http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

13/04/25

P. Pancasila & B. Indonesia

 Hari/Tanggal: Senin, 14 April 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  


    📌 Capaian Pembelajaran (CP)
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

  📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
  1. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
  2. Peserta didik dapat menuliskan kata – kata sederhana tentang arah dan letak

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: Konstekstual, Diskusi kelompok
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar, LKPD
 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang arah mata angin, cara membaca denah dan juga tentang cara menyimak suatu cerita dan menumukan informasi dari suatu cerita. Nah, hari ini kita akan kembali mempelajari tentang arah dan letak serta cara merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita. Oke mari kita simak dan perhatikan video pembalajaran serta materi di bawah ini yaa ^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^



Gotong Royong

  • Perhatikan gambar di atas! (pertanyaan pemantik)

  1.       Siapa yang suka membantu orangtua di rumah? 
  2.       Apakah kalian suka membantu orang tua di rumah?
  3.       Pekerjaan apa yang kalian lakukan untuk membantu orangtua di rumah?”

Apa itu Gotong Royong?

Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti bekerja bersama teman-teman di kelas untuk membersihkan kelas. Atau membantu ibu membersihkan rumah. Gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Gotong royong membuat kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman dan keluarga. Gotong royong mengajarkan kita untuk saling membantu dan peduli terhadap orang lain.

    Contoh Gotong Royong di Rumah

    • Membantu ibu membersihkan rumah.
    • Membantu ayah membersihkan halaman.
    • Merapikan mainan bersama-sama.
    • Mencuci piring bersama-sama setelah makan.

    Manfaat Gotong Royong

    • Pekerjaan menjadi lebih ringan.
    • Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
    • Mempererat persahabatan dan kekeluargaan.
    • Menumbuhkan sikap saling membantu.
    • Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.
    AYO BERLATIH!
        1. Simaklah cerita berikut!

    “Rumahku Istanaku”

    Rumah adalah tempat kita tinggal. Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga Setiap anggota keluarga punya tangung jawab Bersama-sama dengan keluarga menjaga kebersihan rumah Rumah yang bersih membuat kita nyaman di rumah Jika rumah bersih kita akan terhindar dari penyakit.


    Tugas: Tuliskan informasi apa saja yang kamu dapat dari cerita di atas!


    2. Kerjakanlah latihan berikut!



    📌 Materi Bahasa Indonesia


    Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^

        

        Setelah memperhatikan video diatas, anak sholih sholihah perhatikan tangan bu guru ya. Mana yang tangan kanan dan mana yang tangan kiri?
       Tangan kanan dan kiri memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tangan kanan umumnya digunakan untuk hal-hal sopan seperti makan, minum, bersalaman, menulis dan sebagainya, sedangkan tangan kiri digunakan untuk hal-hal yang tidak bersih seperti mengangkat sampah dan membersihkan kotoran tubuhNamun, kedua tangan ini dapat digunakan dengan baik untuk membantu aktivitas sehari-hari. 
          Perhatikan denah berikut!
    Contoh soal 
           1. Di samping kanan rumah Rafa adalah rumah Paundra
    2     2. Di samping kiri rumah Asenka adalah rumah Gabriel
           3. Di depan rumah Seyna adalah rumah Yuri. 
            
            Latihan Soal
       


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    10/04/25

    PAK

      Hari/Tanggal: Jum'at, 11 April 2025

    Sholeh Sholeha VE

    KELAS I.A

    GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  

        
        📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

    📌 Metode dan Media ajar

    •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
    •        Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak PAK
     

    📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

    Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

    📌  Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah tentang sikap peduli dan sikap adil. Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengenal nilai-nilai anti korupsi lainnya, yaitu sikap adil. Okmari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



    📌 Materi PAK


    PENERAPAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI 

    DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




    Penerapan nilai-nilai antikorupsi yang bisa diajarkan kepada anak dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

    1. Kejujuran:

    • Contoh: Ketika bermain petak umpet, mengajarkan anak untuk tidak bersembunyi di tempat yang tidak sesuai aturan atau berbohong tentang tempat persembunyiannya.
    • Penerapan: Saat mengerjakan tugas, menekankan pentingnya menulis jawaban sendiri tanpa mencontek teman.

    2. Tanggung Jawab:

    • Contoh: Mengajarkan anak untuk merapikan mainan setelah bermain dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
    • Penerapan: Jika anak memecahkan gelas, ajarkan untuk mengakui kesalahannya dan membantu membersihkannya.

    3. Disiplin:

    • Contoh: Membiasakan anak untuk bangun pagi, mengerjakan tugas tepat waktu, dan mengikuti jadwal kegiatan sehari-hari.
    • Penerapan: Mengajarkan anak untuk selalu datang tepat waktu saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

    4. Mandiri

    • Kegiatan sehari-hari:
      • Berpakaian: Ajak anak memilih pakaian sendiri dan mencoba memakainya sendiri.
      • Makan: Biarkan anak mencoba makan sendiri dengan sendok dan garpu, meskipun mungkin masih berantakan.
      • Merapikan mainan: Setelah bermain, ajak anak merapikan mainannya sendiri ke tempatnya masing-masing.
      • Menyikat gigi: Ajar anak untuk menyikat gigi sendiri dengan pengawasan.
    • Tugas sekolah:
      • Mengerjakan PR: Biarkan anak mencoba mengerjakan PR sendiri, meskipun mungkin membutuhkan bantuan.
      • Membawa buku: Ajar anak untuk memeriksa sendiri apakah semua buku dan alat tulis sudah lengkap sebelum berangkat sekolah.

