http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

07/10/24

Matematika & Seni Rupa

   

Hari/Tanggal : Selasa, 8 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd.      

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Membuat Bentuk geometris dengan Potong & Tempel


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat Bentuk geometris dengan Potong & Tempel

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar hak dan kewajiban anak di sekolah, serta menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka, ki, ku, ke dan ko. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan pengurangan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Matemtika



Pasangan bilangan pengurangan adalah dua angka yang dikurangkan satu sama lain. Hasil pengurangan ini disebut selisih.

Contoh Pasangan Bilangan Pengurangan:

  • 7 - 3 = 4 (Di sini, 7 dan 3 adalah pasangan bilangan, dan 4 adalah selisihnya)
  • 9 - 5 = 4
  • 6 - 2 = 4
  • 8 - 1 = 7

Ciri-ciri Pasangan Bilangan Pengurangan yang Hasilnya Kurang dari 10:

  • Angka pertama (yang dikurangi) harus kurang dari atau sama dengan 9.
  • Angka kedua (yang mengurangi) harus lebih kecil dari angka pertama.

LATIHAN!
kerjakan latihan yang ada di buku cetak matematika.




📌Materi Seni Rupa


MEMBUAT BENTUK DENGAN POTONG DAN TEMPEL






Berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.


Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.


Contoh Bentuk Geometris Dasar:




📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menerjakan soal oprasi hitung pengurangan dengan baik. hanya saja ketika mencari pasangan bilangan dalam pengurangan, masih terdapat beberapa anak yang belum memahami materi dengan baik, sehingga membutuhkan bimbingan guru secara invidu agar anak yang bersangkutan dapat memahami materi lebih baik.


Dokumentasi hari in:








0 komentar:

Posting Komentar