http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

01/10/24

P. Pancasila & Matematika

         Hari/Tanggal : Rabu, 2 Oktober 2024

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd.       



      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Memahami contoh kesepakatan keals


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat kesepakatan kelas

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang soal cerita penjumlahan dan membuat kesepakatan kelas bersama. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang konsep operasi hitung pengutangan yang hasilnya 1-10 serta hak dan kewajiban anak di rumah. Serta cara membuat kesepakata kelas Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^






Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.


Hak Anak di Sekolah

  • Hak untuk belajar: Anak-anak berhak mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri.
  • Hak mendapatkan perlakuan yang sama: Semua anak berhak diperlakukan sama tanpa diskriminasi.
  • Hak mendapatkan lingkungan yang aman dan nyaman: Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua anak.
  • Hak untuk bermain: Anak-anak perlu waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman.
  • Hak untuk didengar: Pendapat dan perasaan anak perlu diperhatikan.

Kewajiban Anak di Sekolah

  • Mematuhi peraturan sekolah: Anak harus mengikuti semua aturan yang ada di sekolah.
  • Menjaga kebersihan sekolah: Anak harus ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  • Menghormati guru dan teman: Anak harus menghormati guru sebagai pengajar dan teman-teman sebaya.
  • Mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh: Anak harus aktif dalam mengikuti pelajaran.
  • Menjaga nama baik sekolah: Tindakan anak di sekolah mencerminkan nama baik sekolah.

Contoh Penerapan Hak dan Kewajiban



AYO BERLATIH!!




📌Materi Matematika


Pengurangan

  • Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.
  • Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)
  • Cara mengurangkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita.
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan.

  • Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.

Contoh Soal:

  • Pengurangan:
    • Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)


Menghitung mundur  adalah menghitung angka mulai dari 1 sampai 10. Menghitung mundur biasa dilakukan ketika kita melaukan operasi hitung pengurangan.


Perhatikan gambar di atas!
kalimat matemtika dari gambar di atas dapat ditulis dengan: 3 - 2 = 1

AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!




📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa anak anak sudah mampu memahami apa itu hak dan kewajiban serta menyebutkan contoh-contoh hak dan kewajiban siswa di sekolah. Serta sebagian peserta didik juga sudah mampu menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan dengan cara hitung mundur. namun masih terdapat beberapa anak yang memerlukan bantuan dalam memahami menegrjakan tugas operasi hitung pengurangan. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memebrikan penjelsan kembali tentang konsep pengurangan dan memberikan latihan kepada peserta didik yang bersangkutan.


Dokumentasi hari in:









0 komentar:

Posting Komentar