http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

30/01/25

PAK

Hari/Tanggal: Jumat, 31 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   

 

    
    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak PAK

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang budaya dan kekhasan provinsi lampung.

Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengenal nilai-nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, dan mandiri. Okmari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi PAK


SIKAP MANDIRI



Baik ananda sholeh sholehah, apakah kesimpulan yang dapat kita ambil dari video animasi di atas?
iyaaa, kita harus bersikap jujur atas semua tindakan yang kita lakukan.

Sikap mandiri mencerminkan kemampuan seseorang untuk mengatasi tantangan, membuat keputusan, dan mengelola kehidupannya tanpa terlalu bergantung pada orang lain.

Mandiri merupakan sikap yang tak bergantung pada orang lain, memiliki sikap dan mental yang kuat.

Mandiri mengacu pada sikap bertindak bebas, benar, dan bermanfaat, serta mampu mengatur diri sendiri sesuai hak dan kewajibannya.

Beberapa contoh sikap mandiri, yakni:

  1. Datang sekolah tepat waktu
  2. Menaati setiap peraturan sekolah
  3. Mengerjakan tugas sekolah sendiri
  4. Pergi ke toilet sendiri
  5. Berani mengemukakan pendapat di kelas
  6. Berani menentukan pilihannya sendiri
  7. Berteman dengan teman-teman di sekolah
  8. Bisa makan bekal makan siang sendiri
  9. Merawat diri dan menjaga barang-barang pribadi

Dalam praktiknya, sikap mandiri ini harus diterapkan sejak kecil dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki sikap mandiri anak-anak akan percayaan diri, serta memiliki motivasi yang kuat dan tekun untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

Ayo Berlatih!


Simaklah video di atas, lalu jawablah pertanyaan berikut:

1. Apa isi cerita yang ada di video tersebut?

2. Apa itu sikap mandiri?

3. Tuliskan sikap mandiri yang telah kamu lakukan di sekolah?

4. Apa saja manfaat dari sikap mandiri?



 ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa pesert disik sidah mampu mengenal apa itu sikap mandiri dan mampu memberikan contoh sikap mandiri baik di lingkungan rumah maupun di sekolah.



29/01/25

P5

 Hari/Tanggal: Kamis, 30 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   

 

      ðŸ“Œ  TUJUAN 

Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
  2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
  3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

📌  ALUR

1.    Tahap pengenalan

Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

2.      Tahap Kontekstual

Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Aksi

Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

     Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

 

📌   TARGET

Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

📌 Metode Pembelajaran:

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
  •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 4

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan    : Kamis, 29 Januari 2025

Waktu                                         : 1 x pertemuan

Materi                                         : Mempelajari lagu seminung dan cangget agung, dan berlatih drama

 

AKTIVITAS 1

(Kelompok lagu daerah Lampung)

 

Alat dan bahan: video lirik lagu cangget agung dan seminung

Tujuan: Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya dan kearifan lokal Lampung


Pelaksanaan:

1.      Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung

2.  Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama

3.  Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait kegiatan p5 khususnya terkait lagu daerah

5.   Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung bersama

6.      Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik


Refleksi oleh pendidik

Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, peristiwa apa yang terjadi?
  2. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  3. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


AKTIVITAS 2

(Kelompok drama dan properti)

Pelaksanaan :

1.      Peserta didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu Asal Usul Provinsi Lampung



2.      Pendidik meminta beberapa peserta didik untuk berlatih dialog dan ekspresi mengikuti tokoh di cerita asal usul Lampung

3.      Setelah berlatih drama, pendidik menentukan peran yang akan dibawakan oleh peserta didik

 4.    Peserta didik berlatih drama sesuai dengan perannya

naskah drama:



5.      Pendidik melakukan evaluasi terkait hasil latihan dan memberikan masukan untuk latihan di pertemuan selanjutnya.

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

 

No.

Nama

Peserta didik sepenuhnya memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

Peserta didik ssudah mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung.

Peserta didik cukup mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

 

Peserta didik belum sepenuhnya mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

SB

B

C

PB

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 

  ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah peserta didik sudah sapat berlatih drama lebih baik, serta untukbkelompok lagu daerah juga sudah berlatih dengan baik. 

Dokumentasi hari ini:





27/01/25

Memperingati Isra Mi'raj

Hari/Tanggal: Selasa, 28 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai kegiatan hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi PAk yaitu tentang nilai-nilai anti korupsi^^

Nah, pada hari ini, kegiatan yang akan kita lakukan yaitu memperingati Isra Mi'raj.


📌 Kegiatan







 ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


23/01/25

PAK

  Hari/Tanggal: Januari, 24 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   


    
    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak PAK
 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah tentang sikap peduli dan sikap adil. Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengenal nilai-nilai anti korupsi lainnya, yaitu sikap adil. Okmari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi PAK


PENERAPAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI 

DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




Penerapan nilai-nilai antikorupsi yang bisa diajarkan kepada anak dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Kejujuran:

  • Contoh: Ketika bermain petak umpet, mengajarkan anak untuk tidak bersembunyi di tempat yang tidak sesuai aturan atau berbohong tentang tempat persembunyiannya.
  • Penerapan: Saat mengerjakan tugas, menekankan pentingnya menulis jawaban sendiri tanpa mencontek teman.

2. Tanggung Jawab:

  • Contoh: Mengajarkan anak untuk merapikan mainan setelah bermain dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
  • Penerapan: Jika anak memecahkan gelas, ajarkan untuk mengakui kesalahannya dan membantu membersihkannya.

3. Disiplin:

  • Contoh: Membiasakan anak untuk bangun pagi, mengerjakan tugas tepat waktu, dan mengikuti jadwal kegiatan sehari-hari.
  • Penerapan: Mengajarkan anak untuk selalu datang tepat waktu saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

4. Mandiri

  • Kegiatan sehari-hari:
    • Berpakaian: Ajak anak memilih pakaian sendiri dan mencoba memakainya sendiri.
    • Makan: Biarkan anak mencoba makan sendiri dengan sendok dan garpu, meskipun mungkin masih berantakan.
    • Merapikan mainan: Setelah bermain, ajak anak merapikan mainannya sendiri ke tempatnya masing-masing.
    • Menyikat gigi: Ajar anak untuk menyikat gigi sendiri dengan pengawasan.
  • Tugas sekolah:
    • Mengerjakan PR: Biarkan anak mencoba mengerjakan PR sendiri, meskipun mungkin membutuhkan bantuan.
    • Membawa buku: Ajar anak untuk memeriksa sendiri apakah semua buku dan alat tulis sudah lengkap sebelum berangkat sekolah.

5. Sikap Jujur

  • Bermain:
    • Permainan papan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan saat bermain permainan papan.
    • Menang dan kalah: Ajarkan bahwa menang dan kalah adalah hal yang biasa dan harus diterima dengan lapang dada.
  • Di sekolah:
    • Mengerjakan tugas: Ajak anak untuk jujur jika tidak mengerti suatu materi.
    • Menemukan barang temuan: Ajak anak untuk mengembalikan barang temuan kepada pemiliknya.
  • Di rumah:
    • Membuat kesalahan: Ajar anak untuk mengakui kesalahan jika melakukan kesalahan.
    • Berbagi: Ajak anak untuk berbagi mainan atau makanan dengan adik atau teman.


⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasafkan pembelajaran hari ini, alhamdulillah peserta didik sudah mampu mengenal nilai nilai anti korupsi dengan baik, dan mampu menerapakannya dalam kehidupan sehari hari.


Dokumentasi hari ini: