Hari/Tanggal : Jumat/20 November 2020
Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 3 & 4 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu
Materi yang kita pelajari tentang peristiwa kemerdekaan (teks proklamasi), Kenampakan alam yang berbeda mempengaruhi kegiatan ekonomi dan membuat ringkasan ide pokok. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran 3 & 4
Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3. 4 Dan 4. 4), IPS (KD 3. 1 dan 4. 1), dan Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia.
Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.
Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut.
IPS (KD 3. 1 dan 4. 1)
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, dengan kenampakan alam yang berbeda-beda. Perbedaan kenampakan alam tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda sesuai dengan potensi alamnya.
Sebagai contoh, di daerah Kalimantan masyarakat memanfaatkan kenampakan alam berupa sungai-sungai besar sebagai pusat ekonomi. Pasar terapung yang berada di Banjarmasin tidak hanya menjadi pusat perdagangan masyarakat, namun juga telah dikembangkan menjadi pusat pariwisata di Kalimantan.
Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)
Membuat ringkasan berdasarkan ide pokok dan informasi penting
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat ringkasan teks nonfiksi.
1. Membaca teks nonfiksi dengan saksama
2. Menentukan ide pokok setiap paragraf pada teks nonfiksi
3. Menyusun ide pokok tersebut ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasa sendiri sesuai dengan isi teks nonfiksi
4. Memperhatikan pemilihan kata dan ejaan saat membuat ringkasan yang sesuai dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Simaklah video berikut ini:
TUGAS LATIHAN ;
1. Intonasi bacaan
2. Ekspresi wajahWassalamualaikum.wt.wb 😊
14 komentar:
Nama: kanza ayu gazala
Kelas:5E
Terima kasih Bu Risa atas infonya
Khanza aurelia sekar putri
5E
Terimakasih infonya bu risa
Adis Fernando NR
5E
Terimakasih infonya bu
Maritza audrey dewi nugroho putri
5E
Terimakasih infonya materinya bu risa
Alif Hamizan AP.
No absen 3
Terima kasih bu
Fachri bintang arabi
Kls 5E
Terima kasih infonya Bu guru
Alhamdulillah, sama2 ya nak, terimakasih jg Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di cerdas & buku siswa ya nak, semangat terus dlm beribadah & belajar ya 😊
Mazaya Qirani L.
5E
Hadir
Terimakasih untuk materinya bu risa
Anggun Khairunnisa
Hadir
Terimakasih untuk meterinya Bu
Nadine kalila putri
5E
Hadir
Terimakasih materinya Bu🙏🏻
Nama:Cr All Rizky Dehan
Kelas:5E.
Hadir
Nama:Adinda sakhi Salamah
Kelas:5E
Hadir
Alhamdulillah, sama2 ya nak, terimakasih jg Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di cerdas & buku siswa ya nak, semangat terus dlm beribadah & belajar ya 😊
Nama : Azriel alfarizky
Kelas: v.e
Hadir
Posting Komentar