http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

31/07/24

Pend. Pancasila & Matematika

Hari/Tanggal : Rabu/31 Juli 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10

  2. Mengidentifikasi hubungan symbol dan sila-sila  dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

  3. Menyebutkan hubungan symbol dan sila-sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengelompokkan benda sejenis.
  2. Peserta didik dapat membandingkan jumlah bendanya yang berjumlah paling banyak 10 buah dengan benar.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan symbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar Membaca dan menulis banyak benda yang berjumlah 10 dan macam-macam garis. Adakah yang masih ingat angka tiga terdiri dari huruf apa saja? iya tepat sekali, angka 3 terdiri dari huruf T-I-G-A. 

Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengelompokkan dan membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila pancasila dalam lambang negara garuda pancasila . Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Matematika


Yuk, kita perhatikan gambar yang ada di buku cetak kalian halaman 15.. Let's check it out!!^^





pada gambar tersebut, terdapat banyak sekali jenis-jenis makanan. Apakah makanan yang paling kalian sukai? Biasanya ketika membeli makanan kesukaan kalian, apakah membeli hanya satu buah atau lebih?

Mengelompokkan banyak benda adalah kegiatan mengumpulkan banyak benda berdasarkan jenisnya.


Amati gmabar berikut ini!


Hitunglah benda-benda tersebut sesuai dengan kelompok bendanya, kemudian jawablah pertanyaan berikut!

1. Benda apakah yang lebih banyak?

2. Benda apakah yang lebih sedikit?

3. Apakah ada benda yang jumlahnya sama banyak?



Dalam mengelompokkan benda, angka  yang nilainya banyak yaitu bilangan yang besar, dan sebaliknya, yang nilainya sedikit adalah bilangan yang kecil

📌Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, kita nyanyikan lagu garuda pancasila dengan penuh semangat, seperti di video ini
. Let's check it out!!^^

Hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila


  1.       Simbol Bintang pada Sila Pertama: Pancasila sila pertama disimbolkan dengan bintang emas yang melekat pada perisai hitam. Nah, bintang emas tersebut memiliki lima sudut. Kelima sudut tersebut mewakili agama besar di Indonesia. Dan juga kita percaya kepada Tuhan yang Maha Esa. Allah SWT.
  2.       Simbol Rantai pada Sila Kedua. Pada sila kedua terdapat simbol rantai. Simbol rantai tersebut menggambarkan hubungan antar manusia atau masyarakat Indonesia yang tidak putus,
  3.       Simbol Pohon Beringin pada Sila Ketiga. Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga Pancasila. Simbol ini memiliki arti mewakili keteduhan dan kekuatan. Hal tersebut melambangkan persatuan bangsa Indonesia, 
  4.       Simbol Kepala Banteng pada Sila Keempat. Sila keempat Pancasila memiliki simbol kepala banteng. Makna dari kepala banteng adalah masyarakat Indonesia yang gemar bermusyawarah dan berkumpul untuk mencapai keputusan berdasarkan mufakat.
  5.       Simbol Padi dan Kapas. Padi dan kapas adalah simbol sila kelima Pancasila. Kedua benda ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang dan pangan.

Ayo Berlatih!



Perhatikan gambar di atas. 
1. Sebutkan hubungan simbol dengan sila-sila pancasila?



📌Refleksi Pembelajaran 

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^










30/07/24

Matematika & Seni Rupa

Hari/Tanggal : Selasa/30 Juli 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd

 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar

  2. Membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
    atau rapat, renggang)
    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar

  2. Peserta didik dapat membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang)
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta mengenal dan menggunakan aneka jenis garis berdasarkan bentuknya(lurus, bergelombang, zigzag, melengkung,putus-putus) dan arahnya (vertikal, horisontal, dan diagonal)

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal huruf vokal dan huruf konsonan, serta belajar tentang bunyi pancasila. Siapa yang masih ingat huruf vokal terdiri dari apa saja? iya huruf vokal ada 5 yaitu A, I, U, E, dan O. Nah, untuk hari ini kita akan belajar membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda dan mendefinisikan kata "indah" atau "artistik". Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Matematika


Membaca dan Menulis Bilangan 1-10

Berikut lambang bilangan 1 sampai 10 beserta cara menulis dengan huruf latin dan cara membacanya, yaitu:

  • 1: satu: sa – tu
  • 2: dua : du – a
  • 3: tiga: ti – ga
  • 4: empat: em – pat
  • 5: lima: li –ma
  • 6: enam: e – nam
  • 7: tujuh: tu - juh
  • 8: delapan: de – la - pan
  • 9: Sembilan: sem – bi - lan
  • 10: sepuluh: se – pu - luh


AYO BERLATIH!!




📌Materi Seni Rupa


Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.

Macam-macam garis dalam seni rupa terbagi menjadi 5, yaitu:

  1. Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik dengan jarak terdekat.
  2. Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok. Beberapa jenis garis lengkung antara lain mengapung, garis lengkung busur, dan garis lengkung kubah.
  3. Garis patah-patah adalah garis yang tidak berkaitan dengan goresan lainnya.
  4. Garis zig-zag merupakan jenis garis yang berkelok-kelok di arah yang berlawanan.
  5. Garis gabungan dalam seni rupa sering kali digunakan dengan mengkombinasikan dua atau lebih jenis baris.

Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan
tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis
sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

Amatilah video berikut ini!



📌Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar, serta mendefiniskan arti kata "indah" atau "artistik".  semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran besok depan ananda sholeh sholehah^^

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

29/07/24

Pend. Pancasila & Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Senin/29 Juli 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd


1. Alur Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dalam kata.
Menyebutkan simbol dan sila-sila Pancasila.
- Menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila.

2. Tujuan Pembelajaran 
- Melalui kegiatan mengenali huruf abjad, peseta didik dapat menulis nama sendiri.
Peserta didik dapat menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

4. Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A. How are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa anak sholeh sholehah Aamiin. 
Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat terlebih dahulu yaa sholeh sholehah.

5. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang angka 0-10, ada yang bisa menuliskan huruf angka 3? iyaa benar huruf angka 3 adalah TIGA.  Nah, untuk hari ini kita akan belajar menulis nama sendiri dan simbol simbol Pancasila dengan benar. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa..

6. Materi Pembelajaran

Baik ananda sholeh sholehah, apakah kalian sudah memahami huruf konsonan dan vokal. Untuk melatih kemampuan kalian, mari kerjakan latihan menulis nama ananda sholeh sholehah sendiri..

Dan untuk pendidikan pancasila kalian masih mempelajari simbol simbol Pancasila, mari kerjakan latihan dan nanti ananda Sholeh Sholehah maju kedepan untuk menceritakan tentang simbol-simbol Pancasila.

7. Refleksi Pembelajaran 
Alhamdulillah ananda sholeh-sholehah kita sudah mempelajari materi menulis nama sendiri dan simbol simbol pancasila, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjutnya ananda sholeh sholehah

8. Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!!

26/07/24

PAK

Hari/Tanggal : Jumat/26 Juli 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU EKA RUSMITA, S. Pd

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

 ðŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mengenal apa itu P5. 

Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengenal nilai-nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, dan mandiri. Okmari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi PAK


Yuk, kita simak video berikut ini. Let's check it out!!^^




Baik ananda sholeh sholehah, apakah kesimpulan yang dapat kita ambil dari video animasi di atas?


📌Kesimpulan


Amatilah gambar berikut ini!





Ayo Berlatih!