GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai kegiatan hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. ^^ Pada hari ini, kegiatan yang akan kita lakukan yaitu melaksanakan Sumatif Tengan Semster (STS). Sebelum STS jangan lupa untuk berdo'a dan mengecek kembali alat tulis yang dipelrukan ya anak-anak.
Bacalah soal dengan teliti dan perlahan. Semangat anak-anak sholeh sholehah.. Semoga mendapatkan nilai yang maksimal!^^
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai kegiatan hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. ^^ Pada hari ini, kegiatan yang akan kita lakukan yaitu melaksanakan Sumatif Tengan Semster (STS). Sebelum STS jangan lupa untuk berdo'a dan mengecek kembali alat tulis yang dipelrukan ya anak-anak.
Bacalah soal dengan teliti dan perlahan. Semangat anak-anak sholeh sholehah.. Semoga mendapatkan nilai yang maksimal!^^
📌 Kegiatan
JADWAL STS
Refleksi pembelajaran:
Dari pelaksanaan STS hari ini, Alhamdulillah anak-anak sudah mampu mengerjakan soal dengan baik dan tertib.
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal bilangan 11 ampai 20 dan nilai tempat
Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin
📌Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bilangan 11 sampai 20
Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
Peserta didik mampu mengenal denah. Peserta didik mampu membaca drnah sederhana. Peserta didik mampu mengenal dan memahami arah mata angin
📌 Metode dan Media ajar
Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
📌Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telahbelajar tentang apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
📌 Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^
Denah
Apa itu Denah?
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat atau ruangan dari atas. Denah memberikan gambaran visual tentang bagaimana ruang diatur dan bagaimana berbagai elemen di dalamnya berhubungan satu sama lain. Denah sangat berguna untuk:
Navigasi: Membantu kita menemukan jalan di suatu tempat, seperti gedung, rumah, atau area yang lebih luas.
Perencanaan: Membantu dalam merencanakan tata letak ruangan, penempatan furnitur, atau desain bangunan.
Komunikasi: Memudahkan kita untuk menjelaskan atau memahami letak suatu tempat kepada orang lain
Manfaat Denah dalam Kehidupan Sehari-hari
Membantu kita menemukan jalan di tempat baru.
Memudahkan kita dalam merencanakan tata letak rumah atau ruangan.
Membantu dalam proses pembangunan atau renovasi bangunan.
Memudahkan dalam proses evakuasi ketika terjadi bencana.
Latihan
📌 Materi Matematika
Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda
Merapikan Mainan
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.
Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.
Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu menentukan nilai tempat dan melengkapi bilangan 11 sampi 20, serta sudah mampu mengenal denah.
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌 Metode dan Media ajar
Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
📌Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal waktu
Mengenal bentuk buatan manusia
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang waktu dan bentuk dari kota bangunan. Nah, pada hari ini kita akan mempelajari tentang nilai tempat dan bentuk natural.
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
📌 Materi Matematika
Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda
Merapikan Mainan
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.
Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.
Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan.
📌Materi Seni Rupa
Apakah kamu bisa menggambar wajah?
Bagaimana cara menggambar bentuk wajah yang beragam? Ketika menggambar bentuk wajah selain bentuk wajah kamu harus tau rambutnya.
Setiap orang memiliki bentuk rambut yang berbeda. Ada yang rambut lurus, ikal, dan keriting dan ada yang panjang pendek.
Ekspresi juga sangat penting dalam menggambar wajah. Ada ekspresi senyum, tertawa, sedih, marah, terkejut, gembira. Ekspresi ditunjukkan oleh bentuk mata, alis, dan bibir.
Selain bentuk wajah, kita juga mengenal bentuk dari hewan.
Perhatikan gambar berikut.
Apa nama hewan tersebut?
Iyaa ada burung elang, kelinci dan zebra.
Apa perbedaan mereka?
Hewan hewan tersebut berbeda cirinya. Bentuk tubuh, warna dan jumlah kaki yang berbeda beda.
📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengenal nilai tempat puluhan dan nilai tempat satuan, serta peserta didik juga sudah mampu mengenal bentuk bentuk natural.
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌 Metode dan Media ajar
Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
📌Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
Menyimak dan menceritakan kembali cerita dalam gambar
📌Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
📌 Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mengenal bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
📌 Metode dan Media ajar
Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
📌Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang apa itu kerjasama dan bagaiamana cara menyimak sebuah cerita. Nah, untuk hari ini kita akan melakukan sumatif harian 1 untuk mengukur pemahaman anak-anak mengenai materi yang telah dipelajari. Oke mari perhatikan dankerjakanlah soal sumatif harian berikut ini dengan teliti yaa^^
📌 Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^
Arah Mata Angin
Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
Utara (U)
Timur (T)
Selatan (S)
Barat (B)
Timur Laut (TL)
Tenggara (TG)
Barat Daya (BD)
Barat Laut (BL)
Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.
📌 Materi Bahasa Indonesia
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.
Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?
Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?
📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini, alhamdulillah dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengenal arah mata angin dan denah dengan baik, serta peserta didik sudah mampu membaca denah dan membuat denah rumahnya.