http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

05/08/19

Tema 2 Subtema 1 Pb 1


Hari/tanggal    : Selasa/06 Agustus 2019
Tema/subtema : 2. Selalu Berhemat Energi/1. Sumber Energi
Tujuan Pembelajaran :
·      Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
·      Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
·      Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
·      Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
·      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.
·      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
·      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

IPA (KD 3. 5)
Materi Ajar : Energi Matahari dalam Kehidupan Sehari-hari
Rangkuman Materi :
Ø Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja.
Ø Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan tetapi energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Ø Energi dihasilkan oleh sumber energi/penghasil energi disebut sumber energi.
Ø Sumber energi terbesar di bumi adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas dan energi cahaya. Matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan mahluk hidup lain di bumi. Berikut contoh manfaat matahari sebagai sumber energi :
1.   Panas matahari membantu aktivitas manusia misalnya untuk mengeringkan pakaian, menguapkan air laut untuk membuat garam, dan mengeringkan bahan makanan .
2.   Panas matahari menguapkan air di permukaan bumi dalam peristiwa daur air.
3.   Panas matahari mempertahankan suhu atmosfer bumi/panas matahari membuat bumi menjadi hangat sehingga dapat menjadi tempat tinggal mahluk hidup.
4.   Cahaya matahari membantu proses fotosintesistumbuhan untuk tumbuh, fotosintesis juga menghasilkan oksigen dan bahan makanan untuk mahluk hidup lain.
5.   Cahaya matahari menerangi permukaan bumi.
6.   Cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik, penggunaan panel surya memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik.

Bahasa Indonesia (KD 3. 2)
Materi Ajar : Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Teks Visual
Rangkuman Materi :
Ø Menemukan informasi penting dengan menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual dapat dilakukan dengan mengamati gambar yang disajikan.
Ø Mengolah informasi teks visual adalah mengolah sumber data berupa gambar menjadi sebuah informasi yang lebih jelas.
Ø Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat peta pikiran.
Contoh :





IPS (KD 3. 1)
Materi Ajar : Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya.
Rangkuman Materi :
Ø Energi yang digunakan oleh mahluk hidup berasal dari alam.
Ø Segala sesuatu yang berasal dari alam/kekayaan alam berupa benda mati maupun benda hidup dan dimanfaatkan untuk melangsungkan hidup disebut Sumber Daya Alam (SDA).
Ø Sumber Daya Alam (SDA) ada dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Ø Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang dan dapat dilestarika, contohnya tumbuhan, hewan, air, udara, dan sinar matahari.
Ø Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena proses terbentuknya membutuhkan waktu berjutaan tahun, contohnya minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, intan, dan bahan tambang lainnya.
Ø Setiap daerah mempunyai potensi sumber daya alam yang berbeda. Sumber daya alam berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Misalnya penduduk di daerah pegunungan berprofesi sebagai petani atau peternak hewan, penduduk di tepi pantai berprofesi sebagai nelayan atau petani garam.
 Ø Setiap daerah saling berhubungan meskipun memiliki sumber daya alam yang berbeda. Misalnya penduduk di pegunungan dapat menikmati sumber daya alam yang dihasilkan di tepi pantai, begitu juga sebaliknya. Hal itu dapat terjadi karena penduduk di tiap daerah menjual hasil sumber daya alamnya ke daerah lain.

0 komentar:

Posting Komentar