http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

13/08/19

Tema 2 Subtema 1 Pb 6


Hari/tanggal    : Selasa/13 Agustus 2019
Tema/subtema : 2. Selalu Berhemat Energi/1. Sumber Energi
Tujuan Pembelajaran :
·      Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.
·      Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
·      Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
·      Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

BAHASA INDONESIA (KD 3. 1)
Materi Ajar : Menemukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Teks Visual
Rangkuman Materi :
Ø Gagasan pokok dan gagasan pendukung dibuat sesuai dengan informasi yang diperoleh dari gambar yang diamati.
Contoh : Buatlah tulisan dari gambar berikut! Berdasarkan tulisan yang dibuat, tentukan peta pikiran yang berisi gagasan pokok dan gagasan pendukung.


PKn (KD 3. 2)
Materi Ajar : Hak dan Kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
Rangkuman Materi :
Ø Manusia berhak memanfaatkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui contohnya bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor. Manusia juga memiliki kewajiban menjaga dan melestarikan sumber daya alam tersebut agar tidak cepat habis.
Ø Penggunaan bahan bakar yang berlebihan dapat menimbulkan kelangkaan. Kelangkaan bahan bakar minyak mengakibatkan hak pengguna kendaraan bermotor tidak terpenuhi. Jika bahan bakar minyak langka banyak kendaraan yang tidak dapat digunakan.
Ø Contoh cara menghemat bahan bakar minyak salah satunya adalah hanya menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat kita bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

0 komentar:

Posting Komentar