http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

08/11/19

Tema 5 Subtema 1 Pb 5

Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Di akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara.

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada
zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai
keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri.
Kekuasaan Majapahit
Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. Gajah Mada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Berdasarkan urutan arah panah di atas, tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!
Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit.Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan.Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya.Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya.

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain.
1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa? Tujuan Gajah Mada mengucapkan sumpah Palapa adalah untuk menyatukan Nusantara

2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada? Mempersatukan nusantara dibawah Kekuasaan Kerajaan Majapahit

3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan dan berikan contoh! Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Semangat Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dijadikan semangat bangsa Indonesia dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari Gajah Mada? Beliau adalah orang yang menyatukan seluruh Nusantara, hingga mencapai Filipina. Gajah Mada telah mengajarkan arti dari persatuan dan kesatuan untuk menjadi sebuah bangsa yang besar. Oleh karena itu untuk menjadi bangsa yang besar dan kuat persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan! Mahapatih Gajahmada adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Gajah Mada dapat menyatukan Nusantara.

Perjuangan Gajah Mada sampai saat ini tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama di Indonesia. Kebesaran nama dan kejayaan Majapahit pun dapat pula dilihat dari peninggalannya berupa candi. Untuk mengetahui cerita tentang candi peninggalan Kerajaan Majapahit lebih lanjut, baca informasi di bawah ini!
Candi Panataran
Kompleks Candi Penataran
Kemegahan dan kebesaran kompleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh di masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.

Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi, di antaranya candi Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

Tulis pendapatmu tentang candi Panataran!
Candi Panataran membuktikan pernanan dan perjuangan tokoh masa Kerajaan Majapahit. Dalam candi tersebut terdapat arca dan prasasti. Candi Panataran sangat indah dan harus dijaga kelestariannya.

Gajah Mada adalah tokoh yang memiliki jiwa kepahlawanan yang luar biasa. Tokoh yang pantang menyerah dan tak pernah gentar. Untuk memaknai semangat Gajah Madah yang pantang menyerah, marilah menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.
Maju Tak Gentar
LIRIK LAGU MAJU TAK GENTAR
Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak menerkam
Menerjang terjang tak gentar
Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang
1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawabanmu! Merasa bangga dan bersemangat untuk membela bangsa.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu di atas?
Lagu Maju Tak Gentar termasuk lagu perjuangan. Karya C. Simandjuntak ji, dengan tanda birama 4/4. Apa fungsi tanda birama? Setiap birama terdapat 4 Ketukan dan masing- masing ketuk bernilai 1/4.

Dari  partitur seperti yang tampak pada gambar terdapat tempo marcia yang artinya tempo mars atau tempo gerak jalan. Tempo marcia ini berkesan gembira dan tegas. Sedangkan tanda Do = bes adalah nada dasar lagu ini.

3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan? Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Tugas portopolio :

1. Buatlah artikel tentang perjuangan satu tokoh dari masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam (tokoh sudah ditentukan). Carilah informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, serta nilai-nilai kepahlawanan yang dimiliki oleh raja tersebut!

2. Sertakan foto raja (tokoh) & foto2 peninggalan sejarahnya.

2. Dikumpulkan hari selasa (19 November 2019) dalam bentuk print-an menggunakan kertas A4.

0 komentar:

Posting Komentar