Hari ini kita akan mempelajari tentang Pantun Tua, gotong royong dan interaksi sosial serta Hak dan Kewajiban . Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)
Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)
Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasuk jenis pantun tua.Pantun tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang tua. Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah, pantun tersebut berjenis pantun tua.
IPS (KD 3.2, 4.2)
Unsur unsur bergotong royong:
a. Usaha kegiatan kerja bersama-sama
b. Berpartisipassesuai dengan kemampuan masing-masing
c. Ikhlas tanpa pamrih
d. Kerjasama yang bermanfaat bersama
Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat diberbagai bidang seperti berikut:
a. Bidang ekonomi: Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpai di pasar atau tempat perbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi. Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi. Secara umum, interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antara dua individu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang.
b. Bidang politik, Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik,terdapat juga kepentingan keamanan dan pertahanan. Kepentingan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara
c. Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan in teraksi dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi. Kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi pengaruh bu daya yang satu ke budaya yang lain.
d. Bidang moral; Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu . Contoh kepentingan moral,yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah tersebut timbul untuk maju bersama dengan masyarakat di wilayah lain dalam membangun bangsa.
Interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling memengaruhi satu sama lain baik dalam hubungan antaraindividu, antarkelompok, maupun antarindividu dan kelompok. Proses interaksi sosial apabila terpenuhi dua syarat yatu: kontak sosial (kontak langsung) dan komunikasi
Interaksi antarwarga masyarakat dapat meningkatkan pembangunan di segalabidang. Dalam bidang budaya, masyarakat dapat mengenal budaya daerah yang satu dengan budaya daerah yang lain sehingga memperkaya wawasan nusantara dan kebudayaan nasional. Dalam bidang sosial, dengan interaksi masyarakat dapat memenuhi kodratnya sebagai makhluk sosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi hidupnya. Dalam kegiatan ekonomi, masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan taraf hidupnya sehingga tercapai kesejahteraan sosial
Interaksi antarwarga masyarakat terjadi karena beberapa faktor seperti berikut.
a. Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah. Daerah dengan kandungan sumber daya alam cukup tinggi , akan dapat memproduksi barang -barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki kandungan sumber daya alam lebih rendah
b. Perbedaan Kondisi Demografis (perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kepen- dudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenaga kerjaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan. Daerah dengan kondisi demografis yang baik akan cen-derung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mendorong peningkatan investasi yang selanjutnya akan meningkatkan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan.
c. Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa. Apabila mobilitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual kedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membutuhkannya. Akibatnya, ketimpangan pembangunanantar wilayah akan cenderung tinggi karena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membutuhkannya sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunanya.
d. Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup besar.
e. Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah. Jika sistem pemerintahan yang dianut adalah otonomi atau federal, maka dana pemerintah akan lebih b anyak dialokasikan ke daerah sehingga ketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.
PKn (KD 3.2, 4.2)
Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan sec ara bertanggungjawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dankewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketiganya mempunyai hubungan yangerat
Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
a. Mendapatkan perlindungan hukum.
b. Mendapatkanpekerjaandanpenghidupanyanglayak.
c. Menikmatilingkunganbersih.
d. Hiduptenangdandamai.
e. Bebasmemilih,memeluk,danmenjalankanagama.
f. Berpendapat danberorganisasi.
g. Mengembangkankebudayaandaerah.
Bentuk kewajiban warga masyarakatseperti berikut.
a. Mematuhiaturan ataunorma yangberlakudalammasyarakat.
b. Menjagaketenangandanketertibanlingkunganmasyarakat.
c. Mengikuti kegiatan yang ada dilingkungan RT , RW, atau Desasetempat, misalnya kegiatan kerjabakti,
d. gotongroyong, danmusyawarahwargamasyarakatsetempat.
e. Menghormatitetangga dilingkungantempattinggal.
f. Membantutetanggayangterkenamusibah.
g. Menjagakebersihanlingkungantempattinggal.
Setelah mempelajari materi di atas kalian dapat mengerjakan tugas yaitu dengan membuat video kegiatan bergotong royong dengan anggota keluarga di rumah! Dan hasilnya dapat kalian kirimkan ke bu Guru ya Nak. Jika ada materi yang tidak di pahami dapat bertanya di kolom komentar dankomentar jika sudah mempelajari makonfirmasi fitmasi di kolom
Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VE jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan kalian dan tetap semangat ya walaupun belajarnya dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb
23 komentar:
nama:aydin khalfabi reagan
bu saya sudah mempelajari meteri di atas
Alif Hamizan AP
Sdh memepelajari materi. Terima kasih bu
Mazaya Qirani L.
5E
Saya sudah mempelajari materi yg ibu berikan
Fadhil Degantara
5E
Terima kasih materinya bu
Fachri bintang arabi
Kls 5E
Terima kasih materi mapel tematik yg Bu guru berikan
Nama: KANZA
Kela:5E
Terimakasih bu materi mapel tematik yg Bu guru periksa
Nama: maritza audrey dewi nugroho putri.
Kela:5E
Terimakasih bu materi mapel tematik yg Bu guru berikan
Nama:AULIA Qurota A'yun
Kelas:5e
Saya sudah mempelajarinya bu
Terima kasih
Yusuf musharaf khan
Sudah membaca materi nya bu, trimakasih
Lama lama bosen juga bu, belajar di rumah
Adis Fernando NR
5E
Saya sudah mempelajari materinya Bu
Adis Fernando NR
5E
Saya sudah mempelajari materinya Bu
Cr. All Rizky Dehan
5E
Terima kasih materinya bu
Alhamdulillah, terimakasih Aydin
Alhamdulillah, terimakasih Alif
Alhamdulillah, terimakasih Qiran
Alhamdulillah, terimakasih Fadhil
Alhamdulillah, terimakasih Fachri
Alhamdulillah, terimakasih Kanza
Sama-sama Maritza
Alhamdulillah, terimakasih Aulia
Alhamdulillah, terimakasih Yusuf..
Sama-sama berdoa ya Yusuf, semoga Pandemi segera berakhir & bisa kembali belajar di sekolah seperti sebelumnya.
Alhamdulillah, terimakasih Adis
Alhamdulillah, terimakasih Rizky
Posting Komentar