http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

20/10/24

P. Pancasila & B.Indonesia

  Hari/Tanggal : Senin, 21 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyimak suatu cerita
2. Mengenal hak dan kewajiban dirumah dan disekolah

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
    2. Peserta didik dapat memahami hak dan kewajiban dirumah

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita sudah melaksanakan Sumatif Tengah Semester (STS) Ganjil. Semoga nilai ananda sholeh sholehah semuannya bagus ya. Nah, untuk hari ini kita akan belajar  menyimak suatu gambar dan hak dan kewajiban anak di sekolah Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌Materi Bahasa Indonesia
Perhatikan gambar berikut!


    Dari gambar diatas kita bisa lihat Lani sedang bersin. Yang mana bersin mengeluarkan kuman sehingga bersin ada aturannya yaitu Tutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu atau lengan baju dalam. Hal ini agar virus tidak menyebar ke udara dan menular ke orang lain. Segera buang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun.


    Latihan 



📌 Materi Pendidikan Pancasila

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^






Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.


Hak Anak di Sekolah

  • Hak untuk belajar: Anak-anak berhak mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri.
  • Hak mendapatkan perlakuan yang sama: Semua anak berhak diperlakukan sama tanpa diskriminasi.
  • Hak mendapatkan lingkungan yang aman dan nyaman: Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua anak.
  • Hak untuk bermain: Anak-anak perlu waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman.
  • Hak untuk didengar: Pendapat dan perasaan anak perlu diperhatikan.

Kewajiban Anak di Sekolah

  • Mematuhi peraturan sekolah: Anak harus mengikuti semua aturan yang ada di sekolah.
  • Menjaga kebersihan sekolah: Anak harus ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  • Menghormati guru dan teman: Anak harus menghormati guru sebagai pengajar dan teman-teman sebaya.
  • Mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh: Anak harus aktif dalam mengikuti pelajaran.
  • Menjaga nama baik sekolah: Tindakan anak di sekolah mencerminkan nama baik sekolah.

Contoh Penerapan Hak dan Kewajiban



📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

pada saat mengerjakan latihan membaca dan menyimak cerita, bberapa peserta didik masih memerlukan waktu yang lama untuk membaca dikarenaka membaca masih terbata-bata. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan wajtu tambahan dan membantu peserta didik yang bersangkutan untuk memahami isi dari cerita yang dibacanya.


Dokumentasi hari in:






0 komentar:

Posting Komentar