http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

30/09/19

Latihan soal Tema 1

Soal UTS/ PTS Tema 1 Kelas 4

Contoh Soal UTS/ PTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 13 Revisi 2018

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Muatan Palajaran : PPKn
1. Sila ketiga Pancasila dilambangkan dengan ....
a. padi dan kapas
b. pohon beringin
c. rantai emas
d. kepala banteng

2. Nilai kebersamaan nampak pada saat ....
a. mengerjakan piket kelas
b. mengerjakan ulangan
c. memusuhi teman
d. bersaing

3. Cara menghargai budaya dari suku lain adalah ....
a. Tetap menganggap budaya sendiri yang paling baik
b. Tidak mencela pertunjukan kesenian daerah lain
c. Menonjolkan budaya daerah sendiri
d. Biasa saja terhadap budaya daerah lain

4. Sikap saling menghargai perbedaan dan keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia dapat mempererat ....
a. Permusuhan dan perselisihan
b. Hubungan baik dengan bangsa laln
c. Persatuan dan kesatuan
d. Tali silaturahmi dalam keluarga

5. Saat bekerja sama tidak boleh bersikap egois, artinya
a. Patuh
b. Bersikap seenaknya
c. Mengalah
d. Mau menang sendiri

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Rumah Dani di depan rumah Lia. Di halaman rumahnya ditanami pohon rambutan yang membuat suasana menjadi lebih segar. Bunga-bunga menghiasi depan rumah Dani.

Gagasan pokok pada teks tersebut adalah ....
a. keadaan rumah Dani
b. keadaan rumah Lia
c. Dani adalah teman Lia
d. Dani menyukai bunga

7. Keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah dan disajikan secara lengkap disebut ....
a. Laporan
c. Rangkuman
d. Artikel
b. Notula

8. Berikut ini yang bukan merupakan langkah langkah meringkas adaƂah ....
a. Menyusun pokok pikiran
b. Membuat pertanyaan
c. Membaca bacaan asli
d. membuat gagasan utama

9. Kalimat yang dalam satu paragraf berfungsi memperjelas kalimat utama adalah ....
c. Gagasan pokok
b. Gagasan penutup
c. Gagasan
d. Gagasan pendukung

10. Gagasan utama sebuah paragraf yang terletak di awal paragraf disebut
a. Konduktif
b. Intruktif
c. Deduktif
d. Induktif

Muatan Pelajaran : IPA
11. Benda-benda dapat mengeluarkan bunyi, karena benda tersebut ....
a. bergoyang
b. berwarna
c. bergetar
d. berpindah tempat

12. Suara gema paling mudah kita dengar di ....
a. kamar
b. gua
c. lapangan
d. gedung bertingkat

13. Bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli disebut ....
a. frekuensi
b. gaung
c. gema
d. ultrasonik

14. Bunyi petir dapat terdengar karena merambat melalui zat ....
a. udara
b. air
c. padat
d. tanah

15. Saat berteriak di dalam gua, bunyi akan dipantulkan kembali. Hal tersebut merupakan bukti bahwa bunyi dapat ....
a. merambat
b. diredam
c. diserap
d. dipantulkan

Muatan Pelajaran : IPS
16. Suku Dayak berasal dari ....
a. Papua
b. Kalimantan Selatan
c. Sumatra Utara
d. Sulawesi Selatan

17. Pempek merupakan makanan khas dari daerah ....
a Jawa Barat
b. Sumatra Barat
c. Sumatra Selatan
d. Sulawesi Selatan

18. Lagu Lir Ilir berasal dari ....
a. Jawa Barat
b. Sumatra Utara
c. Jawa Tengah
d. Bali
19. Berikut ini merupakan keragaman suku bangsa kecuali ....
a. Sasak
b. Madura
c. Bugis
d. Saluang

20. Tari Saman berasal dari ....
a. Aceh
b. Yogyakarta
c. Nusa Tenggara
d. Maluku

Muatan Pelajaran : SBdP
21. Gerakan tari Saman dilakukan dengan posisi ....
a. bangun dari tidur
b. diam dan melompat
c. ke kiri dan ke kanan
d. duduk dan berdiri dengan lutut

22. Jenis tarian yang gerakannya perpaduan antara gerak tari tradisional dan gerak tari klasik disebut...
a. Tari kreasi
b. Tari adat
c. Tari klasik
d. Tari inovasi

23. Tari yang berasal dari Bali adalah ....
a. tari piring
b. tari gambyong
c. tari pendet
d. tari merak

24. Alat musik dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek seperti biola adalah ....
a. gong
b. kenong
c. saron
d. rebab

25. Lagu Kicir Kicir berasal dari daerah ....
a. Jakarta
b. Jawa Barat
c. Jawa Tengah
d. Jawa Timur

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Salah satu manfaat kerjasama yaitu ...............................................
2. Percobaan merobek tumpukan kertas merupakan perumpamaan ...............................

3. Perbedaan yang bermacam-macam disebut juga ..........................................
4. Kerja sama membuat pekerjaan berat menjadi ....................................................................................
5. Hidup saling menghormati, bekerja sama, dan rukun akan membentuk rasa ............................
6. Laporan kegiatan percobaan harus ditulis secara ..............................................
7. Meringkas buku diperlukan untuk memahami ....................................................................
8. Setiap paragraf memiliki ..................................atau inti dari paragraf tersebut.
9. Teks atau cerita yang dipersingkat dengan mengambil gagasan pokok pada sebuah bacaan disebut ......................................................
10. Selain gagasan pokok, pada paragraf juga terdapat ...................................................................
11. Bunyi dapat merambat melalui benda ..................................................
12. Bagian telinga yang berfungsi menangkap suara dari luar adalah .................................
13. Manusia dapat mendengar bunyi ....................................................
14. Bahan yang permukaannya lunak dapat djadikan sebagai peredam suara adalah ........................

15. Jenis bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 getaran per detik adalah ........................................
16. Seni permainan yang unik berada di Nias adalah ...................................................
17. Tari Maengket berasal dari ..............................................................

18. Pembagian waktu dimulai dari kota ..........................................................
19. Bali termasuk wilayah waktu Indonesia bagian ................................................................
20. Rumah Honai adalah nama rumah adat yang ada di Provinsi ..............................................
21. Iringan dalam pementasan Tari Saman adalah ..................................................................
22. Biola adalah alat musik yang dimainkan dengan cara .......................................................
23. Alat musik sasando berasal dari .......................................................................
24. Saluang berasal dari daerah .....................................................................
25. Pada saat posisi duduk, pola lantai dalam tari Saman adalah ....................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Sebutkan cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa !
Jawab : .........................................................................................................................................................

........................................................

2. Sebutkan hal - hal yang dapat menghambat kerja sama !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

3. Sebutkan tiga contoh kerja sama di lingkungan sekolah !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

4. Sebutkan tiga contoh kerja sama di lingkungan keluarga !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

5. Mengapa sapu lidi dapat diibaratkan sebagai perumpamaan persatuan ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

6. Apakah yang dimaksud teks lisan ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

7. Jelaskan bagaimana cara meringkas teks lisan!
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

8. Sebutkan hal - hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan kegiatan !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

9. Jelaskan apa manfaat ringkasan bagi pembaca ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

10. Apa yang dimaksud dengan ide pokok ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

11. Apa fungsi dari gendang telinga ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

12. Sebutkan 5 contoh sumber bunyi !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

13. Sebutkan bagian-bagian dari telinga dalam !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

14. Bagaimana jika manusia mendengar suara yang terlalu kencang atau terlalu lirih?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

15. Sebutkan benda-benda yang dapat digunakan untuk peredam suara !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

16. Bagaimana sikap kita dalam menghadapi keragaman yang ada ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

17. Sebutkan 4 keragaman budaya yang ada di Jawa Barat !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

18. Mengapa masyarakat Indonesia disebut masyarakat majemuk?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

19. Sebutkan tiga tari daerah di Indonesia !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

20. Apa saja sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dalam keragaman ?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

21. Apa tujuan diadakan pementasan tari?
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

22. Jelaskan apa yang dimaksud dengan musik!
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

23. Sebutkan tiga alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

24. Apa fungsi dan peranan tari Saman !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

25. Jelaskan tentang gerakan cerkop pada tari Saman !
Jawab : .........................................................................................................................................................
........................................................

