http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

11/11/19

Tema 5 Subtema 1 Pb 6

Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Apakah kamu pernah mendengar tentang Pangeran Diponegoro? Apa saja yang kamu ketahui tentang Pahlawan Nasional tersebut? Tuliskan hal yang kamu ketahui sebanyak mungkin.

Pangeran Diponegoro
Setelah kekalahannya dalam Peperangan era Napoleon di Eropa,pemerintah belanda yang berada dalam kesulitan ekonomi berusaha menutup kekosongan kas mereka dengan memperlakukan berbagai pajak di wilayah jajahannya,termasuk di Hindia Belanda.

Untuk memperkuat kekuasaan dan perekonomiannya,belanda mulai berusaha menguasai kerajaan kerajaan lain di Nusantara,salah satu diantaranya adalah kerajaan Yogyakarta. Pada pertengahan bulan Mei 1825, pemerintah Belanda yang awalnya memerintahkan pembangunan jalan dari Yogyakarta ke Magelang lewat Muntilan, mengubah rencanannya dan membelokkan jalan itu melewati Tegalrejo.

Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwono III,seoang raja Mataram di Yogyakarta. Rupanya pembangunan jalan yang dilakukan Belanda tepat melintasi makam dari leluhur pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro tersinggung karena Belanda ingin membangun jalan tapi melewati Makam leluhur dari pangeran Diponegoro.

Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825- 1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; dari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati. Usaha ini berhasil karena disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro
Diponegoro
Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan. Keberanian dan sikap pantang menyerah melawan penjajah

Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh. Dalam kehidupan sehari-hari semangat Pangeran Diponegoro dapat diterapkan, misalnya dalam memimpin warga yang berasal dari berbagai macam suku bangsa.

Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut? Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa diteladani dari Pangeran Diponegoro? Tindakan yang dilakukan Pangeran Diponegoro sejalan dengan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

PENILAIAN HARIAN Tema 5 Subtema 1

0 komentar:

Posting Komentar