http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

23/10/20

Tematik 23 Oktober 2020

Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 & 4 ya, sebelum kalian membaca materinya Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA.

Materi yang akan kita pelajari hari ini tentang Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan, Interaksi dalam Pendidikan dan Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                     

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dan kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat dapat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

Contoh Pantun Orang Muda :

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi        

      Kalian telah menyimak materi di atas maka tugas kalian adalah mempelajari blog Bu Guru dan membaca materi yang ada di buku tema 4 halaman 73 sampai 79. serta berikan komentar di blog Bu guru dan jangan lupa kirimkan foto saat kalian mempelajari materi di blog dan di buku kalian ya nak! 


29 komentar:

Unknown mengatakan...

Nama:kanza ayu gazala
Kelas:5E
Terimakasih bu Risa atas pembelajarannya

Fika mengatakan...

Terimakasih materinya bu πŸ™
Fadhil Degantara
5E
Hadir bu

Innesia Ramadani Shaka Dermawan mengatakan...

Terimakasih ibu Risa
Innesia Ramadani Shaka Dermawan kelas 5E

Fachri bintang arabi mengatakan...

Fachri bintang arabi
Kls 5E
Terima kasih materinya Bu guru

Unknown mengatakan...

Nama: M.Ridho aldita kelas : VE.terima kasih Bu Risa untuk materi yang ibu berikan hari iniπŸ™

Wiwik mengatakan...

NAMA:M.ARAIKAL HASAN
KELAS:5E
TERIMA KASIH BU ATAS MATERI NYA bu

Anonim mengatakan...

Nama: asykaalifa
Kls:5e
Terimakasih Bu atas materinya

Luthfi al kadafi mengatakan...

Nama:luthfi al kadafi
Kelas:5e
Terima kasih materinya bu risa

Mazaya Qirani mengatakan...

Nama: Mazaya Qirani L.
Kelas:5E
Terimakasih Bu atas materinya 😊

Alif h mengatakan...

Alif Hamizan AP
5E
Terima kasih Bu materinya

Maritza mengatakan...

Maritza audrey dewi nugroho putri.
VE
Terimakasih bu atas materinya

Rifqi mengatakan...

Rifqi Aditia Pratama
5E
Terima kasih atas materi nya buk

Adinda Sakhi Salamah mengatakan...

Adinda sakhi Salamah
5E
Terima kasih Bu materinya

Unknown mengatakan...

Khanza aurelia sekar putri
5E
Terimakasih bu materi nya

Radite poniwati mengatakan...

Adis Fernando NR
5E
Terimakasih bu materinya

Marita Erayanti mengatakan...

Qanita Shabira Harahap
Terima kasih Bu πŸ™πŸ™‚

Unknown mengatakan...

NAMA:M DHIMAS BESTO
KELAS:5E
HADIR

Unknown mengatakan...

NAMA : SITI safa ZAHIRA
KET: HADIR

Unknown mengatakan...

Nadine kalila putri
Terimakasih materinya BuπŸ™πŸ»

Anggun Khairunnisa mengatakan...

Nama : Anggun Khairunnisa
Ket : hadir
Terimakasih materinya BuπŸ™☺️

Anggun Khairunnisa mengatakan...

Nama : Anggun Khairunnisa
Ket : hadir
Terimakasih materinya BuπŸ™☺️

Nabila Khaerunnisa mengatakan...

Yusuf Musharaf Khan
Terimakasih materinya bu

Unknown mengatakan...

Nama : Cr. All Rizky Dehan
Kls : 5 E
Trmksih atas Materinya buk Risa...πŸ™πŸ™

Anonim mengatakan...

Asyka Alifa kelas 5e
Terima kasih atas materinya Bu risa

Unknown mengatakan...

Azriel alfarizky. S
Kelas 5 e

Nanta mengatakan...

Muhammad.priananta

Saya sudah membaca materi pelajaran hari ini

nazwa aulia putri mengatakan...

Nazwa Aulia Putri
Terima kasih bu

Unknown mengatakan...

Nama: Rohmatu Syifa z
Kls:5E
KET:Hadir

Saya sudah membaca materi pembelajaran hari ini terimakasih Bu risa πŸ™πŸ™πŸ₯°

Risa Melinda Syahrie mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih anak Sholih & Sholiha 😊

Posting Komentar