http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

25/11/19

Tema 5 Subtema 3 PB 4 & 5

Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Bung Tomo
Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Ia seorang pembakar semangat juang untuk bertempur sampai titik darah penghabisan

Beliau mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Teks Bung Tomo merupakan teks nonfiksi. Teks Non fiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, Non Fiksi adalah karya seni yang bersifat faktual. Hal-hal yang terkandung di dalamnya adalah nyata, benar-benar ada dalam kehidupan kita.

Berdasarkan teks di atas tulislah informasi mengenai hari pahlawan. Hari pahlawan jatuh pada tanggal 10 Nopember. Hari pahlawan diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya.

Tulislah sikap-sikap bung Tomo! Bung Tomo membangkitkan semangat rakyat melawan Belanda.

Apakah sikap-sikap bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila? Beliau mepertahankan harga diri tanah air dan bangsa yang telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1045. Tindakan tersebut mencerminkan sila ketiga Pancasila.

Apa yang bisa kamu contoh dari Bung Tomo? Semangat untuk mempertahankan kemerdekaan.

Ceritakan pengalamanmu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila!
Rajin beribadah dan saling menghargai agar teman keluarga dan para masyarakat sekitar tidak merasa di beda-bedakan, lebih toleran terhadap orng yang berbeda agama agar tidak ada perbedaan pada saat bermusyawarah dan agar tidak canggung satu sama lain Meski berbeda keyakinan mereka tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa indonesia

Gigih mempertahankan kemerdekaan. Itulah sikap dari bung Tomo Sikap itu harus kita contoh. Kamu harus gigih dalam belajar.

Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Salah satu tokoh yang berjuang untuk kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda. Bagaimana perjuangan Sultan Iskandar?

Sultan Iskandar Muda Sultan Iskandar Muda adalah sultan yang memimpin Kerajaan Aceh. Beliau berani melawan penjajah yang ingin menguasai perdagangan di Nusantara. Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat sehingga wilayah kekuasaannya makin luas.

Cari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber dan tuliskan dalam bentuk peta pikiran berikut

Sultan Iskandar Muda merupakan sultan yang paling besar dalam masa Kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636. Aceh mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan Iskandar Muda, dimana daerah kekuasaannya yang semakin besar dan reputasi internasional sebagai pusat dari perdagangan dan pembelajaran tentang Islam.
Sultan Iskandar Muda
Masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda yang dimulai pada tahun 1607 sampai 1636. Kejayaan Aceh pada zaman Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam, kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau. Kekuasaan Aceh pula meliputi hingga Perak.

Ketika Iskandar Muda mulai berkuasa pada tahun 1607, ia segera melakukan ekspedisi angkatan laut yang menyebabkan ia mendapatkan kontrol yang efektif di daerah barat laut Indonesia. Pelayaran penaklukannya dilancarkan sampai jauh ke Penang, di pantai timur Semenanjung Melayu, dan pedagang asing dipaksa untuk tunduk kepadanya. Kerajaannya kaya raya, dan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Sultan Iskandar Muda, manusia yang seluruh hidupnya diserahkan mutlak bagi negara dan kebesaran bangsa yang peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh. Bagaimana seluruh pelosok Aceh dan rakyat menikmati kesejahteraan yang berkeadilan dan meraih kemerdekan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan hidupnya demi kemerdekaan rakyatnya. Ayo, Menyanyikan lagu Hari Merdeka!
Hari Merdeka
HARI MERDEKA
Karangan / Ciptaan : H. Mutahar

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita
Pesan yang tersirat dalam lagu perjuangan ini adalah kewajiban kita semua sebagai anak bangsa Indonesia untuk mencintai tanah air, mempertahankan kedaulatan negara, dan juga mensuyukuri rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita dengan kemerdekaan yang telah kita perjuangkan bersama. Tentu saja ini semua membutuhkan tekad yang mesti diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata ─ kita tetap setia, tetap sedia mempertahankan dan membela negara kita.

Setelah kamu berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu Hari Merdeka, sekarang saatnya kamu menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok. Sebelum kamu tampil, perhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar