Hari/Tanggal : Selasa, 22 Oktober 2024
GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Peserta didik dapat menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar hak dan kewajiban anak di sekolah, serta menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka, ki, ku, ke dan ko. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan pengurangan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.
Pasangan bilangan pengurangan adalah dua angka yang dikurangkan satu sama lain. Hasil pengurangan ini disebut selisih.
Contoh Pasangan Bilangan Pengurangan:
- 7 - 3 = 4 (Di sini, 7 dan 3 adalah pasangan bilangan, dan 4 adalah selisihnya)
- 9 - 5 = 4
- 6 - 2 = 4
- 8 - 1 = 7
Ciri-ciri Pasangan Bilangan Pengurangan yang Hasilnya Kurang dari 10:
- Angka pertama (yang dikurangi) harus kurang dari atau sama dengan 9.
- Angka kedua (yang mengurangi) harus lebih kecil dari angka pertama.
📌Materi Seni Rupa
WARNA
Pengenalan Warna Dasar
- Apa itu warna?
- Warna adalah sesuatu yang membuat benda terlihat berbeda-beda.
- Warna bisa membuat kita senang, sedih, atau tenang.
Warna-warna dasar:
- Merah: Seperti warna apel, tomat, atau mobil pemadam kebakaran.
- Biru: Seperti warna langit, laut, atau baju seragam sekolah.
- Kuning: Seperti warna matahari, pisang, atau bunga matahari.
- Hijau: Seperti warna rumput, daun, atau semangka.
- Ungu: Seperti warna bunga lavender, anggur, atau balon ulang tahun.
Warna Panas
- Ciri-ciri: Memberikan kesan hangat, semangat, dan energi.
- Contoh warna: Merah, oranye, kuning.
- Efek psikologis: Membangkitkan semangat, gairah, dan perhatian. Sering digunakan untuk menonjolkan sesuatu atau menciptakan suasana yang ceria.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Matahari, api, makanan pedas.
Warna Dingin
- Ciri-ciri: Memberikan kesan tenang, sejuk, dan damai.
- Contoh warna: Biru, hijau, ungu.
- Efek psikologis: Menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan menciptakan suasana yang nyaman. Sering digunakan untuk menciptakan kesan luas dan kedalaman.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Langit, laut, salju.
Warna Netral
- Ciri-ciri: Tidak memiliki karakteristik warna panas atau dingin yang kuat.
- Contoh warna: Putih, hitam, abu-abu, cokelat.
- Efek psikologis: Menyeimbangkan warna-warna lain, menciptakan latar belakang yang netral, dan memberikan kesan elegan.
- Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Dinding, lantai, pakaian formal.
Perbandingan warna panas, dingin, dan netral
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menjelaskan arti dari warna dan menyebutkan macam-macam warna dasar. Serta peserta didik juga mempu memahi konsep operasi hitung pengurangan, namun ketika memasuki materi gabungan penjumlahan dan pengurangan sebagian peserta didik masih kelusitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru menjelaskan kembali cara menyelesaikan soal gabungan penjumlahan dan pengurangan serta memberikan bimbingan individu bagi peserta didik yang kesulitan.
Dokumentasi hari in:
0 komentar:
Posting Komentar