ditulis dan disusun sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Ciri-ciri kata baku yaitu bentuknya tidak mudah berubah, memiliki arti yang tidak rancu dan tidak dipengaruhi oleh zaman.

Contoh:


IPA

MANFAAT ADAPTASI MAKHLUK HIDUP BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan beradaptasi untuk bertahan hidup. Kemampuan itu ditandai dengan bentuk atau struktur khusus dari makhluk hidup tersebut. Bentuk atau struktur khusus tersebut juga bermanfaat bagi manusia  dan lingkungannya. Berikut adalah beberapa pemanfaatan tumbuhan dan hewan bagi manusia dan lingkungan.

 A.     Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

 1.       Lidah Buaya



Lidah buaya memiliki habitat di darat dan mampu bertahan di lingkungan kering. Tumbuhan ini memiliki daun berduri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan, daun yang tebal untuk menyimpan air, dan akar yang panjang dan menyebar agar lebih mudah mencari air.

Lidah buaya dapat menyerap polusi udara disekitarnya. Daging lidah buaya sering dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, untuk menyembuhkan luka luar.

2.       Tumbuhan Bakau

 


Tumbuhan bakau hidup di pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi menahan tumbuhan dari terjangan ombak. Tumbuhan bakau bermanfaat bagi lingkungan dan makhluk hidup lain. Akar bakau berfungsi mencegah abrasi di pantai. Perairan di sekitar akar pohon bakau menjadi tempat hidup dan menjadi sumber makanan bagi beberapa jenis hewan laut, misalnya ikan dan udang.

 


B.     Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

 

1.       Cacing Tanah


Cacing tanah hidup di dalam tanah yang lembap. Cacing bergerak dan mencari makan di dalam tanah. Cacing menghasilkan kotoran yang dapat membuat tanah menjadi subur. Gerakan cacing di dalam tanah juga membuat tanah berpori. Tanah yang berpori membuat tanah mampu menyerap air dan nutrisi sehingga tanaman yang hidup di tanah tersebut menjadi subur.

 

2.       Domba


Domba merupakan hewan yang memiliki ciri khusus berupa rambut tebal. Rambut itu berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat suhu di lingkungan rendah. Rambut domba dimanfaatkan manusia sebagai bahan pembuat kain wol. Kain wol biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian hangat. Selain itu, kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

 


0 komentar:

Posting Komentar