Hari/Tanggal : Senin/30 November 2020
Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 & 6 ya, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu
Materi yang kita pelajari tentang Membuat Peta Pikiran, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem, Karya Seni Rupa Nusantara, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan, berikut materinya ya nak simak baca baik-baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
Membuat Peta Pikiran
Langkah-langkah membuat peta pikiran sebagai berikut :
1. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf
2. Temukan kata kunci pada setiap paragraf
3. Rangkailah ide pokok atau kata kunci menjadi sebuah bagan
4. Catatlah informasi penting dari teks untuk melengkapi keterangan pada bagan peta pikiran
Muatan IPA (KD 3.5 dan 4.5)
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem
Berikut faktor-faktor yang dapat memengaruhi keseimbangan :
1. Faktor alam adalah peristiwa alam yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, umumnya berupa bencana alam.
2. Faktor aktivitas manusia adalah kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.
Muatan SBdP (KD 3.3 dan 4.3)
Karya Seni Rupa Nusantara
Karya seni rupa adalah benda seni yang dibuat dari pengolahan titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan tekstur sehingga dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan melalui rabaan.
Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya atau unsur estetikanya saja tanpa mempertimbangkan fungsinya. Contoh lukisan,patung, dan keramik.
2. Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memperhatikan fungsi dari benda seni tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh rumah adat, arsitektur bangunan, senjata tradisional, dan seni kriya.
Jenis-jenis karya seni rupa salah satunya adalah seni kriya. Seni kriya berupa anyaman dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat anyaman seperti bambu, daun pisang, atau kertas.
Membuat anyaman ada dua cara yaitu anyaman tunggal dan anyaman ganda. Anyaman tunggal terbuat dari bahan yang sama dengan ukuran bahan anyaman yang sama. Anyaman tunggal adalah cara membuat anyaman yang paling sederhana. Anyaman ganda lebih banyak memiliki variasi pola. Contoh pola anyaman tunggal dan anyaman ganda :
Muatan PPKn (KD 3.4 dan 4.4)
Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan
Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Indonesia telah disebutkan dalam salah satu butir Sumpah Pemuda:’Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa Indonesia, bahasa Indonesia”. Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi. Misalnya di sekolah dan di pemerintahan.
Setelah mempelajari materi di atas kerjakan latihan soal berikut ini!
Jika ada pertanyaan dan sudah selesai mengerjakan soal silahkan konfirmasi di kolom komentar dan jangan lupa kirimkan bukti screenshootnya di grup WA, terimakasih Sholeh Sholeha V E terus semangat dalam beribadah & belajar ya nak 😊
Wassalamu'alaikum.wr.wb
18 komentar:
Nama:kanza ayu gazala
Kelas:5E
Terimakasih bu Risa atas materi nya
Mazaya Qirani L.
5E
Saya sudah mengerjakan latihan soal yg ibu berikan
Luthfi al kadafi
Terimakasih materinya dan saya sudah mengerjakan latihan soal
Khanza aurelia sekar putri
5E
Saya sudah membaca materi dan mengerjakan soal latihan
Fachri bintang arabi
Kls 5E
Saya sudah membaca materi dan sudah mengerjakan latihan soal
Aulia Qurota A'yun
Kelas:5e
Terima kasih bu materinya
M.Ridho aldita,kelas 5E,saya sudah mempelajari materi yang di berikan Bu Risa hari ini,dan sudah mengerjakan latihan soal,terima kasih Bu🙏
Fadhil Degantara
5E
Terimakasih materinya bu, Fadhil sudah mengerjakan latihan soal nya
Adis Fernando NR
5E
Terimakasih bu materinya
Alif Hamizan AP.
Terima kasih bu
RIFQI ADITIA PRATAMA
Saya sudah mengerjakan latihan temanya
Anggun Khairunnisa
Terimakasih Bu materi nya, Anggun sudah mengerjakan latihan soal
Qanita
Sudah mengerjakan soal tema hari ini
Nadine kalila putri
Sudah mengerjakan latihan soal tematik Bu🙏🏼
Zhafira Zalfa Qotrunnada
Sudah mengerjakan latihan soal tematik Bu🙏🏼
Zhafira Zalfa Q.
Trimksh bu...saya sdh mengerjaksn latihan temanya
Yusuf sudah membaca dan mengerjakan latihan bu
Alhamdulillah, sama-sama ya nak, terimakasih juga Sholeh Sholeha VE, jangan lupa pelajari juga materi yang ada di buku tema & cerdas ya Nak, selalu semangat beribadah & belajar ya 😊
Posting Komentar