Hari/Tanggal : Kamis/19 November 2020
Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 1 & 2 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu
Materi yang kita pelajari tentang Rantai Makanan, Mengembangkan Ide Pokok, Properti Tari Daerah dan fungsinya. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran 1 dan 2
Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.
Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.
1. Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau
Produsen mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia
2. Konsumen
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan
3. Pengurai
Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.
Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:
1. Membaca teks non fiksi dengan seksama
2. Menentukan ide pokok dari teks non fiksi
3. Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama
Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggap sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.
Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide pokok dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraf non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.
SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
Properti tari daerah dan fungsinya
Properti adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Properti berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.
Properti juga berfungsi sebagai media untuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Properti yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin
Terimakasih anak Sholeh/Sholeha V E jangan lupa sholat 5 waktunya, jaga kesehatan dan tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah π
25 komentar:
Alif Hamizan AP.
Hadir bu, dan sdh memepelajari materi
Adinda sakhi Salamah
Hadir Bu,saya sudah mempelajari materi hari ini
Adis Fernando NR
Hadir Bu, saya sudah mempelajari materinya Bu
Alhamdulillah, terimakasih Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di cerdas & buku siswa ya nak, semangat terus dlm beribadah & belajar ya π
Mazaya Qirani L.
Hadir bu, saya sudah mempelajari materinya bu
Nama:kanza ayu gazala di
Kelas:5E
Terima kasih Bu atas pembelajarannya
Nadine kalila putri
Hadir Bu
Saya sudah mempelajari dan memahami materi di atasππ»
Innesia RSD hadir dan sudah mempelajari materi Ibu Risa
Fachri bintang arabi
Kls 5E
Hadir Bu,sudah mempelajari materinya
Anggun Khairunnisa
Hadir Bu saya sudah mempelajari materi nya Bu
Maritza audrey dewi nugroho putri
Hadir Bu saya sudah mempelajari materi nya Bu
Asyka alifa
5e.hadir
Bu saya sudah mempelajari materinya
M.Ridho aldita,hadir Bu saya sudah membaca materi yang ibu berikan hari ini,terima kasih Buπ
Alhamdulillah, terimakasih Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di cerdas & buku siswa ya nak, semangat terus dlm beribadah & belajar ya π
Rifqi Aditia Pratama
Saya sudah menyimak materi nya ibu berikan hari ini
Qanita
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Aydin khalfani Reagan
Bu saya sdh mempelajari materi tema
Nama : Azriel alfarizky.s
Kelas: V.e
Sudah mempelajari materi hari ini
Assalamu'alaikum wr.wb. bu risa...
Nama : Fadhil Degantara
Kelas : 5E
Sudah membaca dan voice note tugas tema bu
Wassalamu'alaikum wr.wb
Yusuf musharaf khan
Sudah membaca materi nya bu guru
Nazwa Aulia Putri
Sudah membaca materi hari ini
zhafira zalfa qotrunada
sudah membaca materi hari ini
Asykaalifa
Kls5e
Sudah mempelajari materi nya Bu hari ini
Siti Safa zahira
Hadir Bu saya sudah mempelajari materi nya Bu
Alhamdulillah, terimakasih Sholeh Sholeha V E, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di cerdas & buku siswa ya nak, semangat terus dlm beribadah & belajar ya π
Posting Komentar