    5. Sikap Jujur

    • Bermain:
      • Permainan papan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan saat bermain permainan papan.
      • Menang dan kalah: Ajarkan bahwa menang dan kalah adalah hal yang biasa dan harus diterima dengan lapang dada.
    • Di sekolah:
      • Mengerjakan tugas: Ajak anak untuk jujur jika tidak mengerti suatu materi.
      • Menemukan barang temuan: Ajak anak untuk mengembalikan barang temuan kepada pemiliknya.
    • Di rumah:
      • Membuat kesalahan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan jika melakukan kesalahan.
      • Berbagi: Ajak anak untuk berbagi mainan atau makanan dengan adik atau teman.

    ⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


    Berdasarkan pembelajaran hari ini, alhamdulillah peserta didik sidah mampu mengenal dan memahami nilai-nilai anti korupsi, serta sudah mampu mengerjakan post test dengan baik san mandiri.


    Dokumentasi hari ini:





    09/04/25

    P5

    Hari/Tanggal: Kamis, 10 April 2025

    Sholeh Sholeha VE

    KELAS I.A

    GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  

     

          📌  TUJUAN 

    Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

    1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
    2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
    3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

    📌  ALUR

    1.    Tahap pengenalan

    Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

    2.      Tahap Kontekstual

    Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

    3.      Tahap Aksi

    Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

    4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

         Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

     

    📌   TARGET

    Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

    📌 Metode Pembelajaran:

    •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
    •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

    📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

    Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

    📌  Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

    Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



    📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



     TAHAP AKSI NYATA

    PERTEMUAN 8

     

    Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

    Tanggal Pelaksanaan      : Kamis, 10 April 2025

    Waktu                                     : 1 x pertemuan

    Materi                                      : Berlatih menyanyikan lagu seminung dan cangget agung, berlatih drama dengan naskah

    Peran Pendidik                        : Fasilitator dan Narasumber

     

     

    AKTIVITAS 1

    (Kelompok lagu daerah Lampung)

     

    Alat dan bahan            : video lirik lagu cangget agung dan seminung

    Tujuan                         : Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya

      dan kearifan lokal Lampung

     

    Pelaksanaan:

    1.      Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung

    2.      Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama

    Video lagu seminung: https://youtu.be/Ma_ZNEyoJcI?si=FLWg3yAGqdu-Q4ud

    3.      Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait kegiatan p5 khususnya terkait lagu daerah

    4.      Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung Bersama

    Video lagu cangget agung: https://youtu.be/ClsfrygufFc?si=MdIAhnSud-AfrdAY

    5.      Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik

     

    Refleksi oleh pendidik

    Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

    1.      Kendala apa yang dihadapi ketika berlatih?

    2.      Apakah lirik lagu sulit untuk dipelajari?

    3.      Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?

     

     

     

     

    AKTIVITAS 2

    (Kelompok drama dan properti)

     

    Pelaksanaan :

    1.      Peserta didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu Asal Usul Provinsi Lampung

    Video asal usul provinsi Lampung: https://youtu.be/qPg2L8nTqQ8?si=JfzT9r47YHbPMX9O

    2.      Pendidik meminta beberapa peserta didik untuk berlatih dialog dan ekspresi mengikuti tokoh di cerita asal usul Lampung

    3.      Setelah berlatih drama, pendidik menentukan peran yang akan dibawakan oleh peserta didik

    4.      Peserta didik berlatih drama sesuai dengan perannya (naskah drama terlampir)

    5.      Pendidik melakukan evaluasi terkait hasil latihan dan memberikan masukan untuk latihan di pertemuan selanjutnya.

     

    Persiapan drama:


    ·         Tokoh:

    -          1: Ompung Silampongah

    -          2: Ompung Silitongah

    -          3: Ompung Silaitoah

    -          4: Ompung Sintalangah

    -          5: Kepala Desa

    -          6.7.8: warga desa (memasak + memanen sayur)

    -          9.10.11: warga desa (berbincang +beternak)

    -          12,13,14: Warga Desa (bangun rumah +memancing ikan)

    -          15: Narator


    ·         Properti:

    -          Gunung berapi: 1

    -          Bukit:3

    -          Awan:3

    -          Pepohon: 4

    -          Gelombang laut:2

    -          Rakit:2

    -          Dayung:3

    -          Tongkat: 1

    -          Rumah:3

    -          Matahari: 1

    -          Hiasan bunga-bunga

    -          Peta provinsi Lampung

     

    Refleksi oleh pendidik

    Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

    1.      Kendala apa yang dihadapi ketika berlatih drama dan lagu daerah?

    2.      Apakah lirik lagu sulit untuk dipelajari?

    3.      Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?

     

     

    RUBRIK PENILAIAN AKTIVITAS 2:

     

    No

    Nama Siswa

    Peserta didik sepenuhnya mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

    Peserta didik sudah mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

    Peserta didik cukup mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

    Peserta didik belum mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    SB

    B

    C

    PB

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Keterangan: PB (Perlu Bimbingan), C (Cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik)

     

    📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

    Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah peserta didik sudah sapat berlatih drama lebih baik sesuai dengan karakter dan narasinya masing-asing, serta untuk kelompok lagu daerah juga sudah berlatih dengan baik dan percaya diri.

    Dokumentasi hari ini.