26/09/19

Hak & Kewajiban terhadap Pelestarian Lingkungan


Contoh Hak Dan Kewajiban Manusia Terhadap Lingkungan





Sebaik-baiknya lingkungan hidup adalah yang dilestarikan fungsi dan pemanfaatannya, dipelihara serta diawasi dengan baik guna menghindari terjadinya pencemaran dan kerusakan. Seperti yang kebanyakan orang telah ketahui, sebagian besar kerusakan lingkungan terjadi akibat dari ulah manusia yang seakan-akan merasa tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar. Manusia terus memanfaatkan sumber daya alam secara berlebih tanpa memperhatikan dan melestarikan lingkungan sehingga terjadilah kerusakan lingkungan.
Setiap orang memiliki hak dan kewajiban terhadap lingkungan. Dan beberapa kewajiban tersebut antara lain :

> TIdak membuang sampah sembarangan. Ini merupakan satu hal yang sederhana namun seperti sangat sulit untuk mulai diterapkan. Orang-orang hingga saat ini masih saja selalu membuang sampah dimanapun yang mereka inginkan. Padahal inilah yang menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan.
> Melakukan penanaman kembali, memulai menanam satu pohon pun akan lebih baik daripada tidak menanam sama sekali. Penanaman ini jika dilakukan, dapat memberi banyak keuntungan bagi manusia dan lingkungannya, melindungi lapisan ozon yang mulai menipis dan mengurangi pencemaran udara.
> Menggunakan jenis kendaraan yang ramah lingkungan. Aksi ini bisa mencegah polusi udara yang semakin hari semakin parah. Salah satu contoh kendaraan yang ramah lingkungan yaitu mobil tenaga surya.
> Memperindah lingkungan dengan menghias taman atau kebun dengan berbagai macam bunga dan tanaman hijau. Hal ini tidak saja dapat membuat lingkungan menjadi lebih indah, namun juga akan lebih sehat karena tanaman hijau khususnya mampu memberi oksigen yang lebih baik kepada manusia. Oksigen yang cukup akan memberi pengaruh positif terhadap segala kegiatan yang akan kita lakukan.
Setelah memenuhi segala kewajiban guna melestarikan lingkungan hidup, orang-orang dapat memperoleh haknya, yang berupa:
> Menikmati segarnya lingkungan hidup. Lingkungan yang bersih dan segar akan membuat kita menjadi manusia yang lebih sehat dan nyaman. Kenyamanan dapat meningkatkan suasana hati sehingga kita akan merasa mampu melakukan hal apa pun.
> Mendapatkan pasokan air yang bersih dan sehat. Alam yang bersih akan menghasilkan air yang juga bersih, sehingga aman digunakan untuk mandi, mengairi sawah dan juga dijadikan sebagai alat pembangkit tenaga listrik.
> Tumbuhan dan hewan juga akan hidup sehat di lingkungan yang bersih, sehingga kebutuhan protein hewani dan nabati kita dapat terpenuhi dengan lebih baik.
> Mendapatkan kelancaran dalam membangun sarana dan prasarana yang dapat mendukung kelancaran kegiatan hidup manusia. Misalnya saja, membuat gedung olahraga serta pertokoan. Kelestarian lingkungan yang terpelihara dapat membuat manusia memanfaatkan lahan dengan sebaik-baiknya.
> Terbebas dari berbagai polusi dan pencemaran lingkungan. Hal ini tentu akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.
Keinginan untuk hidup sehat harus diawali dengan melaksanakan tanggung jawab kita dalam melestarikan lingkungan. Sebab manusia dan lingkungan memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain, makhluk hidup dan alam selalu mengalami proses saling memberi dan menerima, jadi memang kita harus senantiasa menjaga alam dari berbagai ancaman kerusakan.
Oleh sebab itu, berikut disajikan beberapa contoh sikap dan perilaku yang tepat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik:
1. Senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selainn itu setiap orang sebaiknya mulai menerapkan prinsip daur ulang guna mengurangi jumlah sampah yang beredar di lingkungan kita.
2. Tidak memanfaatkan sumber alam secara berlebihan. Meskipun selalu disediakan dengan sendirinya oleh alam, namun bukan berarti bahwa sumber alam tersebut tidak terbatas. Maka dari itu manfaatkanlah seperlunya, berikan perhatian yang layak agar tidak terjadi bencana seperti banjir, longsor, serta kerusakan lain yang merugikan masyarakat.
3. Penggunaan teknologi harus diseimbangkan dengan lingkungan hidup tempat kita tinggal. Jangan sampai teknologi yang Anda gunakan menjadi sumber kerusakan terhadap alam.
Itulah beberapa contoh sikap dan perilaku yang harus dilakukan setiap orang dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hidup yang sehat dapat memungkinkan kita untuk hidup lebih lama, maka jangan pernah melakukan hal sekecil apapun yang dapat merusak lingkungan hidup.