http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

30/11/20

Tematik 30 November 2020

Hari/Tanggal : Senin/30 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 & 6 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang kita pelajari tentang Membuat Peta Pikiran, Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem,  Karya Seni Rupa Nusantara, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan, berikut materinya ya nak simak baca baik-baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Membuat Peta Pikiran

Langkah-langkah membuat peta pikiran sebagai berikut :

1.      Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf

2.      Temukan kata kunci pada setiap paragraf

3.      Rangkailah ide pokok atau kata kunci menjadi sebuah bagan

4.      Catatlah informasi penting dari teks untuk melengkapi keterangan pada bagan peta pikiran

Muatan IPA (KD 3.5 dan  4.5)

Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem

Berikut faktor-faktor yang dapat memengaruhi keseimbangan :

1.      Faktor alam adalah peristiwa alam yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, umumnya berupa bencana alam.

2.      Faktor aktivitas manusia adalah kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

Muatan SBdP (KD 3.3 dan 4.3)

Karya Seni Rupa Nusantara

Karya seni rupa adalah benda seni yang dibuat dari pengolahan titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan tekstur sehingga dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan melalui rabaan.

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu :

1.      Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya atau unsur  estetikanya saja tanpa mempertimbangkan fungsinya. Contoh lukisan,patung, dan keramik.

2.      Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memperhatikan fungsi dari benda seni tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh rumah adat, arsitektur bangunan, senjata tradisional, dan seni kriya.

Jenis-jenis karya seni rupa salah satunya adalah seni kriya. Seni kriya berupa anyaman dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat anyaman seperti bambu, daun pisang, atau kertas.

Membuat anyaman ada dua cara yaitu anyaman tunggal dan anyaman ganda. Anyaman tunggal terbuat dari bahan yang sama dengan ukuran bahan anyaman yang sama. Anyaman tunggal adalah cara membuat anyaman yang paling sederhana. Anyaman ganda lebih banyak memiliki variasi pola. Contoh pola anyaman tunggal dan anyaman ganda :

 


 Muatan PPKn (KD 3.4 dan 4.4)

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Indonesia telah disebutkan dalam salah satu butir Sumpah Pemuda:’Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa Indonesia, bahasa Indonesia”. Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.  Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi. Misalnya di sekolah dan di pemerintahan.

Setelah mempelajari materi di atas kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Soal Tema 5 Subtema 3

Jika ada pertanyaan dan sudah selesai mengerjakan soal silahkan konfirmasi di kolom komentar dan jangan lupa kirimkan bukti screenshootnya di grup WA, terimakasih Sholeh Sholeha V E terus semangat dalam beribadah & belajar ya nak 😊

Wassalamu'alaikum.wr.wb 


27/11/20

Tematik 27 November 2020

Hari/Tanggal : Kamis/26 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 pembelajaran 1, 2, 3 & 4 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang kita pelajari tentang Makna Kosakata serta Melengkapi Peta Pikiran, Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan, Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem, Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat, Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari, Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Makna Kosakata serta Melengkapi Peta Pikiran

Setiap kali kita membaca teks, kamu akan menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.

Muatan IPA ( KD 3.5 dan 4.5)

Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai makanan adalah urutan proses memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.

Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

 


Berdasarkan contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Di sisi lain, rumput laut dan phytoplanktonmenjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplanktondan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

Muatan Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)

Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi

Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks. Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya yang dapat digunakan adalah:

● APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.
● SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.
● KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.
● (di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.
● MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.
● BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.
● BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

Muatan IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem

Komponen-komponen dalam suatu ekosistem harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan terganggu.

Akibat terganggunya jaring –jaring makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di ekosistem yang berbeda.

Muatan SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)

Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari

Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi

Menyimpulkan berarti menyarikan informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah artikel. Artikel merupakan  sebuah tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya terdapat dalam majalah ataun surat kabar.

Muatan IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )

Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh letak strategis Indoneisa memberikan keuntungan sebagai berikut :

1.      Terjadi akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.

2.      Memudahkan  penyebran  budaya Indonesia ke luar negeri.

Sedangkan kerugiananya dalah banyak budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di Indonesia.

Indonesian dikenal sebagai Negara maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia memiliki  potensi maritim yang melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang beraneka ragam.

Selain potensi maritime, Indonesia dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang  bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.

