http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

06/11/20

Tematik 06 November 2020

Hari ini kita akan mempelajari tentang Pantun Tua, gotong royong dan interaksi sosial serta Hak dan Kewajiban . Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)

Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)

Pantun yang disajikan dalam sebuaprosesi pernikahan termasujenipantun tua.Pantun tuadalah pantuyang berhubungan dengan orang tua. Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karenpantun tersebut disajikan dalam prosespernikahan yang merupakan adat dabudaya suatu daerah, pantun tersebuberjenis pantun tua.

 

IPS (KD 3.2, 4.2)

       



Unsur unsur bergotonroyong:

a.    Usaha kegiatan kerja bersama-sama

b.    Berpartisipassesuadengakemampuamasing-masing

c.    Ikhlas tanppamrih

d.   Kerjasama yang bermanfaat bersama

Interaksi sosial merupakan dasar bagsemua aktivitas manusia yanberhubungan dengan oranlain. Proseinteraksi tidak dapat dilepaskan darkehidupan sehari-hari. Proses interaksini dapat terjadi apabila ada pertemuadua orang atau lebih. Selain itu, interaksterjadi karena adanykepentingapemenuhan kebutuhan masyarakat diberbagai bidang seperti berikut:

a.    Bidang ekonomi: Interaksi dalaekonomi dapat kita jumpadi pasar atatempaperbelanjaan, di tempaterjadinya proses interaksi ekonomi. Semua produk jasa juga termasudalainteraksi ekonomiSecara umum, interaksi ekonomi ditandai dengaadanya hubungaantara duindividatau antara individu dengan lembagyang menggunakan proses transaksuang.

b.    Bidang politik, Jenis kepentingan indigunakan oleh para anggota pemerintahan daanggota partapolitik untuk menjalankan kekuasaanegara. Di dalam kepentingan politik,terdapat juga kepentingan keamanadan pertahanan. Kepentingan ini, secarumum ditandai dengan adanya prosetransaksi politis dan kesepakatan untumenjalankan negara

c.    Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan in teraksdalam masyarakat karenkedudukan seseorang ditentukan olepengakuan masyarakat sekitarnya. Jadimencari kedudukan tanpa pengakuamasyarakat sangat tidak mungkiterjadi. Kepentingan bidang budayberkaitan dengan pola-pola perilakubahasa, organisasi sosial, religi, dan senyang telah menjadi kebiasaan turun-temurun darleluhur. Wargmasyarakat yang saling berinterakstidak menutup kemungkinan akaikuberinteraksi pula dalam bidang budaysehingga terjadpengaruh bu daya yansatu ke budaya yang lain.

d.   Bidang moral; Kepentingan moralberarti kepentingan yang berangkadari keprihatinaakan rendahnysituasi moralitas masyarakat di wilayatertentu . Contoh kepentingan moral,yaitu siar agama, pelatihaketerampilan masyarakat, dapembinaan masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaramasyarakat di wilayah tersebut timbuuntuk maju bersama dengamasyarakat di wilayah lain dalamembangubangsa.

 

Interaksi sosial adalah suatu hubungaantasesama manusiyang salinmemengaruhi satu sama lain baik dalahubungaantaraindividu, antarkelompokmaupun antarindividu dakelompok. Proses interaksi sosial apabilterpenuhi dua syarat yatu: kontak sosia(kontalangsung) dan komunikasi

Interaksi antarwarga masyarakat dapameningkatkan pembangunan di segalabidang. Dalam bidang budaya, masyarakadapat mengenal budaya daerah yang satu dengan budaya daerayang lain sehinggmemperkaya wawasan nusantara dakebudayaan nasional. Dalam bidansosial, dengan interaksi masyarakat dapamemenuhi kodratnya sebagai makhlusosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia laiuntuk memenuhi hidupnyaDalakegiatan ekonomi, masyarakat dapabekerja sama untuk meningkatkan tarahidupnysehingga tercapai kesejahteraasosial

Interaksi antarwarga masyarakat terjadkarena beberapa faktor seperti berikut.

a.    Perbedaan Kandungan SumbeDaya Alam pada Setiap Daerah. Daerah dengakandungan sumbedaya alam cukup tinggi akan dapamemproduksi barang -barang tertentu dengan biaya relatif muradibandingkan dengan daerah laiyang memilikkandungan sumbedaya alam lebih rendah

b.    Perbedaan Kondisi Demografi(perbedaan tingkat pertumbuhan dastuktur kependudukan, perbedaatingkapendidikan dan kesehatanperbedaan kondisi ketenagkerjaandan perbedaan dalam tingkah laku dakebiasaan, serta etos kerja yandimiliki masyarakat daerabersangkutan. Daerah dengan kondisdemografis yang baik akacen-derunmemiliki produktivitas kerja yanlebih tinggi. Hal tersebut akamendoronpeningkatan investasyang selanjutnya akan meningkatkapenyediaan lapangan kerjdapertumbuhan ekonomi daerabersangkutan.

