http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

13/04/25

P. Pancasila & B. Indonesia

 Hari/Tanggal: Senin, 14 April 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  


    📌 Capaian Pembelajaran (CP)
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

  📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
  1. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
  2. Peserta didik dapat menuliskan kata – kata sederhana tentang arah dan letak

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: Konstekstual, Diskusi kelompok
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar, LKPD
 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang arah mata angin, cara membaca denah dan juga tentang cara menyimak suatu cerita dan menumukan informasi dari suatu cerita. Nah, hari ini kita akan kembali mempelajari tentang arah dan letak serta cara merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita. Oke mari kita simak dan perhatikan video pembalajaran serta materi di bawah ini yaa ^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^



Gotong Royong

  • Perhatikan gambar di atas! (pertanyaan pemantik)

  1.       Siapa yang suka membantu orangtua di rumah? 
  2.       Apakah kalian suka membantu orang tua di rumah?
  3.       Pekerjaan apa yang kalian lakukan untuk membantu orangtua di rumah?”

Apa itu Gotong Royong?

Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti bekerja bersama teman-teman di kelas untuk membersihkan kelas. Atau membantu ibu membersihkan rumah. Gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Gotong royong membuat kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman dan keluarga. Gotong royong mengajarkan kita untuk saling membantu dan peduli terhadap orang lain.

    Contoh Gotong Royong di Rumah

    • Membantu ibu membersihkan rumah.
    • Membantu ayah membersihkan halaman.
    • Merapikan mainan bersama-sama.
    • Mencuci piring bersama-sama setelah makan.

    Manfaat Gotong Royong

    • Pekerjaan menjadi lebih ringan.
    • Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
    • Mempererat persahabatan dan kekeluargaan.
    • Menumbuhkan sikap saling membantu.
    • Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.
    AYO BERLATIH!
        1. Simaklah cerita berikut!

    “Rumahku Istanaku”

    Rumah adalah tempat kita tinggal. Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga Setiap anggota keluarga punya tangung jawab Bersama-sama dengan keluarga menjaga kebersihan rumah Rumah yang bersih membuat kita nyaman di rumah Jika rumah bersih kita akan terhindar dari penyakit.


    Tugas: Tuliskan informasi apa saja yang kamu dapat dari cerita di atas!


    2. Kerjakanlah latihan berikut!



    📌 Materi Bahasa Indonesia


    Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^

        

        Setelah memperhatikan video diatas, anak sholih sholihah perhatikan tangan bu guru ya. Mana yang tangan kanan dan mana yang tangan kiri?
       Tangan kanan dan kiri memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tangan kanan umumnya digunakan untuk hal-hal sopan seperti makan, minum, bersalaman, menulis dan sebagainya, sedangkan tangan kiri digunakan untuk hal-hal yang tidak bersih seperti mengangkat sampah dan membersihkan kotoran tubuhNamun, kedua tangan ini dapat digunakan dengan baik untuk membantu aktivitas sehari-hari. 
          Perhatikan denah berikut!
    Contoh soal 
           1. Di samping kanan rumah Rafa adalah rumah Paundra
    2     2. Di samping kiri rumah Asenka adalah rumah Gabriel
           3. Di depan rumah Seyna adalah rumah Yuri. 
            
            Latihan Soal
       


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
    Berdasarkan penbelajaran ini, dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, serta peserta didik jiga sidah mampu mengenal arah dan letak kanan kiri.

    Dokumentasi hari ini:




    0 komentar:

    Posting Komentar