Muatan PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi

Keragaman latar belakang rakyat Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;

1.      Saling menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.

2.      Bergotongb royong membersihkan lingkungan.

3.      Bekerja saman membangun sarana umum

4.      Membantu korban bencana alam

5.      Menghargai kebudayaan suku lain.

Berikut cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Bersikap terbuka terhadap pelaku ekonomi lain

2.      Menhgormati dan menghargai sesame pelaku ekonomi

3.      Menyelesaikann masalah yang dihadapi dengan musyawarah

4.      Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana

5.      Menjalinn kerja sama dengan baik dan bersikap jujur

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Kebutuhan ekonomi rakyat dapat terpenuhi

2.      Pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai

3.      Terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangi penggangguran

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan atau sudah membaca & memahami materi silahkan kalian tinggalkan komentar di blog ini ya dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha V E semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktunya dilaksanakan ya nak.

Wassalamualaikum.wr.wb 

26/11/20

Evaluasi Matematika

Hari/Tanggal : Rabu/25 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita evaluasi Matematika ya, sebelum kalian mengerjakan soal-soal evaluasinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA.

Soal-soal evaluasi dikerjakan mulai pukul 08.30 wib, sebelumnya kalian bisa mempelajari materinya terlebih dahulu ya nak, setelah siap mengerjakan kalian bisa klik link di bawah ini👇

Penilaian Harian Matematika

*kerjakan soal-soal evaluasinya secara mandiri & jujur serta jangan lupa  konfirmasi di kolom komentar blog ini jika kalian sudah mengerjakan soal-soal evaluasinya dan dokumentasikan saat kalian mengerjakan soal evaluasi serta screenshoot hasilnya ya nak.

24/11/20

Evaluasi Tema 5 Subtema 2

Hari/Tanggal : Selasa/24 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita evaluasi Tema 5 Subtema 2 ya, sebelum kalian mengerjakan soal-soal evaluasinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA.

Soal-soal evaluasi dikerjakan mulai pukul 08.30 wib, sebelumnya kalian bisa mempelajari materinya terlebih dahulu ya nak, setelah siap mengerjakan kalian bisa klik link di bawah ini👇

Penilaian Harian Tema 5 Subtema 2

*kerjakan soal-soal evaluasinya secara mandiri & jujur serta jangan lupa  konfirmasi di kolom komentar blog ini jika kalian sudah mengerjakan soal-soal evaluasinya dan dokumentasikan saat kalian mengerjakan soal evaluasi serta screenshoot hasilnya ya nak.

23/11/20

Tematik 23 November 2020

Hari/Tanggal : Senin/23 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 & 6 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang akan kita pelajari tentang Hubungan Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Melengkapi Informasi dari teks nonfiksi, Pola lantai Tari dan Semangat kekeluargaan dan gotong royong.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

A. Simbiosis

Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

1.   Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh :

1.   hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.

Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

2.   Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah sebagai berikut:

A. Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.

3.   Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:

A.Benalu yang hidup di pohon inang.

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.

Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca

Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

a.   Membaca teks dengan seksama

b.   Menggaris bawahi kata kunci atau ide pokok pada setiap paragraph teks.

c.   Menjawab pertanyaan yang diberikan. 

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

Properti adalah barang yang digunakan dalam tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai iringan tariannya

Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

Semangat kekeluargaan dan gotong royong

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.

Dalam era saat ini, gotong royong dapat diaplikasikan melalui

1. Kerja bakti

2. Musyawarah mufakat

3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing

adapun gotong royong tercipta, karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan

Setelah mempelajari materi di atas kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Soal Tema 5 Subtema 2

Jika ada pertanyaan dan sudah selesai mengerjakan soal silahkan konfirmasi di kolom komentar dan jangan lupa kirimkan bukti screenshootnya di grup WA, terimakasih Sholeh Sholeha V E terus semangat dalam beribadah & belajar ya nak 😊

Wassalamu'alaikum.wr.wb 


20/11/20

Tematik 20 November 2020

Hari/Tanggal : Jumat/20 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 3 & 4 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang kita pelajari tentang  peristiwa kemerdekaan (teks proklamasi), Kenampakan alam yang berbeda mempengaruhi kegiatan ekonomi dan membuat ringkasan ide pokok.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 3 & 4

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3. 4 Dan 4. 4), IPS (KD 3. 1 dan 4. 1), dan Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. 

Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.

Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut. 


IPS (KD 3. 1 dan 4. 1)

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, dengan kenampakan alam yang berbeda-beda. Perbedaan kenampakan alam tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda sesuai dengan potensi alamnya.

