http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

29/08/19

Tema 2 Subtema 3 Pb 3&4

Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif


Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Energi matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat menghangatkan bumi. Energi cahaya merupakan energi yang dihasilkan atau dipancarkan dari sumber cahaya. Seperti kita ketahui, matahari merupakan sumber dari energi penerangan yang paling besar di dunia.Matahari memancarkan sebagian besar radiasi yang dinamakan elektromagnetik. Sementara manusia sendiri hanya bisa melihat sebagian kecilnya saja dari energi yang satu ini, yakni dikenal dengan nama “cahaya tampak”.
Energi matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat menghangatkan bumi. Di rumah kita banyak menggunakan energi listrik. Apakah ada energi pengganti energi listrik?

Selain bermanfaat untuk kebutuhan minuman, jeruk nipis pun dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Di hadapanmu sudah terdapat empat iris jeruk nipis, lima potong kabel (atau kawat penghantar listrik) jika kabel tidak tersedia dengan masing- masing panjangnya 10 cm, dan satu bola lampu LED.

Amatilah gambar berikut.
Baterai Jeruk
Ikutilah kegiatan yang ada pada gambar sampai lampu menyala. Diskusikan dengan temanmu bagaimana caranya agar lampu menyala. Apabila percobaanmu belum berhasil, cobalah lagi. Perhatikan gambar dengan cermat. Setelah berhasil, cobalah lagi.

Tulislah hasil percobaanmu kedalam tabel berikut.
Nama percobaan:Percobaan Baterai Jeruk Nipis
Tujuan percobaan:Membuktikan bahwa jeruk nipis sebagai sumber energi alternatif
Alat-alat yang dibutuhkan:Buah jeruk nipis
Kabel
Seng dan Tembaga (uang logam 500)
Lampu LED
Jepitan
Langkah kerja:
  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk. 
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung di tusukkan kedalam jeruk. 
  4. Hubungkan dengan lampu LED. 
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak
Hasil percobaanSetelah dilakukan percobaan ternyata lampu LED dapat menyala. Energi listrik dihasilkan dari air asam jeruk nipis, dimana kutub positif terletak pada pangkal atas jeruk yang di tancapkan. Sedangkan kutub negatif dibagian yang lainya. 
KesimpulanDari percobaan tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa jeruk nipis dapat mengalirkan arus listrik. Dari hasil percobaan yang saya lakukan buah jeruk nipis dapat menyalakan lampu setelah dihubungkan secara seri.
Kamu sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman-temanmu. Sekarang tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu lakukan.
  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung ditusukkan kedalam jeruk. 
  4. Hubungkan dengan lampu LED.
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak

  6. Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif
  7. Banyak orang sadar bahwa begitu banyak tantangan yang harus dihadapi untuk menciptakan masa depan dunia yang berkelanjutan. Kita harus membuat perubahan sejak hari ini untuk masa depan planet bumi, dan bagian dari perubahan itu adalah mencari cara lebih hemat energi untuk pemanfaatannya di rumah kita. Ada berbagai cara untuk menghemat energi dan hal-hal kecil dapat menjadi besar bila hal itu telah menjadi kebiasaan.

    Dayu punya cara khusus untuk menghemat energi.
    1. Pastikan ukuran air yang diperlukan. Ketika air kurang kita perlu memasak kembali hal itu juga boros energi.
    2. Gunakan panci yang besarnya sesuai dengan air yang dimasak. Wadah terlalu besar dan isi yang sedikit akan membuang energi lebih banyak.
    3. Masak air dengan panci tertutup. Air akan cepat mendidih jika panci tertutup. Saat tidak tertutup energi panas anan terbuang sia-sia.
    Hal itu bisa kita contoh di rumah ya,

    Ayo Membaca
    Bagaimana hasil pengamatanmu? (buka kembali pembelajaran 2) Sampaikan kepada temanmu, hasil pengamatan di lingkunganmu. Buatlah petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang kamu
    temukan. Jika warga di lingkunganmu masih banyak yang belum hemat listrik buatlah petunjuk tentang listrik. Begitu pula air atau BBM Contoh-contoh yang bisa membantumu.
    Poster
    Pasanglah di lingkunganmu. Ajak mereka untuk hemat energi ya. Membuat masyarakat sadar akan hemat energi juga kewajiban kita.

0 komentar:

Posting Komentar