Hari/Tanggal : Rabu, 23 Oktober 2024
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
Menyelesaikan masalah terkait gabungan pengurangan dan penjumlahan
Memahami contoh hak dan kewajiban anak di sekolah
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait gabungan penjumlahan dan pengurangan
- Peserta didik dapat mmemebrikan contoh hak dan ekwajiban anak di sekolah
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang soal cerita pengurangan dan serta mempelajari tentang warna dasar atau warna primer. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang gabungan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan serta mempelejari tentang contoh hak dan kewajiban anak di sekolah. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Aku punya hak di sekolah!
- Aku punya hak untuk belajar. Guru akan mengajariku banyak hal yang seru!
- Aku punya hak bermain. Aku bisa bermain dengan teman-teman di waktu istirahat.
- Aku punya hak merasa aman. Sekolah adalah tempat yang aman untukku.
- Aku punya hak bertanya. Kalau ada yang tidak aku mengerti, aku boleh bertanya pada guru.
Aku juga punya kewajiban di sekolah!
- Aku harus datang ke sekolah. Sekolah itu penting!
- Aku harus mendengarkan guru. Guru akan membantuku belajar.
- Aku harus menjaga kebersihan sekolah. Sekolah harus bersih supaya nyaman.
- Aku harus berteman baik dengan semua orang. Berteman itu menyenangkan!
Latihan Seru
Gambar dan warnai:
- Gambar dirimu sedang belajar di sekolah.
- Gambar dirimu sedang bermain dengan teman.
- Gambar sekolah yang bersih dan rapi.
Jawab pertanyaan:
- Apa yang kamu lakukan di sekolah?
- Mengapa kita harus menjaga kebersihan sekolah?
- Siapa yang bisa kamu tanyai jika ada yang tidak kamu mengerti?
- Bagaimana perasaanmu saat bermain dengan teman?
📌Materi Matematika
Penjumlahan (Menambah)
- Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
- Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
Pengurangan (Mengurangi)
- Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
- Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah 5 - 2 = 3 buah permen.
- 7 + 2 - 3 =.....
- 3 + 3 - 2 =.....
- 4 + 1 - 3 =.....
- 8 - 3 + 2 =.....
- 4 - 2 + 4 =.....
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu membedakan apa itu hak dan kewajiban serta memebrikan contoh penerapan kewajiban di sekolah. Serta peserta didik juga mempu memahi konsep operasi hitung pengurangan, namun ketika memasuki materi gabungan penjumlahan dan pengurangan sebagian peserta didik masih kelusitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru menjelaskan kembali cara menyelesaikan soal gabungan penjumlahan dan pengurangan serta memberikan bimbingan individu bagi peserta didik yang kesulitan.
Dokumentasi hari in:
0 komentar:
Posting Komentar