http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

30/07/19

Bunyi


Tema 1 Subtema 3


Jenis-jenis Pecahan


28/07/19

Pola Lantai dalam Tari


Tema 1 Subtema 2


Tema/Subtema : 1. Indahnya Kebersamaan/ 2. Kebersamaan dalam Keberagaman    
     
PKn (KD 3. 4)
Materi Ajar : Kerjasama dalam Keragaman

Rangkuman Materi :
Ø Kerjasama merupakan kegiatan/usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama.
Ø Kerjasama memiliki banyak manfaat  yaitu :
a.    Meringankan pekerjaan,
b.   Membuat pekerjaan menjadi cepat selesai,
c.    Meningkatkan rasa persatuan & kesatuan,
d.   Memupuk rasa peduli/tolong menolong.
Ø Kerjasama dapat dilakukan dimana saja seperti di rumah, di lingkungan sekolah (kelas), & di lingkungan masyarakat.
1.    Contoh kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan rumah adalah membersihkan rumah bersama anggota keluarga.
2.    Contoh kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah (kelas) diantaranya :
a.    Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah,
b.   Piket kelas,
c.    Mengumpulkan sumbangan,
d.   Mengerjakan tugas kelompok.
3.  Contoh kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat antara lain :
a.    Ronda,
b.   Kerja bakti,
c.    Gotong royong menolong warga yang mengalami musibah,
d.   Persiapan HUT Kemerdekaan.

Bahasa Indonesia (KD 3. 1)
Materi Ajar : Gagasan pokok & gagasan pendukung dalam bentuk peta pikiran/diagram.

Rangkuman Materi :
Ø Gagasan pokok & gagasan pendukung akan lebih dipahami jika disusun dalam sebuah diagram/peta pikiran.
Ø Berikut cara menentukan gagasan pokok & gagasan pendukung dalam bentuk diagram/peta pikiran :
a.    Bacalah paragraf dengan seksama,
b.   Cermatilah kalimat pertama hingga kalimat terakhir,
c.    Tentukan gagasan pokok & gagasan pendukung paragraf,
d.   Gagasan pokok adalah bagian inti,
e.   Gagasan pendukung adalah cabang-cabang dari gagasan pokok.
Ø Peta pikiran yang berisi gagasan pokok & gagasan pendukung dapat dijadikan acuan untuk membuat ringkasan.
Ø Ringkasan menulis kembali isi teks secara singkat.
Ø Langkah-langkah membuat ringkasan :
a.    Membaca teks dengan seksama,
b.   Menggunakan kalimat tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana, dimana, kapan untuk mengetahui kejadian yang diceritakan dalam teks,
c.    Mencatat hal-hal penting yang ditemukan,
d.   Membuat peta pikiran untuk mencatat gagasan pokok & gagasan pendukung pada setiap paragraf,
e.   Membuat ringkasan berdasarkan peta pikiran menggunakan bahasamu sendiri,
f.     Ringkasan ditulis sesuai urutan peristiwa dalam teks,
g.    Gunakan kalimat yang ringkas.

IPA (KD 3. 6)
Materi Ajar : Indera pendengaran.

Rangkuman Materi :
Ø Telinga merupakan indera pendengaran bagi manusia. Selain berfungsi sebagai alat pendengaran telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh. Telinga dapat mengetahui sumber & tempat bunyi berasal.
Ø Telinga dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
a.    Telinga luar (daun telinga, liang telinga),
     Daun telinga berfungsi menangkap getaran bunyi, liang telinga berfungsi meneruskan bunyi ke telinga tengah.
b.   Telinga tengah (tulang-tulang pendengaran, gendang telinga),
     Gendang telinga berfungsi menerima getaran bunyi dari daun telinga & meneruskannya ke tulang pendengaran, tulang-tulang pendengaran berfungsi meneruskan getaranbunyi ke koklea.
c.    Telinga dalam (saluran setengah lingkaran, saraf pendengaran, koklea, saluran eustachius),
     Koklea berfungsi menerima & meneruskan getaran bunyi ke saraf pendengaran,  saraf pendengaran berfungsi meneruskan bunyi ke otak.
Ø Telinga manusia dapat mendengar bunyi dengan frekuensi 20-20. 000 Hz.
Ø Cara merawat kesehatan telinga :
a.  Bersihkan telinga secara teratur menggunakan sapu tangan & air hangat,
b.  Jangan mengorek-ngorek telinga terlalu dalam,
c.  Tutup lubang telinga jika mendengar bumyi terlalu keras.

IPS (KD 3. 2)
Materi Ajar : Keragaman agama di Indonesia

Rangkuman Materi :
Ø  Di Indonesia ada 6 agama yang diakui yaitu Islam, Kristen, katolik, Budha, Hindu & Khonghucu.
No.
Agama
KItab Suci
Tempat Ibadah
Hari Besar Keagamaan
1.
Islam
Al-Qu’ran
Masjid
Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, Tahun Baru Hijriah.
2.
Kristen
Alkitab
Gereja
Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Al Masih.
3.
Katolik
Alkitab
Gereja
Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Al Masih.
4.
Budha
Tri Pitaka
Wihara
Hari Waisak, Hari Asadha, Hari Kathina
5.
Hindu
Weda
Pura
Hari Nyepi, Hari Saraswati, Hari Pagerwesi.
6.
Khonghucu
Sishu Wujing
Kelenteng
Tahun Baru Imlek 7 Cap Go Meh.


