http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

24/09/20

Tematik 24 September 2020

Tema 3 Subtema 2                                                                                                                                 

Pembelajaran 3 dan 4 

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4), IPS (KD 3. 2, 4. 2) 

PPKn (KD 3.3, 4.3)

Keragaman Adat Istiadat 

Adat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :

1.   Tertulis (peraturan atau dokumen)

2.   Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)                                                                                                                                                                       


Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika


Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media Elektronik  

Untuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.                                           Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Upaya Pembangunan Sosial dalam Masyarakat   

Setiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing.                                 

Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial.                                                  Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.    

Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan sosial Budaya      

Pembangunan adalah serangkaian proses yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social budaya di Indonesia

ü Berlatih tari di sanggar tari

ü Berlatih memainkan alat musik daerah

ü Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi

ü Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah 

Objek wisata pantai merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.

Setelah kalian memahami materinya, kerjakan latihan soal berikut ini ya! 

Latihan soal Tema 3 Sub 2

Dokumentasi kegiatan daring hari ini  







































                                                                                                   



                                                                           

0 komentar:

Posting Komentar