c.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barandan Jasa. Apabila mobilitas tersebukurang lancamaka kelebihan produkssuatu daerah tidak dapat dijuakedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yankurang lancar menyebabkan kelebihatenaga kerja suatu daerah tidak dapadimanfaatkan oleh daerah lain yansangat membutuhkannyaAkibatnyaketimpangan pembangunanantar wilayah akan cenderung tinggkarena kelebihan suatu daerah tidadapat dimanfaatkan oleh daerah laiyang membutuhkannya sehinggdaerah terbelakansulit mendoronproses pembangunanya.

d.   Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akacenderung lebicepat pada daerah dengan konsentraskegiatan ekonomi yang cukubesar.

e.    Alokasi Dana PembangunaAntardaerah/Wilayah. Jika sistepemerintahan yang dianut adalaotonomi atau federal, maka danpemerintah akan lebih b anyadialokasikake daerah sehinggketimpangan pendapatan akacenderung rendah.

 

PKn (KD 3.2, 4.2)

Hak dan kewajiban bersifat kodratiyaknmelekat bersama kelahiramanusiaHak dan kewajibatersebuharus dilaksanakan sec ara bertanggungjawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dankewajibannya dapat dikatakan sebagaorang yang tidak bertanggung jawab. Jadiketiganymempunyai hubungan yangerat

Bentuk hak warga masyarakat sepertberikut.

a.    Mendapatkan perlindungahukum.

b.   Mendapatkanpekerjaandanpenghidupanyanglayak.

c.   Menikmatilingkunganbersih.

d.   Hiduptenangdandamai.

e.    Bebasmemilih,memeluk,danmenjalankanagama.

f.    Berpendapat danberorganisasi.

g.   Mengembangkankebudayaandaerah.

Bentuk kewajiban warga masyarakatseperti berikut.

a.   Mematuhiaturan ataunorma yangberlakudalammasyarakat.

b.   Menjagaketenangandanketertibanlingkunganmasyarakat.

c.    Mengikuti kegiatan yang ada dilingkungan RT , RW, atau Desasetempat, misalnya kegiatan kerjabakti,

d.  gotongroyong, danmusyawarahwargamasyarakatsetempat.

e.   Menghormatitetangga dilingkungantempattinggal.

f.    Membantutetanggayangterkenamusibah.

g.   Menjagakebersihanlingkungantempattinggal.


Setelah mempelajari materi di atas kalian dapat mengerjakan tugas yaitu dengan membuat video kegiatan bergotong royong dengan anggota keluarga di rumah! Dan hasilnya dapat kalian kirimkan ke bu Guru ya Nak. Jika ada materi yang tidak di pahami dapat bertanya di kolom komentar dankomentar jika sudah mempelajari makonfirmasi fitmasi di kolom 


Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VE jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan kalian dan tetap semangat ya walaupun belajarnya dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb


23 komentar:

Talha al idrus mengatakan...

nama:aydin khalfabi reagan
bu saya sudah mempelajari meteri di atas

Alif mengatakan...

Alif Hamizan AP
Sdh memepelajari materi. Terima kasih bu

Mazaya Qirani mengatakan...

Mazaya Qirani L.
5E
Saya sudah mempelajari materi yg ibu berikan

Fika mengatakan...

Fadhil Degantara
5E
Terima kasih materinya bu

Fachri bintang arabi mengatakan...

Fachri bintang arabi
Kls 5E
Terima kasih materi mapel tematik yg Bu guru berikan

Unknown mengatakan...

Nama: KANZA
Kela:5E
Terimakasih bu materi mapel tematik yg Bu guru periksa

Maritza Audrey D.NP. mengatakan...

Nama: maritza audrey dewi nugroho putri.
Kela:5E
Terimakasih bu materi mapel tematik yg Bu guru berikan

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Nama:AULIA Qurota A'yun
Kelas:5e
Saya sudah mempelajarinya bu
Terima kasih

Nabila Khaerunnisa mengatakan...

Yusuf musharaf khan
Sudah membaca materi nya bu, trimakasih
Lama lama bosen juga bu, belajar di rumah

Adis Fernando NR mengatakan...

Adis Fernando NR
5E
Saya sudah mempelajari materinya Bu

Adis Fernando NR mengatakan...

Adis Fernando NR
5E
Saya sudah mempelajari materinya Bu

Unknown mengatakan...

Cr. All Rizky Dehan
5E
Terima kasih materinya bu

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Aydin

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Alif

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Qiran

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Fadhil

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Fachri

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Kanza

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Sama-sama Maritza

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Aulia

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Yusuf..
Sama-sama berdoa ya Yusuf, semoga Pandemi segera berakhir & bisa kembali belajar di sekolah seperti sebelumnya.

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Adis

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Rizky

Posting Komentar