SBdP (KD 3. 3)
Materi Ajar : Formasi/Pola Lantai & Iringan Musik dalam tari.

Rangkuman Materi :
Ø Pola lantai adalah formasi atau perpindahan tempat yang dilakukan oleh penari.
Ø Fungsi pola lantai dalam tari :
a.  Menciptakan kekompakan penari,
b.  Memperindah tarian,
c.  Membentuk komposisi dalam pertunjukan.
Ø Macam-macam pola lantai dalam tari yaitu horizontal, vertikal, zig-zag, lingkaran, membentuk huruf U/V dan lain-lain.
Ø Sebuah tarian akan lebih indah jika diiringi oleh lagu/musik pengiring. Hitungan dalam tarian dapat disesuaikan dengan lagu pengiring.

25/07/19

Video Tari Bungong Jeumpa




22/07/19

Tema 1 Subtema 1

PKn (KD 3. 4)

Materi Pembelajaran :
Makna persatuan & kesatuan dalam keberagaman.

Rangkuman materi :
Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.
Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.
Menghargai perbedaan akan memperkuat persatuan dan kesatuan. Semua orang harus hidup rukun meskipun memiliki perbedaan.
Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
contoh sikap yang mencerminkan persatuan & kesatuan dalam keberagaman :
a. Bermain tidak memilih-milih teman
b. Membantu teman yang mengalami musibah
c. tidak mengejek suku bangsa yang berbeda

Bahasa Indonesia (KD 3. 1)

Materi Pembelajaran :
Gagasan Pokok & gagasan pendukung dari teks tulis.

Rangkuman Materi :
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung.
A. Pengertian gagasan pokok & gagasan pendukung :
1. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan.
2. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

IPA (KD 3. 6)

Materi Pembelajaran :
Cara menghasilkan bunyi.

Rangkuman Materi :
- Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar.
- Benda-benda yang bergetar & menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
- Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, & gas. Akan tetapi bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.
- Indonesia juga kaya akan jenis alat musik, cara memainkan & cara terjadinya bunyi berbeda2, contohnya :
1. Kecapi berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.
2. Angklung berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan.
3. Saluang  berasal dari Sumatera Barat dimainkan dengan cara ditiup.
4. Kendang berasal dari Jawa Barat  & tifa berasal dari papua dimainkan dengan cara dipukul.

IPS (KD 3. 2)

Materi Pembelajaran :
Keragaman budaya, etnis, dan agama.

Rangkuman Materi :
- Bentuk2 keragaman yang ada di Indonesia antara lain : suku bangsa, sosial & budaya, agama, bahasa daerah, alat musik tradisional, rumah adat, tarian tradisional, makanan khas, pakaian adat, senjata tradisional.
-  Contoh keragaman yang ada di Indonesia antara lain :
1. Tari Kipas Pakarena berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan, Tari Bungong Jeumpa berasal dari Aceh.
2. Suku Sunda berasal dari provinsi/daerah Jawa Barat, suku minang berasal dari provinsi/daerah Sumatera Barat.
3. Rumah adat suku Minang adalah Rumah Gadang, rumah adat suku Lampung adalah Nuwo Sesat, dan sebagainya.

SBdP

Materi Pembelajaran :
Gerakan dasar Tari Bungong Jeumpa

Rangkuman materi :
Tari Bungong Jeumpa berasal dari Aceh.
Bungong Jeumpa berarti bunga cempaka.
Tarian ini dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan saat berdiri dan gerakan saat duduk.
1. Gerakan saat berdiri :
Gerakan A
• Kedua tangan di atas, kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kanan 2 kali.
• Kedua tangan di atas. Kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kiri 2 kali.
Hitungan 4x8.
Gerakan B & C
• Menghadap serong ke kanan. Kedua jari rapat ditarik ke atas. Kaki kanan ke depan.
• Tangan ditarik ke bawah, kaki kanan mundur.
• Menghadap serong ke kiri. Kedua jari rapat ditarik ke atas. Kaki kiri ke depan.
• Bergantian kanan kiri sebanyak dua kali dua kali .
Hitungan 2x8
Gerakan D
• Kedua telapak tangan saling berhadapan.
• Dibalik ke kanan dan kiri bergantian. Kaki berjalan ditempat sambil diayun.
Hitungan 4x8
Gerakan E
• Kedua tangan memegang bahu, tangan didorong ke depan. Tangan lurus jari tanganmengarah ke atas.
• Kaki maju bergantian kanan dan kiri.
Hitungan 2x8








2. Gerakan saat duduk
Gerakan F
• Tangan kanan di bahu dan tangan kiri di paha. Ditepuk dua kali secara bersamaan. Lakukan secara bergantian kanan dan kiri.
Hitungan 4x8
Gerakan G
• Tangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku. Tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku. Kemudian tepuk 2X. Lakukan secara bergantian
Hitungan 2x8
Gerakan H
• Kedua tangan tepuk lurus ke depan. Tepuk ke tengah. Tepuk ke atas. Tepuk ke tengah. Ketika tepuk atas badan diangkat.
Hitungan 4x8
Gerakan I
• Kedua tangan memegang lantai, serong ke kanan dan ke kiri. Ditarik ke atas tangan lurusserong ke kanan dan ke kiri. Bergantian.
Hitungan 2x8






12/07/19

Keragaman Suku Bangsa


Pecahan (MTK)


Pecahan (MTK)


Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1