Sebagai contoh, di daerah Kalimantan masyarakat memanfaatkan kenampakan alam berupa sungai-sungai besar sebagai pusat ekonomi. Pasar terapung yang berada di Banjarmasin tidak hanya menjadi pusat perdagangan masyarakat, namun juga telah dikembangkan menjadi pusat pariwisata di Kalimantan.

Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

Membuat ringkasan berdasarkan ide pokok dan informasi penting

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat  ringkasan teks nonfiksi.

1.   Membaca teks nonfiksi dengan saksama

2.   Menentukan ide pokok setiap paragraf pada teks nonfiksi

3.   Menyusun ide pokok tersebut ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasa sendiri sesuai dengan isi teks nonfiksi

4.   Memperhatikan pemilihan kata dan ejaan saat membuat ringkasan yang sesuai dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Simaklah video berikut ini:


TUGAS LATIHAN ;

Setelah kalian mempelajari materinya, tugas hari ini  Bacakan teks Proklamasi dengan baik dan benar, sesuai kriteria penilaian di bawah ini yaitu:

1. Intonasi bacaan

2. Ekspresi wajah
 
jangan lupa dalam video disertai dengan salam pembuka, memperkenalkan diri & salam penutup ya nak! setelah selesai video dikirimkan ke grup WA. Jika sudah memahami materinya dan jika ada pertanyaan tinggalkan di kolom komentar blog ini ya nak.

Terimakasih sholeh/sholeha V E jangan lupa shalat 5 waktunya, jaga kesehatan kalian dan tetap semangat ya nak meskipun belajarnya dari rumah!

Wassalamualaikum.wt.wb 😊

19/11/20

Tematik 19 November 2020

Hari/Tanggal : Kamis/19 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 1 & 2 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang kita pelajari tentang  Rantai Makanan, Mengembangkan Ide Pokok, Properti Tari Daerah dan fungsinya. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 1 dan 2

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.

1.   Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau

Produsen mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia

2.   Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan

3.   Pengurai

Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.

 


 Padi  >> Tikus  >>Ular  >>Elang  >>Jamur

 Produsen >> Konsumen I  >> Konsumen II  >> Konsumen III   >>  Pengurai

Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.   Membaca teks non fiksi dengan seksama

2.   Menentukan ide pokok dari teks non fiksi

3.   Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri

4.   Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama

Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggap sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide pokok dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraf non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.

SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

Properti tari daerah dan fungsinya

Properti adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Properti berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.

Properti juga berfungsi sebagai media untuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Properti yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan & telah membaca serta memahami materinya silahkan komen di blog dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha V E jangan lupa sholat 5 waktunya, jaga kesehatan dan tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah 😊


Wassalamualaikum. wr. wb  

18/11/20

Matematika 18 November 2020

Hari/Tanggal : Rabu/18 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari tentang  Sifat-sifat Operasi Bilangan Berpangkat, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu.

Sifat-sifat Operasi Bilangan Berpangkat

A.     Penjumlahan Bilangan berpangkat

Misalnya 5³ + 3³ = (5x5x5) + (3x3x3)

                            =      125 + 27

                            =      152

B.  Perkalian Bilangan Berpangkat

Perkalian dengan angka yang sama dan pangkat yang berbeda

                             = 4 x 4 x 4 x 4 x 4 

                             = 1.024

Perkalian dengan angka berbeda tetapi pangkat yang sama

Misalnya 4³ x 2³ = (4x2)³

= 8³ 

= 8 x 8 x 8

= 512

semoga kalian dapat memahami materi di atas ya nak, jika ada pertanyaan dan masih kurang jelas dapat bertanya di komen blog ini.

Berikut ini tugas kalian ya!

Selesaikan soal dibawah ini dengan jelas dan benar !

1.     5³ + 2³ =

2.     5³ + 3³ =

3.     6³ + 4³ =

4.     3³ X  2² =

5.     3³ X 3³ =

jangan lupa shalat 5 waktunya dikerjakan, jaga kesehatan dan tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah 😊

wassalamualaikum.wr.wb 

17/11/20

Evaluasi Tema 5 Subtema 1

Hari/Tanggal : Selasa/17 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita evaluasi Tema 5 Subtema 1 ya, sebelum kalian mengerjakan soal-soal evaluasinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA.

