http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

19/02/25

P5

Hari/Tanggal: Kamis, 20 Februari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  


      ðŸ“Œ  TUJUAN 

Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
  2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
  3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

📌  ALUR

1.    Tahap pengenalan

Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

2.      Tahap Kontekstual

Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Aksi

Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

     Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

 

📌   TARGET

Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

📌 Metode Pembelajaran:

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
  •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 7

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan    : Kamis, 20 Februari 2025

Waktu                                         : 1 x pertemuan

Materi                                         : Menyiapkan alat dan bahan property drama

 

AKTIVITAS 1

(Menyiapkan alat dan bahan property drama)

 

Media              : video lirik lagu cangget agung dan seminung

Tujuan             : Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya

  dan kearifan lokal Lampung

 

Pelaksanaan:

1.      Pendidik memulai projek dengan meminta peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya

2.      Pendidik menjelaskan pengertian dari property dan fungsinya

PROPERTI

Properti dalam drama adalah peralatan yang digunakan dalam pementasan drama, baik yang dikenakan pemain maupun yang digunakan sebagai setting panggung. Properti berfungsi untuk memperkuat karakter pemain dan membuat pementasan lebih menarik. 

 

3.      Pendidk mengajak peserta didik untuk mengamati contoh video membuat property untuk drama

Video property:

https://youtu.be/S-0lHYfcxKA?si=7YltgfNdhiX-Gge0

https://www.youtube.com/watch?v=rQZgvVl0Zmc

4.      Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait isi video

5.      Pendidik mengajak peserta didik untuk menyiapkan alat dan bahan yang telah dibawa dan dikumpulkan

6.      Pendidik membagi tugas untuk membuat property yang diperlukan dalam drama sesuai dengan kelompoknya masing-masing

 

  

AKTIVITAS 2

MEMBUAT PROPERTY DRAMA

 

Alat dan Bahan:

·        Kardus

·        Kertas manggis warna: hijau, coklat, biru, oren, kuning dan merah

·        Kertas marmer

·        Double tip

·        Gunting

·        Isi lem tembak

Kertas origami

·        Spidol

 

Langkah-Langkah:

1.     Peserta didik menyiapkan alat dan bahan

2.     Pendidik memberikan memberikan penjelasan terkai cara membuat properti

3.     Peserta didik meminta peserta didik untuk mulai membuat sketsa property yang telah ditentukan sebelumnya dengan anngota kelompok masing-masing

4.     Setelah menjadi sketsa, peserta didik melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu memberi warna dan menghias property

5.     Apabila property yang dibuat belum selesai, maka kegiatan akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya

 

Hasil Percobaan:

Peserta didik mampu membuat property drama sesuai dengan yang diarahkan oleh peserta didik.

 

 

Refleksi oleh pendidik

Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

1.      Alat dan bahan apa saja yang diperlukan?

2.      Apakah Langkah-langkah untuk membuat property sudah dipahami?

3.      Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 5

 

Nama Kelompok : ___________________________      

Nama Anggota Kelompok:

1.      

2.      

3.      

4.      

5.      

 

 

Kerjakanlah!

Sebutkanlah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat property drama?

Jelaskanlah langkah-langkah dalam membuat property yang kamu ketahui!

 

 

 

 

 

 


RUBRIK PENILAIAN

 

Nama Kelompok

Mampu memahami arti dari property dalam drama dan fungsinya

Mampu menyebutkan bahan-bahan membuat property drama

Mampu menyebutkan Langkah-langkah membuat properti drama

Skor = 30

Skor = 30

Skor = 30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor maksimal = 90

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 

📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


18/02/25

P. Pancasila & matematika

 Hari/Tanggal: Rabu, 19 Februari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  


      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengenal bilangan 11 ampai 20 dan nilai tempat

  2. Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bilangan 11 sampai 20
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal denah. Peserta didik mampu membaca drnah sederhana. Peserta didik mampu mengenal dan memahami arah mata angin

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Arah Mata Angin

  • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
    • Utara (U)
    • Timur (T)
    • Selatan (S)
    • Barat (B)
    • Timur Laut (TL)
    • Tenggara (TG)
    • Barat Daya (BD)
    • Barat Laut (BL)
  • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
  • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.      

Latihan



📌 Materi Matematika


Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda 

Merapikan Mainan 
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng. 

Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan


📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu menentukan nilai tempat dan melengkapi bilangan 11 sampi 20, serta sudah mampu mengenal denah.

Dokumentasi hari ini.