http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

20/08/19

Tema 2 Subtema 2 Pb 5

Hari/tanggal     : Rabu/21 Agustus 2019
Tema/subtema : 2. Selalu Berhemat Energi/2. Manfaat Energi
Tujuan Pembelajaran :
Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan benar.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

SBdP (KD 3. 2)
Materi Ajar : Menyanyi Lagu sesuai Tempo dan Tinggi Rendah Nada, Pola Irama dan Ketukan
Rangkuman Materi :
Irama adalah rangkaian bunyi yang teratur. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu. Pola tersebut terbentuk dari bunyi nada yang teratur dan berulang-ulang.
Panjang pendek bunyi nada dapat dihitung berdasarkan ketukan.
Pola irama dalam lagu umumnya 4/4, 3/4, 2/4, dan 6/8.
Bunyi yang dihasilkan dapat berasal dari eksternal dan internal. Bunyi eksternal dihasilkan oleh alat musik. Bunyi internal dapat dihasilkan dari tubuh kita yaitu bertepuk tangan, menepuk paha, dan mengentakkan kaki ke lantai.

IPS (KD 3. 1)
Materi Ajar : Manfaat batu Bara.
Rangkuman Materi :
Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Indonesia merupakan salah satu dari sepuluh negara penghasil batu bara terbesar.
Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. Batu bara terbentuk dari endapan organik berupa sisa-sisa tumbuhan yang tersimpan dalam tanah selama ratusan juta tahun yang lalu.
Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
Manfaat batu bara sebagai berikut :
Penambangan batu bara di Indonesia terletak di beberapa wilayah antara lain di Pulau Laut (Kalimantan Selatan), Kutai Timur (Kalimantan Timur), dan Muara Enim (Sumatera Selatan).

0 komentar:

Posting Komentar