Soal-soal evaluasi dikerjakan mulai pukul 08.30 wib, sebelumnya kalian bisa mempelajari materinya terlebih dahulu ya nak, setelah siap mengerjakan kalian bisa klik link di bawah ini👇

Penilaian Harian Tema 5 Subtema 1

*kerjakan soal-soal evaluasinya secara mandiri & jujur serta jangan lupa  konfirmasi di kolom komentar blog ini jika kalian sudah mengerjakan soal-soal evaluasinya dan dokumentasikan saat kalian mengerjakan soal evaluasi serta screenshoot hasilnya ya nak.
Semangat mengerjakan 😊

16/11/20

Tematik 16 November 2020

Hari/Tanggal : Senin/16 November 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 & 6 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu

Materi yang akan kita pelajari hari ini tentang Daur Hidup Hewan, Menguraikan Informasi penting dalam Bentuk Peta Pikiran, dan Lagu Bertangga Nada Minor serta Usaha Mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), simak baca baik-baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Daur Hidup Hewan

Daur hidup hewan adalah suatu proses perubahan dalam pertumbuhan yang dialami hewan sepanjang hidupnya.

Daur hidup hewan dibedakan atas hewan bermetamorfosis dan hewan tidak bermetamorfosis.     

1. Hewan Bermetamorfosis

ü Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan.

ü Berdasarkan tahapan daur hidupnya, metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu, metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

ü Metamorfosis sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh yang sangat berbeda antara bentuk telur saat menetas dan bentuk dewasanya.

ü Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melalui tahap kepompong (pupa)

ü Contoh hewan metamorfosis sempurna antara lain lebah, nyamuk, kupu-kupu, lalat.  

ü  Metamorfosis tidak sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh hewan muda yang tidak berbeda dengan dewasanya.

ü  Hewan yang mengalami metamorfosis  tidak sempurna tidak melalui tahap kepompong (pupa), akan tetapi melalui tahapan peralihan yang disebut nimfa.

ü  Contoh belalang, capung, dan kecoak.


2. Hewan Tidak Bermetamorfosis

Ada hewan yang bentuk dan struktur tubuhnya sama saat masih muda sampai hewan tersebut dewasa.

Hewan ini dikelompokkan sebagai hewan yang tidak bermetamorfosis.

Contoh kucing, ayam, ikan, dan kadal.


Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Menguraikan Informasi penting dalam Bentuk Peta Pikiran

Peta pikiran merupakan suatu cara mencatat kreatif dan efektif yang disajikan secara ringkas.

Peta pikiran disajikan berbentuk cabang, seperti pohon.


Mempresentasikan Informasi dalam Peta Pikiran yang telah Dibuat

Untuk mempresentasikan informasi dalam peta pikiran, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut :

ü Sikap tubuh yang tegap ketika presentasi

ü Adanya kontak mata dengan pendengar

ü Penggunaan lafal dan intonasi ketika menjelaskan

ü Pemilihan kata yang tepat ketika mengucapkan salam pembuka dan penutup.

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

 Lagu Bertangga Nada Minor

Ciri-ciri lagu bertangga nada minor antara lain sebagai berikut :

ü Lagu bersifat sendu, sedih, dan khidmat.

ü Jarak atau interval nadanya 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½ - 1 – 1

ü Urutan nadanya dimulai dengan nada A (la) dan diakhiri dengan nada A’ atau E (mi).

Menyanyikan Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor dengan Iringan Alat Musik

Lagu dapat dinyanyikan dengan iringan alat musik ritmis atau melodis.

Alat musik ritmis tidak memiliki nada. Alat musik ritmis dimainkan dengan memperhatikan ketukan lagu.

Contoh alat musik ritmis : gendang, triangle, marakas, dan tamborin.



Alat musik melodis dapat melantunkan melodi sebuah lagu. Contoh : seruling, pianika, gitar, biola, dan piano.


 

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

Usaha Mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

ü Bersatu dalam keragaman suku, budaya, bahasa, dan agama

ü Mengharumkan nama bangsa dan negara

ü Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan

ü Menaati peraturan yang berlaku

ü Mengikuti kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya persatuan 

Beberapa cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air :

ü Memiliki sikap patriotisme

ü Menggunakan produk Indonesia

ü Melestarikan budaya dan tradisi Indonesia

ü Meningkatkan kerukunan antarwarga masyarakat

Upaya mempersatukan bangsa perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan persatuan, kesatuan bangsa dapat tetap terjaga.

Setelah mempelajari materi di atas kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Soal Tema 5 Subtema 1

Jika ada pertanyaan dan sudah selesai mengerjakan soal silahkan konfirmasi di kolom komentar dan jangan lupa kirimkan bukti screenshootnya di grup WA, terimakasih Sholeh Sholeha V E terus semangat dalam beribadah & belajar ya nak 😊

Wassalamu'alaikum.wr.wb