http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

12/11/19

Tema 5 Subtema 2 Pb 1

Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku
Sultan Hasanuddin
Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda.

Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.

Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaankerajaan kecil di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda.

Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.

Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.

Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang. Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Tabel KW (know –what do you want to know) adalah  apa yang siswa ketahui, apa yang siswa ingin belajar dan apa yang siswa pelajari dari pelajaran. Sebuah tabel KW adalah tabel grafis yang digunakan selama awal, tengah dan akhir dari pelajaran, untuk membantu siswa mendapatkan gambaran. Cara mengisi tabel KW dimulai dari kolom di sebelah kiri. Kolom di sebelah kanan dapat diisi setelah siswa menggali informasi dari sumber lain.
Apa yang kamu ketahui tentang
Sultan Hasannudin?
Apa yang ingin kamu ketahui lebih
lanjut tentang Sultan Hasannudin?
Beliau adalah pahlawan dan dia adalah
raja dari kerajaan Gowayang ada di sulawesi
selatan
Yang ingin saya ketahui dari Sultan
Hasanudin adalah perjuangan beliau
dalam melawan kesewenang-wenangan
Belanda
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya. Bagaimana cara kamu menghargai perjuangan para pahlawan? Jelaskan! Kemerdekaan Indonesia ditebus oleh pengorbaan para pahlawan bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menghargai jasa para pahlawan dengan cara sebagai berikut
  1. Dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional.
  2. Mengabadikan nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya.
  3. Membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.
  4. Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.
  5. Berziarah ke Taman Makan Pahlawan
  6. Pada waktu upacara mengikuti dengan khidmat
  7. Ikut mendoakan arwah para pahlawan
  8. Melanjutkan perjuangan sesuai dengan kondisi sekarang.
  9. Turut menjaga bentuk peninggalan sejarahnya

Percobaan
Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cerimin

Langkah-langkah Percoban
  1. Duduk bersama kelompokmu.
  2. Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.
  3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
  4. Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
  5. Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.
  6. Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.
  7. Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.
  8. Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan. Buatlah laporan dari percobaanmu.
Nama percobaan:Percobaan Pemantulan Cahaya
Tujuan percobaan:Membuktikan sifat cahaya dapat dipantulkan
Alat-alat yang dibutuhkan:Cermin, alat tulis, buku.
Langkah kerja:
  1. Duduk bersama kelompokmu.
  2. Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.
  3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
  4. Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
  5. Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.
  6. Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.
  7. Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.
KesimpulanDari hasil percobaan membuktikan bahwa salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan dapat dibuktikan dengan kegiatan berkomunikasi menggunakan cahaya.

Sultan Agung, Sultan Besar
Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa kerajaan Islam. Ia adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.

Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung menaruh perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan Kalender Hijriyah yang dipakai dipesisir utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai Bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan Keraton untuk menghilangkan kesenjangan.
Apa yang kamu ketahui
tentang Sultan Agung?
Apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut tentang Sultan
Agung?
Sultan Agung adalah raja kerajaan Islam Mataram.
Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. 
Sultan Agung juga diketahui sebagai
budayawan. beliau memadukan
Kalender Hijriyah
yang dipakai dipesisir utara dengan
kalender Saka yang masih dipakai di
 pedalamanan. Sultan Agung juga
dikenal sebagai penulis naskah Sastra
Gending

Siti ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan raja-raja Nusantara.
Bersama Siti, amati gambar di bawah ini! Berikut adalah Raja pada masa Pemerintahan Kerajaan Islam.
Suku Minang
Amati tokoh-tokoh tersebut. Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja-raja tersebut? Isilah tabel berikut.
Yang aku ketahui tentang
peninggalan Raja-Raja di masa Islam
Yang ingin aku ketahui lebih lanjut
tentang peninggalan Raja-Raja di
masa Islam
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia antara
lain Masjid, kaligrafi, Keraton, Kesusastraan,
pesantren, dan tradisi
Perjuangan raja-raja Islam di Nusantara
Cari informasi tentang perjuangan para raja, peninggalan yang mempengaruhi wilayah di sekitarmu dari buku-buku yang ada di perpustakaan, dari media elektronik.
  1. Sultan Malik al Saleh adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Sebelum menjadi raja, dia bergelar Merah Sile atau Merah Selu. Sultan Malik al Saleh adalah putra Merah Gajah. Diceritakan Merah Selu mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Akhirnya, dia berhasil diangkat menjadi raja di suatu daerah yaitu Samudra Pasai. Merah Selu masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail seorang Syarif Mekah. Setelah masuk Islam, Merah Selu diberi gelar Sultan Malik al Saleh atau Sultan Malikus Saleh 
  2. Sultan Iskandar Muda adalah raja dari Kerajaan Aceh Darussalam yang memerintah tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya, Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaan. Aceh Darussalam menjadi pusat perdagangan yang ramai. Sultan Iskandar Muda sangat menentang penjajahan. Ia menolah keinginan Belanda untuk memonopoli atau menguasai perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.
  3. Sultan Agung adalah Raja Kerajaan Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1631-1645. Sultan Agung dikenal sebagai seorang pemimpin yang menentang penjajah Belanda. Sultan Agung berusaha keras untuk mengusir VOC Belanda yang telah menduduki Batavia. Namun, penyerbuan ini mengalami kegagalan. Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam mencapai punjak kejayaan. 
  4. Sultan Hasanuddin menjadi Raja Kerajaan Makassar pada tahun 1653-1670. Dibawah kepemimpinannya, Makassar mengalami puncak kejayaan. Sultan Hasanuddin gigih menentang penjajah CVOC Belanda. Karena kegigihannya melawan monopoli perdagangan Belanda, Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur.
  5. Raden Patah adalah pendiri sekaligus raja di Kerajaan Demak pada tahun 1500-1518. Raden Patah merupakan keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Selama Raden Patah memimpin kerajaan, ia dibantu oleh seorang wali bernama Sunan Kalijaga. Pada masa pemerintahannya, dibangun sebuah mesjid yang sangat terkenal sampai sekarang. Masjid tersebut adalah Masjid Demak. Pada tahun 1518, Raden Patah wafat. Ia digantikan Pati Unus. 

0 komentar:

Posting Komentar